Sunday, 19 April 2015

Pisang Goreng Kerjasama

Assalaamu'alaikum... ^_^

pisang goreng
Yang gosong itu, saya yang goreng, hehehe
Hahaha.. judulnya provokatif nggak? Sebenarnya saya hanya ingin bercerita saja, kalau jumat kemarin saya masak bareng suami saya. Sederhana sih, hanya pisang goreng. Nggak tahu kenapa, suatu malam sebelum tidur (cieee) dia bilang ke saya, "Yank, besok pulang kerja pada bikin pisang goreng ya.. Kamu bikin adonannya, ntar aku yang goreng. "Yuhuuu... biasanya dia nggak mau pisang goreng. Ya okelah akhirnya saya jawab "Oke, aku yang masak saja juga nggak apa-apa". "Nggak ah, aku saja yang goreng." Trus dia tanya, "Memang pisang yang enak buat dibikin pisang goreng itu apa?" Oke suamiku, mari kita googling gambar pisangnya.

Lalu, paginya dia sukses membeli sesisir pisang kepok sepulang jalan-jalan pagi. Kemudian, sepulang saya kerja, sesuai janji, saya lalu membuatkan adonan pisang goreng yang itu pun sesuai permintaannya. Ini dia resep adonan pisang goreng permintaan suami.. :).


Pisang Goreng Kerjasama

Bahan:
10 buah pisang kepok kecil yang sudah agak matang
10 sdm tepung terigu
3 sdm gula pasir
1 butir telur
1/2 sdt garam
air bening secukupnya
minyak goreng

Cara membuat:
1. Kupas pisang lalu iris kecil-kecil (sesuai selera)
2. Masukkan tepung terigu, gula pasir, telur, garam ke dalam wadah bersih, aduk
3. Tambahkan air sedikit demi sedikit sampai adonan mengental (seperti adonan martabak atau pancake)
4. Masukkan irisan pisang ke dalam adonan
5. Panaskan minyak (sampai benar-benar panas tapi jangan sampai berasap)
6. Goreng adonan sesendok-sesendok sampai habis

Itu dia resep dari suami saya. Dia hanya bilang nanti pisang gorengnya diberi telur ya adonannya, dan itu sukses membuat saya terpana karena baru kali ini saya membuat adonan pisang goreng menggunakan telur. 

Memasak dengan suami itu asyik, hahaha banyak becandanya tapi tetap hati-hati lah karena dekat dengan minyak panas. Sebenarnya, boleh nggak sih suami kita memasakkan makanan untuk kita? Kalau kata suami saya, asal si suami ikhlas tanpa paksaan dan hanya sesekali sih boleh-boleh saja. Tapi, ya sependek ilmu yang saya dapat mengenai hal ini, asalkan suami senang dan bahagia trus masih dalam koridor tuntunan agama, kenapa nggak kami masak bersama.. ^_^.

Oh iya.. sebetulnya saya juga nggak terlalu tahu cara membuat pisang goreng. Sebenarnya adonan tepung perlu diberi gula nggak sih? Karena saat menggoreng, penggorengan saya ada cokelat-cokelatnya bekas adonan, itu kenapa ya? Terimakasih sarannya.. ^_^

8 comments:

  1. Biasanya dikasih gula dikit, biar adonannya manis :D

    ReplyDelete
  2. Kok bisa pisang gorengnya jadinya kaya bakwan sebagian modelnya. hehehe...

    ReplyDelete
  3. pisang goreng kerja sama penuh cinta

    ReplyDelete
  4. aku kalo bikin pisang goreng, beli tepung yang sekali jadi itu lho...bhuahahaha...
    Dan dulu pernah masak bareng abah, dan yang ada malahan kita berantem...bhahahaha...
    sepertinya pernah aku posting juga deh, masak sayur sop bareng gitu :))

    Abisanya Abah itu kan anaknya ibu katering, jadi kalo masak dia suka banyak teori, sedangkan aku itu masaknya main cemplung aja hehehe...

    ReplyDelete
    Replies
    1. Aku juga sama main cemplung, Teh. Masak mah yg penting halal, jadi, enak, & sehat...
      Tar aku ubek2 blognya deh...

      Delete
  5. Saya baru ketemu blog-nya mba Riski.. ijin blogwalking ya mba... Untuk goreng pisang, saya biasanya mencampur tepung terigu dan tepung beras satu banding satu :) dan emang lebih enak kalau pake telur..

    ReplyDelete
    Replies
    1. Jadi perbandingannya 1:1 ya sama tepung beras.. oke2 terimakasih ya..
      Ga papa silahkan blogwalking... :)

      Delete
  6. hihihi kalo ibu aku biasanya gak pake telor mba, soalny kalo pisang gorengnya udah dingin nanti bau amis. Mungkin juga itu penyebab ada coklat2 dipenggorengan #MulaiSokTau hihi

    ReplyDelete

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...