Wednesday, 26 November 2014

Di Balik Layar Event Online Memeringati Hari Pahlawan

Sudah sekitar sepuluh hari lebih ini saya sebetulnya sedang mengikuti event, menulis 10 postingan dalam rangka memeringati Hari Pahlawan. Event ini digagas oleh tutor-tutor acara Qfunblogging Jakarta, yakni Ani Berta, Haya Aliya Zaki, dan Shinta Ries. Layaknya event menulis yang lain, di sini pun setiap harinya ada tema baru yang dilontarkan dan peserta harus menulis sesuai dengan tema tersebut. Berikut tema-temanya dan postingan saya terkait tema tersebut.

Tema 1 : Pahlawan di sekitar kita - "Kak El, Saya Sebut Dia Pahlawan"
Tema 2 : Satu pahlawan yang menginspirasi anda - "Rohana Kudus, Wartawati Pertama Indonesia"
Tema 3 : Tuliskan bagaimana cara anda memberi tanpa pamrih - "Memberi, Tidak Rugi"

Tema 4 : Solusi menyikapi dilema antara kesibukan sehari-hari dengan kehidupan sosial - "Saya Masih Mahluk Sosial"
Tema 5 : Kepedulian sekecil apapun terhadap sekitarnya - "Buang Sampah di Tempat Sampah"
Tema 6 : Pahlawan kuliner, masakan sendiri yang diingat keluarga - "Gorengan Tempe Buatan Mbah Putri"
Tema 7 : Puisi untuk pahlawan idola - Saya pass, hiksss...
Tema 8 :Cara meningkatkan kemampuan untuk dibagi kembali - "Cara Meningkatkan Ilmu"
Tema 9 : Pentingnya sinergi dalam berbagi manfaat - "Komunikasi itu Penting"
Tema 10 : Suka duka mengikuti event ini - sedang anda baca ^_^

Wow.. ternyata banyak ya :D. Segini saja saya sudah bangga, apalagi teman-teman yang pernah ikut event serupa dan waktunya lebih lama. Kalau berhasil menyelesaikan tantangannya, yang terakhir sudah tidak terlalu memikirkan hadiahnya, melainkan lega dan bangga *wordless.

Pertama kali event ini dilontarkan, saya langsung tertarik, karena temanya Pahlawan. Percaya atau tidak, ketika pertama kali event ini digagas, tidak ada kata hadiah di sana. Yang ada adalah keuntungan yaitu : selama 10 hari blog kita terisi postingan, ada yang membaca blog, dapat ilmu dan pengetahuan baru, serta kemampuan menulis kita semakin meningkat. Jujur saya tidak terlalu membaca keuntungan-keuntungan itu, saya sudah kadung tertarik dengan temanya. Cara ini adalah salah satu cara saya berterimakasih pada Pahlawan. Memang tidak bisa dibandingkan dengan jasa-jasa mereka merebut kemerdekaan Indonesia. 

Ketika tema dikeluarkan pun, saya tidak bisa langsung membuat postingan, kecuali untuk tema kedua. Coba lihat, tema yang diajukan terlihat mudah kan ya? Tapi menurut saya susah sekali ketika menuangkannya dalam bentuk tulisan. Contohnya tema pertama "Pahlawan di sekitar kita", yang syaratnya bukan anggota keluarga tapi orang lain yang ada di sekitar kita yang kita anggap sebagai pahlawan. Di tema pertama ini, saya pribadi ingin mengenalkan sosok yang ada di sekitar saya dan bukan seorang blogger, takutnya nanti yang dibahas akan sama :). Ternyata susah juga, ada beberapa nama, tapi saya tidak kenal secara personal dengan mereka. Akhirnya saya membuat postingan tentang teman saya sendiri :). 

Selain itu, kebetulan sekali bulan November dan Desember itu adalah bulan-bulan ujian di sekolah, jadi banyak sekali anak bimbel yang minta tambahan belajar, dan bimbel sedang persiapan try out. Yuhuu... pikiran saya cabangnya tambah lagiii :D. Posting pun bisanya malam setelah suami tidur. Perumpamaannya antara mata sudah 5 watt, tapi otak masih 10 kilowatt, sehingga saya sering lho jalan mondar-mandir ruang tamu-dapur agar mata kembali 10 kilowatt, hahaha. Pernah dengar sesuatu yang aduhai bikin merinding disko, akhirnya tidur dan dilanjutkan subuh-subuh, hiii. Belum lagi masalah koneksi internet dan koneksi otak yang kadang byar pet. Sedaaaaappp lah...

Secara keseluruhan saya memang mendapat keuntungan yang disebutkan tadi itu, dan ada banyak bonus lainnya. Bonus itu antara lain : saya jadi lebih mengetahui gaya tulisan saya, kelebihan dan kekurangannya; ternyata ide cerita itu memang ada dimana-mana, kita tinggal menangkap serta menuangkannya dalam sebuah tulisan; bisa mempererat silaturahmi dengan blogger lain; tahu sebab si A sering menang lomba (hehehehe...); menyadari bahwa hidup kita itu harus diisi dengan sesuatu yang positif walau kecil; dan masih banyak lagi. Dulu saya kurang suka event-event semacam ini, karena dulu saya kira ide itu tidak bisa dipaksa datangnya kapan. Sekarang, alhamdulillah sudah mulai suka karena melihat keuntungan/manfaat yang sangat amat besar itu.

Terimakasih untuk Teh Ani yang sudah mengadakan event ini, untuk teman-teman yang juga ikut berpartisipasi (saya yakin suka duka kita agak mirip, hehehe), untuk semuanya yang sudah mendukung saya mengikuti event ini :) *berasa dapat piala Oscar, hehehe*

TERIMAKASIH PARA PAHLAWAN INDONESIA
JASAMU AKAN SELALU MENJADI PENYEMANGAT HIDUPKU
UNTUK SELALU MENGISINYA DENGAN HAL YANG POSITIF

6 comments:

  1. Riski, kamu juga pahlawan saya yang kasih tahu tentang Herbivora. :b

    ReplyDelete
  2. Walau tak semua tantangan berhasil diselesaikan, terima kasih ya, Riski sudah berbagi dan berpartisipasi. Tetap semangat ya :)
    Semoga makin produktif menulis lagi, ya.

    ReplyDelete
  3. hehehe bner mbak brasa seneng bgt, bnyk dpt manfaat dr tantangan ini :)

    ReplyDelete
  4. ih jadi malu, aku tuh sdh kalah sebelum berjuang. Gak ikutan krn takut gak.bisa komit krn 10 harinya itu lho.
    Kamu hebat Riski...

    ReplyDelete
  5. Whoaaa...keren sekaliiiii...
    Jadi harus posting 10 hari berturut-turut dengan tema yang sudah ditentukan sebelumnya yah :)

    Tapi dengan adanya hal seperti ini, kita jadi merasa tertantang kan yah :)

    Ayo dibikin tantangan yang 30 hari atuh...*minta dijambak*

    ReplyDelete
  6. Keren, Riski! Aku paling suka postingan Rohana Kudus. Baru tahu sosok blio euy. *malu*

    ReplyDelete

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...