Friday, 7 July 2017

Cara Menukar KMT Reguler Menjadi KMT Felica

Assalaamu'alaikum...!! ^_^

KMT Reguler (tidak ada tulisan Felica-nya)

Akhirnya setelah maju mundur, jadi juga menukar Kartu Multi Trip (KMT) Reguler dengan KMT Sony Felica ^_^. Awalnya saya penasaran dengan tulisan KMT Felica di loket pembelian & isi ulang tiket. Saya kira itu sama dengan loket KMT Reguler, ternyata setelah saya mengantre, saya diarahkan ke loket KMT Reguler karena tidak bisa isi ulang di situ. Lalu, saya cari tahu perihal KMT Felica ini di akun twitternya @CommuterLine.Yang saya tangkap di twitnya Commuter Line adalah chip yang dipakai di KMT Felica ini berbeda sehingga nantinya bisa dipakai di tempat lain juga. Bahkan katanya sudah bisa isi ulang di alfamart dekat stasiun. Jadi enggak terlalu antre ya di loket atau vending machine tiket.

Saya pikir kenapa enggak ya saya tukar saja KMT Reguler saya menjadi KMT Felica. Namun, waktu itu saya masih bingung cara menukarnya sehingga saya mencari-cari artikel pengalaman pribadi dari pengguna Commuter Line yang lain. Alhamdulillah nemu satu, trus saya mantap ingin menukar KMT Reguler yang saya punya.


Teman ReeNgan juga bisa membaca : Jenis-Jenis Tiket Commuter Line yang ReeNgan Tahu

Entah kenapa, tiap saya punya niat atau keingetan pingin menukar KMT Reguler, ndilalah petugasnya sedang tidak ada di tempat entah sedang istirahat, ke toilet atau sedang beribadah. Hingga akhirnya saya tanya ke petugas loket, sebenarnya petugasnya yang pakaiannya seperti apa dan biasanya stand by di mana. Kata petugas loket, petugas yang bisa menukar KMT itu seragam atasannya putih dengan badge di lengannya yang bertuliskan Passenger Service, lalu biasanya stand by di pintu otomatis. Hmmm... kalau boleh saya memberikan saran, mungkin warna seragam Passenger Service bisa dibedakan dari seragam petugas lainnya atau memakai selempang bertuliskan Passenger Service agar kelihatan. Soalnya tulisan di badge lengan kan kecil, enggak terlihat dari jauh.

Akhirnya, setelah beberapa minggu enggak klik juga waktunya, saya ketemu juga dengan petugas Passenger Service di pintu otomatis untuk masuk dan keluar penumpang. Langsung deh saya tanyakan, "Kak, saya mau menukar KMT saya ini dengan Felica, bagaimana ya caranya?" 
Lalu si petugas menjawab, "Ibu bawa KTP asli? Kalau bawa, saya bisa memrosesnya sekarang, tapi baru bisa jadi 1x24 jam, Bu. Jadi baru bisa diambil besoknya. Bagaimana Bu?"
Saya jawab, "Oke, enggak apa-apa. Dikenai biaya tidak Kak?"
"Tidak dikenai biaya kok Bu. Mari Bu, kita ke ruangan saya untuk mengisi formulir penukaran KMT!", jawab petugas.


Setelah KMT Reguler saya ditap keluar (tapi sayanya tidak ikut keluar), saya pun mengikuti petugas ke ruangannya. Di situ, petugasnya sendiri yang mengisi formulirnya dengan terlebih dulu meminjam KTP asli dan meminta KMT Reguler saya. Tapi, dari artikel yang saya baca, ada beberapa stasiun yang meminta fotokopi KTP, dan ada pula yang penumpangnya sendiri yang mengisi formulirnya. Enggak sampai 10 menit, formulir sudah di isi dan saya diberi selembar kertas berisi keterangan bahwa KMT Reguler saya sedang dalam proses penukaran menjadi KMT Felica. Yang mana, kertas tersebut nanti dibawa sebagai bukti pengambilan KMT Felica saya. Keesokan harinya, karena saya sedang mempersiapkan keperluan mudik, saya belum mengambil KMT Felica. Baru lusanya saya bisa mengambil KMT Felica saya sekalian saya berangkat mudik.

Artikel tentang mudik tahun ini : Persiapan vs Pelaksanaan Mudik Naik Kereta 1438 H

Kesimpulan cara menukar KMT Reguler menjadi KMT Sony Felica dari curhatan saya di atas adalah,
  1. Kita bisa MENUKAR KMT Reguler dengan KMT Felica di stasiun Commuter Line MANAPUN
  2. Siapkan KTP asli (atau fotokopi KTP) dan KMT Regulernya
  3. Temui petugas Passenger Service yang memakai seragam atasan putih dan biasanya berjaga di pintu otomatis untuk masuk & keluar penumpang, atau bisa menanyakan ke petugas lain agar dipanggilkan bila petugas Passenger Service sedang tidak ada di situ
  4. Kertas formulir pengambilan KMT Felicanya jangan sampai hilang ya
  5. Proses penukaran KMT Reguler ke KMT Felica tidak dipungut biaya alias GRATIS dengan lamanya proses adalah 1 x 24 jam
 
KMT Sony Felica (ada tulisan Felica-nya)

Selesai menukar KMT Reguler menjadi KMT Felica, saya kan mudik, jadinya tidak bisa langsung merasakan fasilitas yang diberikan oleh KMT Felica. Baru hari Senin & Rabu kemarin saya menggunakan KMT Felica ini dan alhamdulillah, mesin pintu otomatis membacanya juga cepat sama seperti KMT Reguler. Yang belum saya lakukan adalah mengisi ulang KMT Felica di Alfamart dekat stasiun. Hmm... bagaimana ya nanti prosesnya? 

Teman ReeNgan pengguna commuter line, selama ini memakai tiket yang jenis apa? [] Riski Ringan

2 comments:

  1. Ternyata ada versi lain dari KMT, ya. Saya pernah nyoba kartu THB mba. batas penukarannya sama uang berapa lama ya. Soalnya saya lupa gak dituker waktu keluar stasiun mba.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Untuk THB (Tiket Harian Berjaminan) batas penukaran kartu dengan uang jaminan (Rp10.000,-) maksimal 7 hari setelah penggunaan terakhir.

      Delete

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...