Wednesday, 12 June 2013

SUDOKU = Salah Satu Pelepas Stress Saya

Hehehe... bukannya sok pinter atau gimana, tapi memang akhir-akhir ini saya doyan banget sama Sudoku, biasanya buat ngisi waktu luang yang saya enggak tahu harus ngapain lagi. Sudokunya saya dapat dari koran Kom**s. Setiap hari pasti menyajikan rubrik Sudoku, mulai dari level * sampai level *****. Saya baru sekali aja nyelesein level *****, soalnya susah. Nah, berawal dari itu lalu saya penasaran, sebenernya Sudoku itu sejarahnya bagaimana sih?? Awalnya dari Jepang ya? Kan namanya juga Sudoku.. *agak mirip-mirip sama Sadako kan?
   
Sudoku yang saya kerjakan -level ****-

Sebelumnya, saya kenalin dulu Sudoku yang sering saya mainkan, disebut Typical Sudoku (Common Sudoku). Jadi disediakan 9 x 9 kotak kecil, dimana dibagi lagi menjadi 9 kotak yang lebih besar (masing-masing kotak berisi 9 kotak kecil). Kita harus mengisi angka dari 1 - 9 di masing-masing kotak, yang mana angka tersebut tidak boleh berulang atau ada lagi dalam 1 baris, 1 kolom, atau 1 kotak besar itu. Pusiing? Gak lha ya... pasti bisa kok.. ^_^

Typical Sudoku
Ternyata, Sudoku sudah ada dari tahun 1895, diterbitkan oleh Latin Square, surat kabar Perancis, tetapi waktu itu belum disebut Sudoku dan masih bisa ditulis dua angka yang sama dalam satu kolom atau baris. Terus Sudoku yang seperti sekarang ini sebenernya mulai di populerkan oleh HOWARD GARNS tahun 1979 di sebuah surat kabar Dell Magazine, Indianapolis dengan nama NUMBER PLACE. Kepopuleran Sudoku sebenarnya di mulai ketika surat kabar Jepang, Nikoli menerbitkan yang seperti Number Place pada tahun 1984 dengan nama "Sūji wa dokushin ni kagiru" yang artinya "Angka-angkanya harus tunggal". Karena kepanjangan kalau nyebutinnya, dan ribet tentunya.. jadi disingkat deh menjadi SUDOKU.

OMG !!! ternyata jenis sudoku itu banyak banget ya... Contohnya seperti berikut, tapi saya enggak ngasih aturan mainnya ya, bisa panjaaaaaanngg dan laaaammmaaaaa.

Typical Sudoku

Nonomino

 Wordoku

Hyper Sudoku

Killer Sudoku

Cukup Typical Sudoku saja yang saya mainkan saat ini, suatu saat nanti mungkin saya akan memainkan yang lain. Ganbatte teman-teman!! Ada yang suka Sudoku enggak?

Sumber :
http://en.wikipedia.org/wiki/Sudoku

4 comments:

  1. seru nih kalau main sudoko, Pascal suka main juga dirumah kadang main di tab

    ReplyDelete
    Replies
    1. Waaahh.. seru nih, kalo ketemu bisa vs sama tante ya Pascal... :D

      Delete
  2. Aku kepingin tapi enggak maksud-maksud Mak

    Salam
    Astin

    ReplyDelete
    Replies
    1. hehehe.. kalo dijelasin disini susah masyuknya.. kalo ketemu baru enak ngejelasinnya.. Salam kenal.. ^^

      Delete

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...