Sunday, 15 December 2013

Tumis Buncis Campur Telur

Sebetulnya saya sudah lama dan beberapa kali masak tumis buncis ini, alhamdulillah suami saya suka. 

Buncis adalah sayuran yang termasuk bangsa polong-polongan, jadi masih saudara dengan kacang panjang, pete, dan kacang tanah. Nah, sayuran polong-polongan itu seperti kita tahu banyak mengandung protein kan, jadi buncis ini sangat bagus jika dikonsumsi oleh anak-anak yang sedang dalam masa pertumbuhan. Karena buncis ini termasuk dalam kerajaan Tumbuhan, maka sudah jelas kalau buncis juga mengandung serat untuk melancarkan proses pencernaan. Bahkan menurut sumber dari sini, buncis juga dapat meningkatkan insulin tubuh, yang mana berarti buncis baik untuk penderita diabetes.

Buncis juga mengandung beberapa jenis vitamin seperti vitamin A, B, dan C. Kandungan gizi dalam buncis ini dapat menangkal radikal bebas yang bersumber dari polusi, atau lebih kerennya, disebut sebagai antioksidan.

Oke, setelah tau manfaat dari buncis, yuk ah kita masak buncisnya, dengan resep sederhana namun nikmat ini.

Tumis Buncis Campur Telur

Bahan :
1 bungkus buncis (beli di tukang sayur sudah dibungkus)
2 butir telur
1/2 gelas air putih 
Daun bawang secukupnya diiris kasar (jika suka)

Bumbu halus :
5 buah bawang merah
2 buah bawang putih
4 buah cabai rawit merah (jika suka pedas, jika tidak silahkan ditiadakan)
2 buah cabai merah keriting (jika ada)
1/2 sdt garam (jika kurang silahkan ditambah)
1/4 sdt gula pasir

Cara membuat :
  1. Siangi buncis (iris ujungnya tapi jangan sampai putus lalu tarik serat pinggirannya), lalu iris serong
  2. Haluskan bumbu halus
  3. Panaskan minyak goreng sedikit saja (kira-kira 1 sdt) goreng telur diorak-arik kasar, sisihkan
  4. Panaskan minyak untuk menumis bumbu halus dan daun bawang, tumis bumbu halus dan daun bawang sampai harum
  5. Masukkan buncisnya, aduk rata agak lama
  6. Masukkan telur orak-ariknya, aduk rata
  7. Masukkan air, aduk rata, tutup tumisan
  8. Cicipi masakan, tunggu sampai buncisnya layu, angkat

Sudah itu saja cara memasaknya, mudah kan ya.. Cocok untuk sarapan dimana waktu menyiapkannya tidak terlalu lama. Selamat mencoba, dan selamat menikmati...
Mari memasak makanan sehat...

^_^

18 comments:

  1. Replies
    1. Sy penggemar bawang mak ... resepnya ini banyak bawangnya .... hmmm ^_^

      Delete
  2. Enak banget....
    enak lagi kalo tinggal makan, alias gag usah buat...:D
    eh, mau numpang kasih info nih...

    Kami ingin menginformasikan e-Compusoft Blog Contest

    Total Hadiah Jutaan Rupiah lho...
    Hadiah Langsung pulsa 10.000 bagi 100 Pendaftar Pertama.

    Info selengkapnya:
    e-Compusoft Writing Competition

    Bagi sahabat blogger jangan lupa kasih info ini ke yg lain ya...
    Terima kasih....

    ReplyDelete
  3. Inikah yang di FB tadi? Kekekekekek...semangat ibu muda untuk terus mencoba resep baru :P

    ReplyDelete
  4. Buncis emang banyak pasangannya ya, Mak. Soalnya rasa dasarnya juga udah manis ;)
    Makasih resepnya, ntar kapan-kapan dicoba :D

    ReplyDelete
    Replies
    1. yap betul, cuma yg agak susah adl menentukan kematangan buncis tsb... :)

      Delete
  5. Waaa aku juga suka bikin ini mak, tapi ga pernah pake rawit. Kayaknya pedes mantap yah xD

    ReplyDelete
    Replies
    1. iya.. bagi yg suka pedes, ini enak banget.. bikin keringetan.. :)

      Delete
  6. Replies
    1. iya nih Mak, ceritanya dulu sering "dipuji" kalo masakan saya selalu ga enak..skarang penasaran masakan enak itu seperti apa..

      Delete
  7. Enak itu makan panas-panas dengan ikan goreng sambel... sedaaappp...

    ReplyDelete
  8. hhhmmm..kyknya enaakk niihh..mau coba jg ah..biasanya sih kalo aku bukin tumis buncis pasangannya tahu putih ^_^

    ReplyDelete
    Replies
    1. tahu putihnya di goreng dulu ato nggak Mak? kalo ga digoreng berarti ntar wujudnya kayak tahu cincang ya.. kayaknya sedep tuh...

      Delete
  9. Kalo ga pake belimbing gimana mak? tetep enak ga? aku ga suka ada asem2nyaa :p

    ReplyDelete
    Replies
    1. hehehe.. Mak, bukan belimbing Mak, itu "gelas belimbing" gelas bening jadul yg bagian bawahnya kayak buah belimbing.. :)

      Delete

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...