Saturday, 29 November 2014

Manfaat Minum Segelas Cokelat Sebelum Bekerja

Assalaamu'alaikum, semoga sehat selalu... ^_^ 


Ada nggak yang bertanya dalam hati, mengapa beberapa hari ini, saya selalu menggunakan kalimat “semoga sehat selalu” di awal postingan? Hehehe… geer sedikit boleh lah. Itu sebetulnya karena saya beberapa minggu yang lalu sering pusing :). Jadi selain sebagai doa untuk pembaca, saya juga sedang mendoakan diri sendiri. Karena kalau kita sehat, mau melakukan apapun terasa bersemangat.

Sesuai dengan apa yang saya pelajari dulu sewaktu kuliah, pusing itu disebabkan karena otak kekurangan oksigen, oksigen sendiri dibawa oleh sel darah merah. Dengan kata lain, otak kekurangan sel darah merah, atau terjadi gangguan suplai sel darah merah ke otak. Bahasa sederhananya adalah aliran darah ke otak kurang lancar, hehehe.

Selain radang tenggorokan, pusing adalah momok banget bagi saya. Sudah tahu kan, kalau saya ini pengajar sekaligus staff di sebuah bimbingan belajar di Jakarta, spesialisasi saya yaitu pelajaran IPA Biologi dan akademik tutor. Sebagai pengajar, otomatis otak saya harus selalu mengingat materi-materi pelajaran dari SD, SMP, SMA, hingga yang akan diujikan di SBMPTN. Sedangkan sebagai akademik tutor, saya harus bisa mengkoordinir jadwal tutor, kepastian kehadiran tutor, dan semua yang berhubungan dengan tutor. Yang paling bikin stress adalah kalau dalam sehari ada 2 atau 3 tutor yang izin apalagi kalau pelajaran yang diajarkannya sama. Itu berarti saya harus bisa memutar otak bagaimana caranya agar hari itu kelas tetap diajar semua tapi jumlah pelajaran yang didapat anak bimbel, tetap. Pusing kan?


Biasanya, saya mengatasi masalah pusing saya dengan segelas kopi susu panas. Namun karena masalah kesehatan, sekarang saya sudah tidak boleh minum kopi. Maka saya harus mencari alternatif lain selain kopi agar otak dan badan saya bisa bekerja maksimal. Untungnya saya pernah ikut suatu acara yang narasumbernya adalah seorang chocolatier dan pernah berguru sampai ke Belgia. Kata beliau, cokelat itu bisa menenangkan pikiran, karena memacu keluarnya hormon endorphin dalam tubuh. Akhirnya, saya memilih cokelat sebagai pengganti kopi. Setelah saya googling, ternyata memang betul kata chocolatier itu. Selain bisa menangkan pikiran, kandungan flavanol dalam cokelat juga bisa melancarkan peredaran darah ke otak sehingga nutrisi untuk sel-sel saraf  terpenuhi. Kalau sel-sel saraf kita cukup kenyang, maka daya ingat kita juga akan semakin tajam (American Heart Association Journal , Natural News  Agust 2012 by John Philip (a certified Nutritional consultant and Health researcher).

Lagi-lagi menurut chocolatier itu, cokelat itu sebetulnya pahit dan cepat lumer, yang membuat keras adalah lemak cokelat. Cokelat paling bagus dikonsumsi dalam bentuk minuman dari bubuk cokelat, dan berupa dark chocolate. Dark chocolate ini mempunyai kadungan cokelat 70% atau lebih dengan 30% lemak cokelat. Cukup ada rasa pahit cokelatnya. Saya mencoba beberapa minuman cokelat bubuk, dan akhirnya memilih CNI UP HOT DARK CHOCOLATE WITH GINSENG. Kenapa?

Sebetulnya, kalau mau tahu alasan saya memilih CNI UP HOT DARK CHOCOLATE WITH GINSENG adalah anda mencobanya sendiri, hehehe. Seperti yang sudah saya sebutkan tentang manfaat cokelat untuk otak dan kriteria cokelat yang bagus untuk dikonsumsi, anda pasti sudah tahu kalau kriteria itu ada pada CNI UP HOT DARK CHOCOLATE WITH GINSENG. Ya, UP Dark Chocolate ini tidak terlalu manis, rasa pahit cokelatnya sangat terasa, sehingga tidak eneg di perut. Selain itu, ada kandungan ginsengnya yang sudah melegenda sebagai obat berbagai penyakit. Sensasi ginsengnya ini akan terasa cukup lama di tubuh kita, yakni tubuh kita akan terasa hangat. Pantas saja, teman-teman kerja saya di kantor pada suka waktu saya beri UP Dark Chocolate ini, kata mereka enak, pahit cokelatnya masih terasa. FYI saja, teman kantor saya walaupun diberi gratis 2 truk kalau rasanya nggak enak, mereka nggak akan bilang enak, hehehe. Kemasannya tidak kalah penting juga di sini, karena dialah the first sight kita, ya toh... ya toh... :). Warna kuning mug itu menggambarkan suasana ceria yang membuat bersemangat, sesuai dengan manfaat phenylethylamin dalam cokelat yakni bisa membuat senang dan bersemangat.


Segelas cokelat dulu, sebelum kerja ^_^

Sekarang, sebelum bekerja, saya minum CNI UP HOT DARK CHOCOLATE WITH GINSENG hangat terlebih dahulu, bahkan sebelum menulis postingan ini saya juga meminumnya dulu. Kalau saya bilang ajaib, nanti dikiranya saya hiperbola ya... tapi nggak ada kata lain selain itu gimana? Otak saya betul-betul segar, dan tidak pusing lagi. 


Eh, ini bener lho.. saya malah baru ngeh waktu ngetik ini. Sudah semingguan ini saya rutin minum CNI UP DARK CHOCOLATE WITH GINSENG tiap sebelum kerja di kantor. Dan sudah semingguan ini pula banyak sekali anak bimbel yang minta tambahan belajar. Bisa dibayangkan, mereka dari sekolah berbeda dengan materi UAS yang berbeda dan guru yang maunya berbeda, jadi saya harus bolak-balik menerangkan kadang materi yang sama karena ada yang belum paham. Bisa full menerangkan dari jam 13.00 sampai jam 18.30 hanya jeda sholat, saya tidak merasa lelah sama sekali. Hmmm... ternyata betul-betul nyata efeknya. Nyruput lagi ah cokelatnya...

Teman ReeNgan suka minum cokelat juga, enggak? [] Riski Ringan

Sumber gambar judul artikel : https://pixabay.com/en/hot-chocolate-drink-dairy-winter-1058197/

29 comments:

  1. heummmm..udah kebayang gimana enaknya itu minuman,sluurpttt...

    ReplyDelete
    Replies
    1. hmmm.... memang enak banget, nyoklat banget..

      Delete
  2. Cokelatnya pekat dan manisnya pas, suka banget aku :D

    ReplyDelete
    Replies
    1. sama teh Ani, saya juga suka yg nggak kemanisan, ada rasa pahit2 cokelatnya.. :)

      Delete
    2. coklat panas emang sedap..apalagi saat ngeblog gini.. :9

      Delete
  3. Setuju. Bahwa Karena kalau kita sehat, mau melakukan apapun terasa bersemangat.
    Sepakaat mak Riski ^^

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya bener, kalau sakit walau cuma pusing rasanya ngapain aja nggak enak... :)

      Delete
  4. Bermanfaat nih :) Makasih infonya

    www.fkrimaulana.blogspot.com

    ReplyDelete
  5. aduh...mau coklatnya...aku belum pernah nyoba yang cni ini mak

    ReplyDelete
  6. jadi tambah semangat kalau ada minuman coklat :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. iya... enak banget soalnya kalo minum coklat kak ^^

      Delete
  7. coklat favoritku...jadi pengeennn....

    ReplyDelete
  8. Aih... kenapa Mak-Mak ini pada demen nulis produk ini ya? Ada pencerahan buat saya? :p

    ReplyDelete
  9. harganya berapa mak? jadi mupeng hihihihi

    ReplyDelete
  10. Jarang minum coklat, kebiasaan minum kopi :D

    ReplyDelete
  11. aku juga suka coklat, tapi bilin ngantuk :p

    ReplyDelete
  12. manisnya pas, suka banget sama coklat panas..apalagi menemani saat kerja :D

    ReplyDelete
  13. Minuman yang paling enak ini di pagi hari, soalnya di rumahku juga sering sih bikin yang model kayak gini. :)

    ReplyDelete
  14. secara ilmiah memang benar mba. saya setuju banged dengan hal ini..

    ReplyDelete
  15. ditambah sehelai roti wooh enak banget tuh gan :D

    ReplyDelete
  16. wahh enak banget , jadi pengen nyobain ^_^

    ReplyDelete

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...