Monday, 6 April 2015

Melipat dan Menata Plastik Kresek

Assalaamu'alaikum... ^_^

Saya yakin, akan ada yang bilang itu si Riski kenapa posting cara melipat plastik kresek segala? Hehehe... iya ini, saya ingin menulis postingan yang informatif dan mungkin berguna untuk Teman ReeNgan.

Sudah beberapa bulan ini, saya memang mengurangi penggunaan plastik kresek dengan cara:
  1. Menolak diberi plastik kresek oleh kasir jika belanjaannya sedikit (bisa dibawa dengan tangan)
  2. Membawa wadah (gelas/piring/mangkok) sendiri bila membeli makanan dekat rumah
  3. Membawa tas yang bisa digunakan kembali (reusable) untuk belanja keperluan dapur di pasar
Namun, saya juga memerlukan plastik kresek ini sebagai alas di tong sampah, agar sampah mudah diangkut. Jadi saya memutuskan meminta plastik kresek bila belanja bulanan di supermarket. Plastik ukuran sedang yang mereka berikan secara gratis itu sesuai dengan ukuran tong sampah di rumah kontrakan kami. 


Ceritanya, 3 bulan yang lalu, saya menyimpan plastik-plastik kresek tersebut ke dalam plastik kresek yang lebih besar. Trus saya lihat lagi, kok malah boros tempat dan saya jadi tidak tahu mana plastik yang sudah lama dan mana yang baru. Akhirnya saya punya ide membuat tempat plastik kresek itu dari wadah bekas hantaran seserahan pernikahan. Kebetulan saya mendapatkannya dari sebuah acara dan tutupnya juga sudah jebol. Wadah itu saya bagi 3 sesuai dengan ukuran plastik kresek, yakni kecil, sedang (seukuran plastik sedang di supermarket), dan besar. Wadah itu kemudian saya letakkan di tempat yang mudah saya jangkau dan selalu terlihat.

Saya melipat plastik kresek tersebut, sebelum saya memasukkannya ke dalam wadah. Cara melipat plastik kreseknya sebagai berikut:

Merapikan setiap ujung plastik
Tiap selesai melipat, plastik diusap agar udara dalam plastik keluar, sehingga plastik tidak menggembung
Melipat plastik secara zig zag
Menyisakan ujung plastik, lalu ujung plastik tersebut dimasukkan ke dalam lubang nomor 11
Taraaa... sudah selesai ^_^. Waktu yang dibutuhkan untuk melipat satu plastik kresek ini tidaklah lama, hanya 1-2 menit saja. Terlihat lebih rapi, kan?

Oh iya.. walaupun cara ini amatlah sepele, tapi saya membuatnya agak lama. Mulai dari berbelanja untuk mendapatkan plastik kresek, memotret, lantas mengeditnya. Jadi, kalau Teman ReeNgan butuh foto-foto itu, silahkan ASAL mencantumkan link hidup ke URL artikel ini ya.. ^_^ Terimakasih...

6 comments:

  1. wah, ini sederhana tapi bisa banyak pengaruhnya, thanks udah diingetin

    ReplyDelete
  2. aku juga ngelipanya gitu mak,rapi aja rasanya^^

    ReplyDelete
  3. Aku jg pernah diajarkan cara melipat pastik seperti itu mbak. Seringnya semangat di awal :) Jadi semangat lagi deh beresin plastik-plastik

    ReplyDelete
  4. Wah informasi ini sederhana namun kadang diremehkan oleh saya. Plastik. Ya plastik ternyata ada SENI melipatnya ya. Wahahahahah Selama ini saya taunya blesekkin kantong plastik dikuwel kuwel gitu, Ternyata ada perlakukan MANUSIAWI eh salah PLASTIKAWI juga ya

    ReplyDelete
  5. ART ku termasuk yg paling hobi ngelipatin kresek2 gini :D Iya sih jd lbh rapi dan hemat tempat mba ;)

    ReplyDelete
  6. Hihiiii.. tiba-tiba ingat plastik kresek di kardus yang aku simpan di dapur. Kondisinya mengenaskan! Cuma diremes-remes trus masukin ke kardus secara paksa. Duh, maluu eike ^^ *buruburu benahin deh..

    ReplyDelete

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...