Thursday 27 July 2017

Penampilan Orkestra dengan Alat Musik dari Sayuran di LG Linear Challenge

Assalaamu'alaikum...!! ^_^


Di rumah, saya hanya tinggal berdua saja dengan suami. Dulu, kami harus berpikir keras ketika ingin memasak, karena biasanya sayuran, ikan, atau daging yang kami beli jumlahnya melebihi kebutuhan kami. Ya, kadang kan kalau belanja di pasar kita enggak bisa beli sayuran seperempat ikat. Jadilah, mesti ada saja sayuran yang layu dan kami buang, hiks.. 😢😢😢. Kemudian, suami mendapatkan lungsuran lemari es dari sahabatnya, alhamdulillah! 😃 Saya senang sekali karena kelebihan sayur dan buah yang kami beli bisa awet beberapa hari. Di lemari es yang sekarang pun sebenarnya sayuran hanya tahan selama 2-3 hari sebelum akhirnya layu atau membusuk. Tadinya saya enggak percaya lho kalau di lemari es juga bisa terjadi pembusukan, hehehe. Ternyata yang mengalami hal ini bukan hanya saya saja, karena menurut data dari PBB (perserikatan Bangsa-Bangsa) jumlah makanan yang membusuk sebelum dikonsumsi kira-kira sebesar 1,3 juta ton per tahun. Misalnya diuangkan itu sejumlah USD310 juta, kalau kita rupiahkan dengan kurs hari ini berarti sekitar Rp4,1 trilyun. APAAA!! Itu uang semua yang dibuang?

Hari Jum'at (21 Juli 2017), saya datang ke acara LG Linear Challenge di Senayan City, Jakarta. Teman ReeNgan kenal kan dengan LG? Yaps, produknya banyak banget. Hari itu yang menjadi artisnya adalah lemari es LG. Kenapa? Saya jelaskan keunggulannya setelah ini ya.

Sebelumnya, Teman ReeNgan pernah melihat pertunjukan orkestra, minimal di TV atau youtube? Jika pernah, bisa membayangkan kan banyaknya jenis alat musik yang digunakan dan semuanya dari metal/logam. Nah, di LG Linear Challenge, saya dibuat terkagum-kagum dengan penampilan grup orkestra PBROSOUND dari Korea Selatan, karena mereka menggunakan sayuran sebagai alat musiknya. Like whaaatt!! 😲😲😲. Awalnya saya heran melihat ada mas-mas ganteng dan mba-mba cantik bawa-bawa labu, wortel, dan lobak yang sudah dibentuk sedemikian rupa. Trus pas salah satu meniupnya, eh terdengar suara. Lalu saya bertambah kagum lagi ketika mereka memainkan musik berirama dari sayuran itu. Coba lihat video amatir saya ini deh.

Selesai tampil, mereka ditanya oleh pembawa acara tentang alat musik dari sayuran itu. Mereka bilang bahwa sayuran yang dipakai harus benar-benar sayuran segar. Jika sudah tidak segar maka suaranya jadi tidak bagus lagi. Trus mereka bilang juga bahwa sayuran tadi setelah dibuat mereka masukkan ke dalam lemari es LG.

Hmmm... apa ya yang membuat lemari es LG bisa menjaga kesegaran sayuran?

Menurut Yuliana Yeonardy, Product Managing of Home Appliances, LG telah melakukan survei di beberapa negara tentang lemari es yang diinginkan konsumen. Dari 5 hal yang diinginkan konsumen lemari es, kesegaran adalah fitur yang paling banyak diinginkan. Oleh karenanya, LG melakukan inovasi untuk memenuhi kebutuhan konsumen akan kesegaran bahan makanan yang disimpan dalam lemari es. Inovasi tersebut adalah teknologi INVERTER LINEAR COMPRESSOR yang ada di dalam lemari es LG.


Apa itu teknologi INVERTER LINEAR COMPRESSOR? Ibu Yuliana menjelaskan bahwa inverter linear compressor adalah kompresor di dalam lemari es LG yang cara kerjanya bergerak secara linear sehingga hanya menghasilkan satu gesekan saja. Satu gesekan itu justru bisa mengefektifkan kerja lemari es. Sebab bila semakin banyak gesekan yang terjadi maka kompresor akan cepat panas sehingga kerja kompresor itu menjadi tidak efektif. Dengan adanya teknologi inverter linear compressor, lemari es LG bisa memberikan keunggulan sebagai berikut:

HEMAT ENERGI

Teknologi inverter linear compressor ini memang bertujuan untuk mempercepat pendinginan sehingga daya listrik yang diperlukan tidak terlalu banyak. Contohnya lemari es LG door in door hanya memerlukan daya sebesar 110 watt ketika pertama kali dicolokkan kabelnya 😄, setelah itu daya yang dibutuhkan akan lebih sedikit. Selain itu teknologi inverter linear compressor memungkinkan rendahnya tingkat fluktuasi suhu di dalam lemari es menjadi sekitar 0,5 derajat Celcius (lebih rendah 50% dibandingkan lemari es konvensional). Tingkat fluktuasi suhu yang rendah itu menjadikan suhu di dalam lemari es lebih stabil, sehingga menghemat listrik. Menurut Bu Yuliana, lemari es LG dengan teknologi inverter linear compressor ini bisa menghemat energi sampai 32% bila dibandingkan dengan lemari es LG yang konvensional.


Selain teknologi inverter linear compressor, LG juga menghadirkan beberapa fitur yang berbeda di setiap jenis lemari es agar energi yang dikonsumsi jadi jauh lebih hemat lagi. Contohnya LG Insta View, cukup diketuk salah satu pintunya, maka pintu itu akan jadi transparan sehingga tanpa membuka pintu lemari kita bisa melihat isi di dalamnya. Hemat kan? Kemudian, lemari es LG door in door mempunyai fitur pintu yang bisa dibuka sebagian. Sehingga, bila kita hanya mau mengambil telur atau minuman yang ada di pintu itu, kita tidak usah membuka seluruh pintu. Jadinya lebih hemat listrik, kan?

LG Side by Side InstaView

LG 2 pintu Door in Door

KEBISINGAN MINIMAL

LG inverter linear compressor telah diuji kebisingan dengan hasil 25% lebih rendah tingkat kebisingannya dibanding dengan lemari es LG konvensional. Yaaa kita kan enggak mau ya tengah malam terbangun kaget karena suara berisik yang dihasilkan oleh lemari es, kecuali ternyata ada yang membuka tutup pintunya 😱.

KESEGARAN

Seperti yang sudah saya tulis di atas bahwa dengan adanya teknologi inverter linear compressor dalam lemari es LG, tingkat fluktuasi suhunya berkurang menjadi hanya 0,5 derajat Celcius saja. Fluktuasi suhu itu apa sih? Itu naik turunnya suhu di dalam lemari es. Dengan tingkat fluktuasi suhu yang rendah maka berkurang juga kesempatan bakteri dan jamur untuk berkembang, sehingga kesegaran makanan tetap terjaga. Trus, lemari es LG dilengkapi juga dengan fitur lainnya seperti door cooling, hygiene fresh, dan fresh o zone untuk daging & ikan. Jika lemari es yang saya punya sekarang ini hanya bisa menjaga kesegaran wortel selama 2 hari, maka lemari es LG dengan inverter linear compressor bisa menjaga kesegaran sayur dan buah selama 7 hari.


Door cooling adalah fitur yang diletakkan di sisi dekat pintu lemari es LG sehingga memungkinkan suhu dinginnya merata dari belakang ke depan, bahkan ke daerah penyimpanan di pintu. Jika suhunya merata, maka kesegaran makanan juga merata terjaganya. Jadi, bagi yang suka menimbun bahan makanan di lemari es tidak perlu was-was lagi kalau-kalau yang letaknya di depan nanti cepat kering atau busuk. Fitur hygiene fresh ini bermanfaat banget buat kita-kita yang suka menyimpan lauk atau sayur masak sisa, atau buah-buahan dengan bau menyengat di lemari es, karena fitur ini berfungsi untuk menjaga kesegaran udara dalam lemari es. Dengan adanya penyaring yang berlapis-lapis, 99,999% udaranya tetap segar 😃. Selain freezer, lemari es LG juga dilengkapi dengan kompartemen khusus daging dan ikan. Kompartemen ini berfungsi untuk menjaga kesegaran daging dan ikan. Seperti kita tahu bahwa ketika menyimpan daging dan ikan memang harus dipisahkan dari buah dan sayur agar tidak terjadi kontaminasi silang bakteri berbahaya.


Selain kompartemen khusus daging dan ikan, di lemari es LG juga dilengkapi dengan kompartemen khusus sayur dan buah. Kompartemen ini dilengkapi dengan fitur Moist Balance Crisper agar sayur dan buah terjaga kesegarannya dengan mengoptimalkan kelembapan udara dalam kompartemen.

 KEAWETAN

Sesuai dengan hasil uji oleh VDE, lemari es LG diklaim bisa bekerja hingga 20 tahun. Hmm... lama juga ya. Jadi kita baru akan beli lemari es yang baru setelah 20 tahun kemudian. Sebuah investasi yang bagus nih. Mengapa saya bilang investasi yang bagus? Karena selain hemat energi yang mana menghemat listrik, juga mengurangi jumlah makanan, sayur dan buah yang kita buang karena busuk atau layu. Semua itu akhirnya akan mengurangi pengeluaran bulanan kita, dan bisa kita alokasikan untuk anggaran lainnya. Oh iya satu lagi, dengan tetap terjaganya kesegaran bahan makanan, maka kita akan terus mengonsumsi makanan yang segar sehingga diharapkan kesehatan kita juga terjaga.



Pantas saja ya PBROSOUND menyimpan sayur dan buahnya di dalam lemari es LG dengan teknologi inverter linear compressor biar mereka bisa membeli sayur dan buah dalam jumlah yang lebih banyak, jadinya hemat 😍😍.

Sebenarnya ada talkshow juga dengan chef Ririn Marinka tentang tips menjaga kesegaran makanan dalam lemari es, tapi itu akan saya tulis di postingan terpisah saja ya.

Sayangnya, LG Linear Challenge sudah berakhir, namun kita masih bisa mendapatkan semua keunggulan lemari es LG dengan teknologi inverter linear compressor. Caranya dengan datang ke gerai-gerai yang menjual lemari es LG. Jenis lemari es LG tipe apa yang Teman ReeNgan inginkan? [] Riski Fitriasari

3 comments:

  1. Udah gak usah mikir panjang lagi. Tinggal ngerayu paksu aja buat beli ini. Agar paksu bilang ya.. Ya

    ReplyDelete
  2. Enak nih klo punya lemari es LG ini ya krn hemat energi, yg artinya hemat listrik juga. Skr listrik muahal ... Hiks

    ReplyDelete
  3. Kulkas hemat energi pasti dicari, apalagi yang bisa mempertahankan kesegaran lama banget. :D

    ReplyDelete

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...