Tuesday, 18 November 2014

Arisan Ilmu KEB : Personal Branding

Assalaamu'alaikum, selamat pagiii semoga semuanya sehat selalu... ^_^
 
Hari Minggu kemarin (16/11/2014) adalah hari yang saya tunggu-tunggu, karena saya terpilih sebagai salah satu anggota arisan. Wanita dan arisan itu kayaknya sudah biasa ya, entah itu arisan RT, arisan ibu-ibu pengajian, arisan kantor, dan lainnya. Tapi arisan yang kemarin itu beda, yang diberikan ke anggotanya itu bukan uang, emas, panci, "panggilan bahagia" atau motor. Yang diberikan adalah ILMU, makanya arisannya pun namanya ARISAN ILMU.


Arisan Ilmu ini diadakan oleh KEB (Kumpulan Emak-Emak Blogger), dimana saya jadi salah satu anggotanya, hehe... Tidak hanya unik dalam hal "apa yang diberikan", arisan ilmu ini unik juga dalam pemilihan anggota. Seperti yang saya sebutkan di atas, kalau saya terpilih menjadi salah satu anggota. Betul sekali, untuk jadi anggotanya saja, kita harus mendaftar dulu kemudian dikocok dan anggotanya terbatas. Sedemikian istimewanya kan :D Ketua Arisan Ilmu yang pertama yaitu Mak Suria Riza a.k.a. Catatan Si Cucuth a.k.a Mak Echa Imut Tenan a.k.a. Mamahnya Raffi :D. Di arisan ilmu yang pertama kemarin itu, ilmu yang diberikan yaitu tentang Personal Branding. Materi ini dibawakan oleh Kakak kece dari IDBLOGNETWORK yaitu @MbakNyai atau dikenal juga dengan nama Wiwik Wae.

Personal branding bagi seorang blogger itu perlu lho. Tidak hanya untuk kita yang blognya sudah tematik (misalnya, blog kuliner, travelling, beauty, fashion, IT, buku, film, dan lainnya), melainkan juga untuk yang blognya masih campur-campur postingannya *seperti blog ini T_T*. 

Tentukan Tujuan Ngeblog
Dulu saya membuat blog ini untuk berbagi informasi-informasi yang positif untuk orang lain :). Tapi seiring berjalannya waktu, blog ini juga berisi opini saya dan hobi serta reportase acara yang saya ikuti. Nah, tujuan ngeblog itu penting agar postingan dalam blog kita itu tidak melenceng kemana-mana *seperti blog ini, hiks.. T_T* Misalkan blog kita adalah blog kuliner (food blog), lalu kita gatal nih ingin beropini tentang kenaikan BBM (Bahan Bakar Minyak), maka boleh kita posting materi itu tapi tetap dikaitkan dengan makanan. Misalnya "5 Macam Masakan Rumahan Murah Bergizi" atau "Tips Irit Menggunakan Kompor Gas". Nah, di postingannya bisa diselipkan pendapat kita tentang BBM, tapi sedikit, padat dan berisi saja.

Tentukan Persona
Persona di sini adalah persona blog kita. Mulai dari penentuan karakter "saya" di blog tersebut, gaya bahasa yang digunakan, nada tulisan, dan jenis pembaca yang diinginkan. Apakah kamu ingin karakter "saya" itu adalah seorang wanita atau laki-laki, kemudian dia matang, dewasa, remaja, lalu dia kalem, serius atau ceria. Semua itu harus konsisten.

Research Competition
Maksudnya adalah, kalau kita ingin membuat blog, misalnya food blog yang membahas tentang  resep masakan. Mulailah cari atau browsing blog-blog yang sejenis dan ramai pengunjung. Dimana letak keindahan blognya, atau materi yang dibahas, kemudian cari yang belum dibahas di kebanyakan blog tersebut. Misalnya seperti "Jenis masakan 10 menit siap untuk sarapan" atau memperlihatkan foto-foto step by step memasak, atau membahas kesalahan-kesalahan proses memasak. Dan semua postingan dalam blog itu harus konsisten, selalu membahas semua hal yang berkaitan atau "dikaitkan" dengan makanan, dan masakan.

Choose Social Media Channel
Blog kita akan dikenal kalau kita juga "memasarkannya" ke orang lain. Cara memasarkan blog kita itu adalah dengan blogwalking dan meninggalkan komentar bukan link hidup, serta aktif di media sosial. Pilihlah media sosial yang sesuai dengan tema blog anda. Misalnya anda adalah craft blogger, maka anda bisa mempromosikan blog anda di Facebook, Instagram, dan Pinterest. Jangan semua akun media sosial anda masuki. Tapi sedikit saja, sesuai dengan tema blog, dan anda tekuni semua akun media sosial tersebut. Di media sosial pun, jangan hanya membagi link blog, melainkan juga berinteraksi dengan teman-teman kita di situ, atau membuat tutorial/tips.

Intinya adalah, sepersonal apapun blog kita, kita harus tetap punya fokus untuk postingan yang kita buat, berkarakter, konsisten, tekun, dan tidak pelit ilmu :). Setelah beberapa kali mengikuti pelatihan yang mirip-mirip seperti ini saya semakin yakin melangkah dan menentukan arah blog saya, dan apa yang akan saya bagi di blog ini. Sesuai dengan hasil kocokan, untuk bulan depan, ketua arisan ilmu kedua adalah Mak Widya Darma. Arisan Ilmu kali ini diakhiri dengan makan bersama potluck yang sudah kami bawa, dan bercengkerama sebentar, kemudian futu-futu..... :D Mak-Mak Blogger, nantikan kabar untuk Arisan Ilmu Kedua ya :D.

Terimakasih untuk KEB dan IDBlogNetwork yang sudah memfasilitasi Arisan Ilmu kali ini, terimakasih juga telah berbagi ilmu yang berguna pada kami :).


21 comments:

  1. wah dapat ilmu aru lagi nih :). Makasih mak Riski sharenya ^^

    ReplyDelete
    Replies
    1. Sama-sama Teh Mia.. :) nanti yg kedua coba daftar aja Teh.. :)

      Delete
  2. Biarpun gak hadir, bisa dapat ilmunya di sini. Thx for sharing, Riski...

    ReplyDelete
  3. waah seruu yaa, ga sabar nungu arisan ilmu selanjutnya,
    makasih ya KEB, IDBlogNetwork sudah numpang menuntut ilmu, meski jadi peserta gelap :)

    Ibu Notulen, makasih ;)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hahaha... Orang bening gitu Mak... :)
      Uye Ibu Fadlun sampai ngabisin 3 kertas biar ilmu yg didapat nggak kelupaan.. :)

      Delete
  4. saya apalagi,nano nano banget blognya hehehe

    ReplyDelete
    Replies
    1. Enak dong Mba Hana, rasa blognya ramee... :)

      Delete
  5. Seperti blogku dong isinya campur-campur. Tapi setelah baca point Tentukan tujuan ngeblog jadi lebih ngerti sekarang. Makasih sharenya mbaak :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya saya juga semakin mantap ngeblog dimari :)

      Delete
  6. Replies
    1. Soalnya gurunya keren, @MbakNyai gitu.. :)

      Delete
  7. Lengkap & semua yg kemaren dijelasin, dgn manisnya dituangkan disini :) Nice posting.

    Kemaren pas ketemu ga sempet cipika cipiki kenalan ya, maklum perdana ikutan ama mak2 KEB.
    Salam kenal ya maak.. dari yang difoto itu lagi mangap-geganyem sendirian bwahahaha

    ReplyDelete
    Replies
    1. Serabi notosumannya enak kemarin... Hehe saya bawa pulang beberapa

      Delete
    2. aku aku cipika cipikiii loohhh

      Delete
    3. Saya tuh ya Mak sebenernya pengen banget uwel2 Raffi :)

      Delete
  8. Alhamdulillah....namaku disebut lengkap wkwkwk...makasih sharingnya mak

    ReplyDelete
  9. Duuuh blogku masih jauh dari ilmu itu ya. Brb benahin. Thanks udah share acaranya ya mak. :))

    ReplyDelete
  10. Mak, kembali ke tujuan ngeblog sih ya. Kalo sy krn utk happy2 , jd masih random bgt isinya.

    Btw postingannya oke bgt nih.

    ReplyDelete
  11. asikk dapet ilmu lagi nih, thank you buat postingannya mba riski :D

    ReplyDelete

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...