Monday, 21 April 2014

Pengalamanku Berkunjung ke Kantor "Mbah" Google Indonesia

Sebelumnya, Selamat Hari Kartini untuk seluruh wanita Indonesia, semoga semangat  juang R.A Kartini senantiasa kita lanjutkan ^_^. Saat ini, perjuangan R.A Kartini dalam membela hak-hak kaum wanita sudah mulai menampakkan hasilnya. Di dunia perbloggeran, banyak sekali komunitas blogger wanita, salah satunya Kumpulan Emak Blogger (KEB). Dari KEB inilah akhirnya saya mendapat kesempatan berkunjung ke kantornya para mbah yang serba tahu, yakni "Mbah" Google.

Sebetulnya kunjungan ini sudah dilakukan sekitar akhir Februari 2014, hehehe.. Foto-fotonya lama mengendap dalam folder di laptop tercinta saya. Sayang juga ya kalau hanya saya yang tahu bahwa saya pernah ikutan tidur-tiduran di kantornya Mbah Google Indonesia.. #dilempari bantal. Alkisah.. KEB pada bulan Maret 2014 kemarin mengadakan perlehatan akbar yang menggelegar yaitu Srikandi Blogger. Salah satu agenda para 50 besar finalis Srikandi Blogger adalah kunjungan ke kantornya Mbah Google di Indonesia. Alhamdulillah MakPon Mira Sahid dan MakKetuPan Haya Aliya Zaki memperkenankan saya untuk jejingkrakan (sewaktu dikabari) dan lemah lembut (sewaktu di lokasi) melenggang keliling kantor Google Indonesia. Tentu acaranya bukan hanya office visit saja ya, kami-kami diperkenalkan dengan Google+ (G+), aplikasi dari Google yang memudahkan kita berinteraksi dengan teman kita dalam lingkaran-lingkaran buatan kita, jadi lebih privasi gitu lho.

Di depan kantor Google Indonesia, bareng Khalida Fitri
Kami janjian berkumpul di pelataran Gedung Sentra Senayan Jalan Asia Afrika, Jakarta Pusat, dan jreng.. saya salah kostum pemirsah, harusnya memakai baju berwarna putih dan warna cerah, saya pakai warna-warni.. kekeke... Setelah makan snack yang diberikan Mak Khalida, kamipun langsung capcus ke lantai 28, tapi tinggalin KTP dulu ya di satpam gedung biar dapat tanda pengenal "guest". Saya sudah lebay saja membayangkan kalau kantor Google ini apakah sama dengan kantor Google di Amerika sana yang ada prosotannya, trus keren bikin enggak ingin pulang, ataukah beda ya. Sampai di lantai 28, kami tidak langsung masuk, tapi menunggu Dek Keke dulu (dia beda jauh umurnya dengan saya saudara-saudara). Ketat juga pengamannya, standar internasional ya, lalu setelah masuk, kami langsung diberi tanda pengenal khusus untuk di kantor Google (jadi punya 2 tanda pengenal). Sayang kedua tanda pengenal itu tidak boleh dibawa pulang untuk kenang-kenangan T_T.

Tanda pengenal masuk kantor Google Indonesia
Tempat resepsionis Google Indonesia inilah yang mencolok mata, karena itu apa yang ditempel sih?. Eh ternyata cap batik dengan berbagai motif, artistik dan Indonesia banget ya. Masuk ke ruang tunggu sekaligus ruang kerja, karena di kantor ini, karyawan bisa bekerja dimanapun dia mau, tidak hanya di meja kerjanya saja. Warna-warni, bersih, pandangan luas, dan adem (episode betah). Kata Dek Keke, karyawan itu asetnya Google, jadi kenyamanan mereka sangat diperhatikan, sehingga proses kreativitasnya jalan terus. Kami, foto-foto dong ya, no pic is hoax kan, saat itulah saya ceroboh, eh kartu pengenal gedung saya yang sangat penting untuk bisa keluar gedung hilang dari pandangan mata entah kemana. Jadilah selama pengarahan tentang Google+ yang diberikan oleh Dek Keke jadi tidak konsen sayanya (padahal pasang tampang pura-pura konsen).

Berfoto dengan background cap motif batik di resepsionis kantor Google Indonesia
Ruang tunggu di kantor Google Indonesia

Kantor Google Indonesia ini menempati satu lantai itu, dan dirancang membentuk huruf O. Karena saking kreatifnya, maka dari satu lantai itu ada dua sayap yang dibuat dua lantai, isi dilantai keduanya bikin betah kuadrat lah, ada kubikel semedi kalau saya bilang, lantas beberapa kasur dengan selemari minuman dingin gratis. Ada ayunan juga. Di lantai dua sayap yang lain ada arena taman kanak-kanak, area leyeh-leyeh dan meja pingpong serta beberapa alat ngegym untuk olahraga. Sudah berasa betah banget enggak sih?
Berhubung waktu saya tiduran tidak ada yang memfoto, jadi pakai fotonya orang lain :).
Ini ayunannya, tolong jangan lihat modelnya :(*
Kalau belum berasa betah, sudah tahu kan kalau kantin Google di Amerika itu gratis seluruh makanannya?. Di sini "Warung Mbah Google" nya juga gratis saudara. Saya saja ambil satu botol air mineral, satu botol minuman ion, satu buah apel, satu snack diet, beberapa permen dan beberapa snack lainnya, Dek Keke mempersilahkan dengan senyuman (saya menyesal tidak pakai ransel). Suasana kantinnya berasa seperti di dapur orang-orang kaya gitu, enak banget lah. Nah, ada area office yang benar-benar office, ini juga luas, dan masih banyak yang kosong (hayuk siapa yang mau daftar jadi cucunya Mbah Google). Ada beberapa ruangan juga yan diperuntukkan untuk rapat, eh keren banget nama-nama ruangannya, "Gelora Asmara", "Cucok", dan lainnya. Kesan Indonesia begitu kental disini, dengan adanya nama-nama berbau khas Indonesia, Cetakan/cap batik, lukisan punakawan, becak di atas awan, dan masih banyak lagi. Musholanya juga bersih dan nyaman.

Tidak sedang di rumah Mak Dina Begum, ini di Warung Mbah Google
Wingardium leviosa....!!!!!
Tentang Google+, bagi teman-teman yang punya akun gmail bisa langsung terdaftar di Google+, anda bisa mengadd akun gmail lain untuk bergabung, anda bisa membuat lingkaran-lingkaran tertentu untuk orang-orang pilihan anda. Selain itu, anda bisa menyimpan file seperti foto di Google+ ini. Saat ini, Google+ adalah akun socmed yan paling menjaga privasi penggunanya.

Sambutan dari MakPon Mira Sahid, pengenalan G+ oleh Dek Keke, sharing pengalaman finalis SB2014 : Astin Ananta & Suria Riza (Cucuthnya Echa)
Eh.. mau ketinggalan, cerita tentang kartu pengenal gedung yang hilang itu, tepat sebelum pulang akhirnya ditemukan saudara-saudara. Terimakasih sudah menyimpankan kartu saya Mba Edrida :), terimakasih untuk teman-teman KEB yang juga ikutan heboh mencari, terimakasih pada Dek Keke juga yang dengan baik hatinya bilang ke bapak satpam kalau-kalau ada kartu pengenal. Terimakasih banyak dari lubuk hati terdalam ^_^ (alhamdulillah saya tidak jadi bayar denda dan saya bisa pulang dengan selamat sentausa).

12 comments:

  1. Duuhh, serunya, mak...... enaknya ya anggota KEB yang tinggal disana bisa jalan-jalan dan menghadiri acara-acara. huhuuhuu........saya yang di daerah iri bangeeeet...........heheee....

    ReplyDelete
    Replies
    1. Alhamdulillah sekarang di daerah mulai banyak juga acara yang mengundang anggota KEB Mak Emi.. :) ikut lomba blog saja Mak.. saat ini ada lomba Aplikasi Anak Cerdas kan? Lalu lomba yang hadiahnya jalan-jalan.. hehehe.. sapa tau kita menang.. :)

      Delete
  2. Foto-fotonya keren. Modelnya apalagi. :v

    ReplyDelete
    Replies
    1. Terimakasih... terimakasih... #dikemplang model-model di foto #ngaciiiiirrr

      Delete
  3. Jadi pengen berkunjung kesana juga hehehhee

    ReplyDelete
    Replies
    1. Oh.. kalau ini harus ngobrol dulu dengan divisi humasnya, tidak bisa sembarangan main ke sana... kecuali kamu karyawannya.. :D

      Delete
  4. Kapan yak ke sana? *mupeng*

    ReplyDelete
    Replies
    1. semoga segera bisa mengunjungi... atau ngelamar jadi staff aja... :)

      Delete
  5. ya kita beda tgl ya mbak ke googlenya

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya Mak.. waktu saya lihat fotonya Mak Lidya di grup.. waaa kita beda jadwal.. waktu SB juga saya minta maaf karna sibuk sekali jadi tidak sempat menyapa Mak Lidya... :)

      Delete
  6. Jadi pengen ni, mbak. hehe..

    Terima kasih sudah BW ke blog saya mbak Riski.

    ReplyDelete

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...