Saturday, 26 April 2014

Kartini Next Generation Award 2014

Pertama kali saya mengetahui tentang Kartini Next Generation Award 2014 (KNG Award 2014) adalah sewaktu penghargaan Srikandi Blogger 2014. Saat itu diumumkan bahwa akan diselenggarakan KNG Award 2014 oleh Kementerian Komunikasi dan Informasi. Saya sendiri tidak mendaftar sebagai peserta, karena saya sadar, kontribusi saya untuk masyarakat belum banyak dan belum besar.

Tujuan dari KNG Award ini seperti kata websitenya adalah bentuk apresiasi pemerintah kepada kaum perempuan di Indonesia yang telah berhasil memanfaatkan Teknologi Informasi dan Komunikasi (TIK) di berbagai bidang baik untuk peningkatan kapasitas, pengetahuan, e-literasi maupun kesejahteraan di masyarakat. Kegiatan KNG Award sendiri adalah kegiatan tahunan Kementerian Komunikasi dan Informatika yang diselenggarakan bersama dengan Kementerian Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak. Intinya adalah penghargaan untuk para perempuan Indonesia yang mempunyai semangat Kartini dan mengembangkannya lewat teknologi dan informasi :). 

KNG Award 2014 mengambil tema "Woman As Agent Of Ch@nge", dan penghargaannya dikelompokkan menjadi 4 kategori, yakni "Perempuan Pembawa Perubahan Bidang Bisnis", "Perempuan Pembawa Perubahan Bidang Pendidikan", "Perempuan Pembawa Perubahan Bidang Seni dan Budaya", "Perempuan Pembawa Perubahan Bidang Kesehatan dan Lingkungan", dan penghargaan khusus untuk "Perempuan Pembawa Perubahan".

Finalis KNG Award 2014 (Foto dari Mira Julia)
Kami dari Kumpulan Emak-emak Blogger (KEB) mendapat undangan untuk menghadiri puncak penghargaan KNG Award di Hotel Bidakara, Jakarta Selatan, hari Selasa 22 April 2014. Tentunya saya tidak menyia-nyiakan kesempatan itu untuk mendaftar hadir :) alhamdulillah dapat undangannya, terimakasih KEB ^_^. Dari anggota KEB sendiri ada 4 wanita keren yang terpilih menjadi finalis KNG Award 2014, yakni Mak Winda Krisnadefa (Kampung Fiksi), Mak Mira Julia (Rumah Inspirasi), Mak Asri Rakhmawati (Rumah Pena), dan Mak Grace Melia Kristanto (Rumah Ramah Rubella).


Kiri ke Kanan : Asri Rakhmawati, Gracie Melia, Winda Kisnadefa, Mira Julia (Foto dari Gracie Melia)
Saya datang terlambat karena sebelumnya harus menghadiri acara blogger lainnya. Waktu saya datang, sedang berlangsung sambutan dari penyelenggara KNG Award 2014, tapi tetap saya terlambat, terbukti dari makan siang yang sudah habis ludes :). Kami, dari KEB duduk terpisah-pisah di beberapa meja bundar dan kursi yang sudah disediakan. Saya celingukan mencari teman, akhirnya dapatlah satu meja yang banyak anggota KEBnya, hehehe... Acara pertama yaitu talkshow tentang Perempuan dan Teknologi, kemudian coffe break, lalu talkshow lagi. Maaf kalau saya kurang mendengarkan talkshow kedua, karena di meja kami sedang berlangsung kehebohan kecil menyiapkan spanduk untuk para finalis dari KEB.

Supporter, mensupport semua finalis :) (Foto dari Cucuthnya Echa)
Akhirnya acara penghargaan pun dimulai, kami dari tim pompom (Mak Elisa Koorag, Mak Tanti Amelia, Mak Indah Nuria Savitri, Mak Cucuthnya Echa, Mak Fadlun Arifin, Mak Dwina, dan saya sendiri) mulai bersiap-siap membentangkan spanduk semangat. Satu demi satu pemenang dari masing-masing kategori diumumkan. Dan inilah pemenangnya :
  1. Perempuan Pembawa Perubahan di Bidang Bisnis : Nancy Margried
  2. Perempuan Pembawa Perubahan di Bidang Pendidikan : Mira Julia
  3. Perempuan Pembawa Perubahan di Bidang Seni dan Budaya : Intan Anggita Pratiwie
  4. Perempuan Pembawa Perubahan di Bidang Kesehatan dan Lingkungan : Wilda Yanti
  5. Penghargaan Khusus Perempuan Pembawa Perubahan : Gracie Melia Kristanto
Para finalis dan pemenang KNG Award 2014 (foto dari Winda Krisnadefa)
Pemenang KNG Award 2014 (Foto dari Gracie Melia)
Selamat untuk para finalis dan pemenang KNG Award 2014, semoga terus bisa berkarya lebih hebat lagi dan bisa terus menyebarkan semangat Kartini di lingkungan kita masing-masing. Selain itu, sebagai sesama perempuan, saya juga terpacu untuk minimal membawa perubahan baik untuk diri sendiri dan keluarga saya. Selamat juga untuk para Srikandi Merah Putih yang hari itu juga diumumkan.

Kumpulan Emak-Emak Blogger dan pemenang KNG 2014 (Foto dari Helmi Budiprasetyo)
Kumpulan Emak-Emak Blogger, MakPon pusing ya?? :) (Foto dari Tri Sapta)


2 comments:

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...