Thursday, 20 November 2014

Benda-Benda yang Wajib Dibawa saat Musim Hujan

Assalaamu'alaikum, selamat pagiiii... semoga semuanya sehat selalu.. ^_^

Alhamdulillah musim hujan sudah datang. Sumur-sumur bakal bertambah airnya, waduk yang kemarin kering akan terisi lagi, melimpah air, amiiin. Udara yang tadinya agak panas pun akan menjadi lebih dingin. Tanaman akan banyak yang menghijau kembali, setelah sekian bulan mereka berwarna kecokelatan dan ada yang gundul :). 

Hujan datangnya bisa kapan saja, bisa pas kita sedang di perjalanan, di kantor, dimana pun. Saya pribadi punya beberapa barang yang dibawa saat musim hujan :

Plastik Kresek
Barang ini penting sekali saat hujan. Bisa untuk membungkus sepatu, tas, dompet, dan benda lain yang bisa basah kena air hujan. Bahkan bisa menjadi penutup kepala dan kaki saat kita harus menerobos hujan.



Payung
Saat ini sudah banyak dijual payung-payung kecil yang muat dimasukkan ke tas. Tapi kalau misalnya dirasa tidak mantap, bisa juga membawa payung besar. Bawalah setiap saat, karena bisa dipakai saat hujan, juga bisa dipakai saat panas terik. Pokoknya payung ini multifungsi lah :).






Sepatu Karet
Kalau kita memakai sepatu kets atau sepatu berbahan kain, pastinya sebel banget misalkan harus melewati genangan air. Sepatu kita otomatis langsung kotor dan harus sesegera mungkin dicuci agar warnanya tidak kusam. Namun, jika kita memakai sepatu karet, tinggal dilap dengan kain atau tissue basah saja, kotoran sudah bisa hilang :).



Plastik Klip
Maksudnya plastik bening yang bisa ditutup, yang kayak plastik pembungkus obat dari puskesmas itu lho :). Plastik ini terbukti kedap udara dan air. Jadi barang-barang berharga kita seperti handphone, KTP, ATM, uang dan lainnya yang kecil-kecil, bisa dimasukkan ke plastik ini, kalau-kalau tas kita kerembesan air hujan. Belinya di mana? Saya belinya di pasar tradisional. Murah kok, nggak sampai Rp 30.000 untuk ukuran 20x12, isinya ada 100 lembar, banyak kan?

Penutup Tas Ransel
Penting nih, bagi yang punya tas ransel. Ada yang dijual sepaket dengan tas ranselnya, ada juga yang dijual terpisah. Tapi, kalau semisal anda belum sempat membelinya, bisa digantikan dengan plastik kresek kok :).

Jas Hujan
Ini juga penting untuk selalu dibawa, terutama bagi pengendara motor. Untuk jas hujan, saya menyarankan yang model pakaian atau saya sering bilangnya jas hujan egois, hehehe.. Bawalah 2 buah dan letakkan dalam bagasi motor. Setelah dipakai, langsung dijembreng dan disemprot air tawar agar tidak bau. Baru dilipat setelah kering. Menyiasati jas hujan yang ketinggalan, anda bisa minta plastik sampah yang masih baru dan bersih pada Office Boy, gunting bagian dasar selebar kepala, dan bagian kanan kiri untuk tangan. Voillaaa... jadilah jas hujan sederhana :). Penutup kepalanya bisa menggunakan plastik
kresek :).

Tiap musim, apatah itu penghujan atau kemarau adalah anugerah tak terkira untuk bumi dan isinya. Tidak usah berandai-andai, syukuri saja yang sedang terjadi :). Manusia seperti kita hanya harus menerima, mengisi, dan bersiap-siap saja :). Sekarang sudah masuk musim penghujan, tolong BUANG SAMPAH DI TEMPAT SAMPAH yaaa... agar saluran air tidak tersumbat, agar tidak terjadi banjir :).

Selamat menikmati musim penghujan, dengan secangkir teh hangat atau kopi panas dan sepiring mendoan atau singkong rebus yang masih ngepul... :)

2 comments:

  1. sepatu karet andalan aku banget apalagi naik motor

    ReplyDelete
  2. Kalau musim hujan aku bawa payung jas hujan aja,
    jadinya kadang buku suka basah lembab :(
    Next time harus bawa kresek nih!

    ReplyDelete

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...