Wednesday, 30 April 2014

Bermain Kata dalam #riskiminikuis Periode 2

Hehehe... judulnya aneh ya.. Postingan kali ini bukan pemberitahuan ada lomba #disoraki #wuuuu #kecewa tapi hanya menceritakan alasan saya mengadakan mini kuis bermain kata.

#riskiminikuis asalnya adalah perayaan jumlah follower di twitter, tapi sekarang sedang dipikirkan lagi mau diadakan sebulan sekali, bagaimana menurut kalian? Periode pertama merayakan jumlah follower saya yang mencapai 200, periode kedua ini sebetulnya dadakan iseng saya yang ndilalah pas bertepatan dengan jumlah follower saya mencapai 400, alhamdulillah.

Kalau yang pertama itu adalah tebak nama gambar, yang ikut banyak. Tapi belajar dari #riskiminikuis periode 1 dimana saya mention ke akun kuis, lantas yang ikut terlalu banyak sampai mereka kirim twit yang sama berulang-ulang, saya pusing sendiri. Di #riskiminikuis periode kedua ini saya tidak mention akun kuis, dan jawaban hanya boleh satu kali saja. Memang ini tidak bagus untuk teknik pemasaran ya (bagusan yang pertama), tapi kan saya hanya ingin berbagi rizqi, jadi tidak terlalu mengejar marketing :).

#riskiminikuis periode kedua ini saya mencoba bermain kata. Caranya adalah dari kata MASYARAKAT, buatlah 20 kata yang hurufnya berasal dari huruf-huruf dalam kata masyarakat tersebut, tidak boleh ditambah huruf lain di luar huruf dari kata tersebut. Gampang kan????

Setelah saya pikir-pikir, kita bisa juga lho bermain seperti ini dengan anak-anak, lebih seru kalau dengan lomba, hadiahnya terserah kita tapi yang pasti ada hadiah ya. Dari situ kita bisa tahu seberapa banyak perbendaharaan kata dari anak-anak kita, bisa tahu apakah mereka senang membaca atau tidak, tekun mendengar atau tidak. Dari #riskiminikuis ini juga saya menjadi terkagum-kagum dengan bahasa Indonesia, karena ada banyak sekali kata-kata yang indah. Satu kata pun bisa mempunyai lebih dari satu makna/arti. Menurut saya itu keren sekali.

Berikut kata-kata dari peserta yang saya rangkum, semua kata ini berasal dari huruf-huruf yang ada dalam kata MASYARAKAT.
(Saya, Karat, Kasar, Marak, Rakyat, Tamasya, Rakaat, Makar, Sarat, Syarat, Masak, Takar, Arak, Asyar, Rasa, Raksa, Rak, Atas, Rata, Ayam, Akar, Ayat, Ayak, Kaya, Mayat, Kata, Asam, Masa, Sama, Tamak, Mata, Kamar, Samar, Raya, Karam, Maka, Asmara, Asma, Tara, Sara, Saka, Maya, Asrama, Kasa, Raka, Markas)

Bisa dihitung berapa banyak? Sebenarnya masih banyak lagi kata yang bisa dibentuk lagi. Betul kan? Bahasa Indonesia itu kaya sekali. Masih tidak bangga dengan Bahasa Indonesia? Coba bermain kata seperti ini.. hehehe.

Selamat bermaiiinnn... tunggu kehadiran #riskiminikuis berikutnya di akun twitter @RiskiFitriasari hadiahnya banyak lho, dan selalu ada hadiah kejutan :D.

8 comments:

  1. aku sempet baca mentionnya mbak, tapi pas lagi gak dirumah jadi belum bisa ikutan maaf ya

    ReplyDelete
    Replies
    1. ga papa Mak, bulan depan InsyaAllah ada lagi.. ikutan ya.. :)

      Delete
  2. kutunggu dah yang berikutnyaaah

    ReplyDelete
  3. Saya jarang nongkrong si twitt, Mba. Follower baru 300an ajah. :D

    Polow2an yuk, Mba. @idahceris
    Kalau ada kuis lagi, colek2 yaak.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Ga papa Mba, nanti juga nambah sendiri, yuk ah saling follow.. hhehehe.. oke deh.. nanti saya colek2 sabun colek ya... :)

      Delete
  4. hihihi... boleh juga nih, kuisnya :)

    ReplyDelete

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...