Monday, 2 December 2013

Sayur Bening Bayam Jagung


Ceritanya beberapa hari yang lalu saya kangen sekali dengan masakan Mama. Ingin pulang tapi jadwal lagi padat banget. Akhirnya saya coba bikin sendiri, yahh.. walaupun dari segi kesan, masakan Mama itu tak akan tergantikan enak dan nikmatnya. Huhuhuhu... kangen lagi kan jadinya, #ambiltissue.

Saya ingin masak yang gampang dulu saja, yaitu Sayur Bayam (atau kami lebih suka menyebutnya dengan Beningan Bayam). Sayur Bayam resep dari Mama ini banyak kuahnya dan tidak menggunakan temu kunci seperti kebanyakan sayur lainnya, tetapi menggunakan kencur. Rasanya bagaimana? Enak... segarrr... :)

Oh iyaa.. untuk penggunaan kencurnya lebih baik sedikit saja ya, karena aroma kencur yang semerbak terkadang ada yang kurang suka. Dulunya sih ceritanya saya dan adik saya sering batuk, jadi Mama buat sayur bayamnya memakai kencur sebagai pengganti temu kunci. Kencur itu obat batuk alami, dan bisa membuat tenggorokan menjadi lancar, suara bening :).

Ini nih resepnya.

Sayur Bayam & Jagung

Bahan :
1 ikat bayam (kalau saya mengambil daunnya saja, cuci bersih)
2 buah jagung manis (bisa diganti wortel atau tidak pakai sama sekali)
4-5 gelas air putih (secukupnya saja, jangan terlalu banyak dan sedikit)
5 siung sedang bawang merah (siangi kulit arinya, iris tipis)
2 siung sedang bawang putih (siangi kulitnya, iris tipis)
1 ruas jari kelingking kencur (kupas kulitnya, iris tipis atau geprek)
1/2 portong tomat besar (iris)
1-2 sdm garam
1/2 sdt gula pasir

Cara Membuat :
  1. Siapkan semua bahan, siangi kulit dan rambut jagung, lalu jagung dipotong-potong sesuai selera
  2. Rebus jagung dengan air putih sampai mendidih atau sampai jagung terlihat matang
  3. Masukkan bawang merah, bawang putih, kencur, garam dan gula pasir, aduk rata
  4. Masukkan bayam, aduk rata
  5. Masukkan irisan tomat, aduk rata
  6. Cicipilah rasanya, tunggu sampai bayam layu (tidak terlalu lama, paling 1-3 menit setelah memasukkan bayam)
  7. Sambil menunggu bayam layu, ambil buih-buih yang ada di permukaan air (jika tidak sempat, tidak diambil juga tidak apa-apa)
  8. Jika bayam sudah layu, matikan api, sajikan sayur bayam ini.
Sayur ini sangat segar bila dimakan di siang hari bersama kerupuk, tempe goreng, atau ikan goreng dengan sambal terasi atau sambal tomat, dipadu dengan nasi putih yang masih hangat. Glekk.... saya ingin masak lagiiiiii...


Seperti kita tahu, kalau untuk ukuran keluarga, lebih baik membuat sedikit saja sayur bayam, minimal untuk sekali habis. Karena sayur bayam ini tidak bisa bertahan lama lebih dari 5 jam, apalagi dihangatkan, mendingan jangan. Kenapa? Karena kadungan zat besi dalam bayam akan berubah menjadi racun (ferro = Fe3+) bila bayam dipanaskan ulang. Selain itu juga jika bayam dibiarkan lebih dari 5 jam, maka akan muncul senyawa nitrit yang bersifat menghambat pengikatan oksigen dalam darah. Tandanya adalah sayur bayam atau kuahnya mulai menghitam atau kecoklatan.

Tapi, kalau kita memasaknya sudah betul, maka kandungan baik dalam bayam sangat banyak untuk kesehatan tubuh kita. Diantaranya bayam mengandung zat besi yang sangat banyak, bagus untuk penderita anemia atau wanita yang sedang menstruasi. Ada lagi kandungan seratnya yang bagus untuk melnacarkan pencernaan. Kandungan vitamin dalam bayam ini juga banyak kok. 

Jadi.. sudahkah anda siap menjadi Popeye??? :)

14 comments:

  1. ahhhhhh lapeeeeeeer jadinya sayah ^^ baru tau bisa pake kencur yah ^^tar kapan-kapan dicoba ah versi kencuran... penasaran rasanya sayur bayem pake kencur, ga kepikiran yeuh ^^

    ReplyDelete
    Replies
    1. kencurnya jangan banyak2 Mak, soalnya kalau pertama nyoba pasti rasanya aneh, dan memang kencur yg saya pakai juga ga banyak, sedikit saja sudah tercium aromanya.. :) Dulu sih karna saya sering batuk, jadi Mama pakenya kencur buat nggantiin temu kunci.. :)

      Delete
  2. dulu, pertama kali masak. ya yang paling bisa itu masak sayur bayam :3
    plus dadar jagung, mantaaaap :D

    ReplyDelete
    Replies
    1. Wah... mantaabbb itu Mak, apalagi dimakan siang-siang, wah bikin keringetan tapi sedaappp.. :)

      Delete
  3. kurang satu mbk,dadr jagung hehehe..saya suka banget sama bayam *popeye bangettt hehe

    ReplyDelete
  4. kelihatannya enak tapi sayang gw karnivora murni

    ReplyDelete
    Replies
    1. wkwkwkwkwk... karnivora makan daging, makan ikan juga ga Ndhi?? Saya bikinin menu ikan yaaaaa.. :)
      Terimakasih sudah berkunuug... :)

      Delete
  5. aku lebih suka jagungnya dipipil, tapi suamiku sukanya seperti itu cukup dipotong :) aku juga seperti mbak Lusi kalau masak bayam pakai kunci

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hehehe.. kalau dipipil jadi kelihatan lebih banyak ya Mak?? tapi memang kalo cuma dipotong lebih terasa sensasinya. Selera masing2 Mak.. kalo saya karena dari kecil dibikinin seperti ini jadi lebih suka pake kencur.. :)

      Delete
  6. Nicepost, ,
    maaf komentar saya gg jelass. .
    sekedar BlogWalking. . . . . .

    salam kenal . .

    ReplyDelete
    Replies
    1. waaaaaaaaahhhhh... terimakasih sudah blogwalking ke blog saya.. #Salam.. :)

      Delete
  7. slurrrppp... ini favorit anak2ku maak... biasanya aku tambahin waluh ato labu merah, maknyusss, mereka syukaaa banget. baru tau kalo dikasih kencur tambah enyak. ntar nyoba aah....;)

    ReplyDelete
    Replies
    1. dikasih labu ya.. kayaknya saya juga pernah nyoba deh, tapi yg itu enakan sama temu kunci kayaknya.. :)

      Delete

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...