Thursday, 3 April 2014

Cara Keramas yang Baik

Hai.. jumpa lagi di hari Kamis manis ini.. minggu kemarin di twitter saya bagikan #tipsKamis tentang perawatan rambut, lalu saya lanjutkan di postingan sebelum ini. Sekarang, seperti janji saya, saya akan sedikit mengulas tentang cara keramas yang baik, ala saya  ^_^.

Sebelum keramas, sangat baik kalau kita memilih produk perawatan rambut yang tepat. Kalau saya punya beberapa kriteria untuk memilih produk tersebut, yakni banyak mengandung bahan aktif alami, tidak mengandung merkuri, sudah diuji tapi no animal testing (tidak diuji kepada hewan), cocok untuk jenis masalah di rambut dan kulit kepala saya, wanginya lembut, dan yang pasti halal. Ternyata… #drumroll sekarang sudah ada lho perawatan rambut bersertifikat halal dan cocok dengan kriteria saya tersebut, yakni Sariayu Hijab Care.

Satu paket Sariayu Hijab Care
Saya tidak punya masalah rambut berarti walaupun saya berhijab, yang jadi masalah adalah kulit kepala yang gatal, dan lembab, serta terkadang muncul ketombe. Selain itu, saya ingin rambut saya selalu segar dan wangi ^_^, jadinya kepala bisa berasa enteng. Maklum lah kerjaan mengurus anak orang itu bisa bikin kepala berasa seberat kontainer. Saya disarankan oleh Mak Haya dan Mak Dwina mencoba Sariayu Hijab Care ini, katanya seger. Akhirnya saya luluh juga dan sudah tiga minggu ini saya pakai. Satu paket Sariayu Hijab Care ini terdiri dari shampoo, conditioner, hair tonic, dan hair mist, dan dengan uang tidak sampai Rp 100.000,- kita bisa mendapatkan satu paket Sariayu Hijab Care ini untuk perawatan rambut lengkap selama berkali-kali. Sangat cocok untuk saya, seorang istri yang pelit irit :D.

Yuk ah kita lihat cara keramas yang baik, tentunya dengan Sariayu Hijab Care.

Dinginkan Dulu Kepala Anda
Hehehehe… bukannya sedang marah, tapi memang kalau kepala masih berkeringat atau baru saja beraktivitas. Darah sedang banyak-banyaknya di kepala, pori-pori sedang membuka lebih lebar, dan kulit kepala tidak dalam kondisi kencang. Jadi, kalau tiba-tiba diguyur air, peredaran darah akan terganggu, dan kerontokan rambut akan semakin menjadi.

Pijat Kulit Kepala Saat Keramas
Sebelum keramas, pastikan rambut dalam kondisi sudah rata dibasahi. Setelah itu baru aplikasikan shampoo Sariayu Hijab Care merata keseluruh rambut dari kulit kepala sampai ujung rambut. Gosok-gosok dengan pasti tapi jangan brutal. Setelah seluruh permukaan rambut digosok, pijat sebentar kulit kepala dengan ujung jari (bukan ujung kuku) anda agar peredaran darah di kepala lancar. 

Shampoo Sariayu Hijab Care ini mengandung ekstrak urang aring untuk menghitamkan rambut, lidah buaya untuk menyuburkan rambut, daun mangkokan untuk menguatkan akar rambut, ekstrak cabai sebagai anti ketombe dan peppermint untuk menjaga kesegaran rambut dan kulit kepala.


Pakailah Conditioner
Setelah keramas dengan shampoo kemudian dibilas, pakailah conditioner Sariayu Hijab Care merata di permukaan rambut (tidak usah sampai ke kulit kepala), diamkan 3-5 menit, kemudian bilas dengan air.

Conditioner ini akan menjaga kelembutan rambut, dan menghitamkan rambut. Rambut yang lembut akan memudahkan untuk disisir sehingga mengurangi kerontokan karena terlalu bersemangat dalam menyisir.

Jangan Membungkus Rambut Terlalu Lama
Biasanya rambut akan dibungkus dengan handuk setelah dikeramas. Pada dasarnya membungkus rambut dengan handuk jangan dilakukan sampai rambut ada yang mengering, karena rambut yang basah akan menjadi lembab dan lepek, kulit kepala juga akan mengendur sehingga rambut yang harusnya wangi jadi sedikit bau, dan sekali lagi bisa menyebabkan munculnya ketombe dan kerontokan rambut. Sebaiknya cukup tekan pelan saja rambut setelah keramas untuk menghilangkan sedikit airnya dan jangan dibungkus, cukup tempatkan handuk dibahu belakang anda untuk menampung tetesan air yang tersisa.

Biarkan Rambut Kering Alami
Rambut yang setiap hari dikeringkan dengan hairdryer, lama kelamaan akan menjadi rapuh, dan mudah patah. Lebih baik memang rambut dikeringkan alami.

Pakailah Hair Tonic
Hair tonic adalah ramuan yang berguna untuk menguatkan dan menyuburkan rambut. Kebetulan dalam satu paket Sariayu Hijab Care ini ada hair tonicnya yang mengandung ekstrak daun mangkokan dan cabai yang terbukti menjaga kekuatan akar rambut dan mempercepat tumbuhnya rambut. Tapi, jika anda tidak tahan dengan peppermintnya sebaiknya sedikit-sedikit saja mengaplikasikannya.
 Usapkan hair tonic di kulit kepala saat rambut masih basah (bukan rambut ya) secara merata, lalu pijatkulit kepala perlahan tapi agak lama agar bahan aktifnya terserap sempurna oleh akar rambut.

Jangan Menyisir atau Mengikat Rambut Saat Masih Basah
Saat basah, rambut gampang sekali rontok. Karena kita sudah keramas dengan paket Sariayu Hijab Care yang membuat rambut menjadi halus, jadi ketika rambut sudah keringpun, rambut bisa dengan mudah disisir. 

Pakailah Hair Mist
Setelah selesai keramas, dan rambut sudah mengering, pakailah Sariayu Hijab Care Hair Mist. Hair Mist ini fungsinya hampir mirip dengan Face Mist. Kalau Face Mist untuk menyegarkan muka, kalau Hair Mist ya untuk menyegarkan rambut.


Karena di dalam Hair Mist Sariayu Hijab Care ini ada bahan aktif alami dari urang-aring, maka fungsi lainnya adalah untuk menghitamkan rambut. Kalau rambut berasa segar dan wangi, maka kepala juga menjadi lebih enteng, kita jadi bisa berfikir lebih jernih dari biasanya.

Keramaslah teratur 2 hari sekali
Dengan keramas yang teratur, maka nutrisi untuk rambut akan terjaga dan kepala senantiasa bersih, sehingga rambut rontok dapat dikurangi, ketombe hilang, tidak gatal dan rambut tetap lembut dan wangi... ^_^
 
Itu dia cara dan tips sebelum, saat, dan setelah keramas. Semoga membantu. Karena terus terang saya cocok menggunakan Sariayu Hijab Care selama tiga minggu ini. Kepala terasa segar, ringan, gatal berkurang, dan ketombe sudah tidak ada sama sekali. Yah.. benar, saya baru merasakan kalau ketombe di kulit kepala saya hilang sama sekali, ah.. ternyata saya benar cocok dengan Sariayu Hijab Care Yuk ah.. dicoba.. Siapa mau shampoonya??

Mak Khalida Fitri & saya, segar kan.. :D #maksa
>> PRO :
1. Menandung banyak bahan aktif alami
2. Wanginya lembut
3. No animal testing
4. Bersertifikat halal
5. Terbukti menghilangkan ketombe dan menghaluskan rambut

>> KONTRA :
1. Warna dan tekstur shampoonya mirip dengan mucus :(
2. Peppermint di hair tonicnya berlebihan

10 comments:

  1. Maaaak, jadi kepingin beli yang hair mistnya,s ecara aku setiap kok ya malah pusing yaaak

    ReplyDelete
    Replies
    1. penasaran sama samponya...kapan2 beli ah,makasih infonya mbk :D

      Delete
    2. Pakai hair tonicnya juga Mak Astin, biar tambah seger

      Delete
    3. Boleh Mak Hana, shamponya wanginya lembut banget, trus seger pula, tapi kalo bisa dengan conditionernya ya... :) biar tambah lembut

      Delete
  2. Makasih tipsnya, Mak. Insya Allah mau coba. Btw, cantik foto duonya. :v

    ReplyDelete
  3. Pengen coba niiih,secara rambutku gimbal dan ngembang. :D

    ReplyDelete
    Replies
    1. coba satu paket ya Teh.. biar manfaatnya total

      Delete
  4. Replies
    1. boleh Mak... hayuk dicobaa... :)
      temen sekantorku juga berhasil aku komporin buat beli dan coba... :D

      Delete

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...