Monday, 30 December 2013

Kangkung Kuah Asam Pedas


Pagi tadi saya bingung mau masak apa... hiks beginilah keadaannya. Eh.. saya langsung ingat kalau saya punya kangkung yang saya beli kemarin dan lupa tidak saya masukkan ke air, akarnya. Jadinya setelah saya lihat, sebagian besar daunnya sudah menguning. okelah daripada sama sekali mubadzir akhirnya saya petiki saja daun yang masih hijau, dan walhasil dapatnya sedikit. Hmm... ini mah kalau dioseng biasa jadinya cuma sekali makan untuk satu orang saja.

Akhirnya saya kepikiran bagaimana kalau dibikin masakan berkuah saja. Di dapur hanya ada 1 buah tomat besar, cabai merah, bawang merah dan putih. Hmmm... kalau dibikin kuah asam pedas kayaknya enak.

Ini dia resepnya.. ^_^

Kangkung Kuah Asam Pedas

Bahan :
1 ikat kangkung
2 gelas air putih
1-2 buah tomat besar, iris kecil-kecil atau memanjang
1 batang daun bawang (jika suka), iris memanjang 2 cm an
2 sdm minyak goreng

Bumbu halus :
4 siung bawang merah
1 siung besar bawang putih
5 buah cabai merah
garam secukupnya
gula pasir secukupnya

Cara membuat :
  1. Tumis bumbu halus, daun bawang dan tomat sampai harum
  2. Masukkan daun kangkung, aduk rata
  3. Masukkan air putih hingga menggenangi kangkung (kita mau membuat masakan berkuah), aduk rata, cicipi
  4. Jika kangkung sudah layu, angkat, sajikan

Bagaimana? praktis kan? Kangkung kuah ini sangat pas disajikan sebagai salah satu menu makan siang atau makan malam di tengah suasana hujan seperti beberapa hari ini.

Selamat makan... ^_^

12 comments:

  1. waduh... ini salah satu masakan kesukaan saya. kebetulan rabu kemarin saya dan puteri saya masak ini. isteri saya juga sangat menyukainya.

    ReplyDelete
    Replies
    1. eh masa sih?? wah ada yg masak kyk gini juga.. hehehe padahal ini masak by accident.. :D senengnya ya istrinya dimasakkin suami.. :D kyk di film2 romantis gitu..

      Delete
  2. adududududu....bikin ngiler mbk hhehe.kl saya hobi cah kangkung,tp kpn2 coba ah hehe

    ReplyDelete
  3. beda dari kangkung biasanya ya mbak, boleh dicoba nih

    ReplyDelete
    Replies
    1. hehehe.. enaknya sih diberi ikan Mak.. :) sama asam jawa, lebih menggigit lagi rasanya...

      Delete
  4. hemz , ,kangkungnya enak deh kayaknya , , ,

    Kunjungan perdana mbak , ,ditunggu kunjuungan baliknya ya . . .

    ReplyDelete
    Replies
    1. enak dong, tanpa MSG lagi, jadi sehat.. :)

      Delete
  5. Jadi lapeeer,,, cuaca hujan seharin ini, enaknya makan yang pedas2 dan berkuaaahh... *aaahhh....

    ReplyDelete
    Replies
    1. yuk yuk bikin... yg bumbu kuahnya cuma bawang putih, garam dan gula pasir juga bisa.. trus cempulngin deh itu bakso ato sosis dipotong2.. enaaaakkk (kalo mau sensasi pedes, tambahin lada/merica uleg/bubuk).. slruuuppp

      Delete

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...