Tuesday, 7 January 2014

Pribadi Sederhana

Saya suka serial TV yang berjudul BONES yang tayang di salah satu channel TV berbayar yaitu FOX (rasa suka saya sudah pernah saya bahas di postingan ini). Nah ada salah satu karakter disitu yang sangat saya suka (karakternya lho ya), karakter dari Dr. Jack Stanley Hodgin IV, PhD. Dia disitu adalah seorang entomologis (ahli serangga), minerologis (ahli batu-batuan bumi), dan plantologis/botanis (ahli tanaman). Dan jangan bayangkan dia sudah tua sekali karena meraih 3 gelar doktoral untuk 3 bidang tersebut, dia masih muda ya antara 27 - 33 tahunan lah kalau dilihat dari wajahnya.

Dr. Jack Hodgin diperankan oleh T.J Tyne (sumber gambar)
Dr. Hodgin aka Bug Boy aka Thurston ini berasal dari keturunan bangsawan Swedia, namun dia meminta kepada kepala Jeffersonian Institute (tempat dia bekerja) agar identitas kekayaannya disembunyikan. Kenapa? Alasannya karena disitu dia ingin bekerja sama dengan pegawai=pegawai yang lain dengan leluasa tanpa harus ada rasa sungkan karena keluarganya adalah donatur tunggal terbesar untuk Jeffersonian Institute. Penampilannya juga biasa saja, dia suka memakai celana jeans, baju katun berkerah, kaos, dan jaket, atau kalau sedang bekerja ya dia memakai jas kerja laboratorium dan pakaian lapangan.

(sumber gambar)
(sumber gambar)
Apa yang mau saya bahas disini adalah tentang kesederhanaan. Sederhana artinya tidak mengada-adakan yang tidak bisa diadakan, jadi tampil apa adanya saja tanpa harus merasa paling bisa atau paling sanggup. Sering sih saya lihat, apalagi di kondangan-kondangan ya, para tamunya rela berdandan lama dan tampil dengan perhiasan yang menyilaukan mata. Itu baru di kondangan, yang pernah saya alami adalah di pengajian RT, ya ampun ibu-ibu... ini pengajian bukan buat jualan perhiasan. Mana disitu ada yg pake kalung dengan liontin sebesar keping DVD, cincin yang permatanya segede bola pingpong, memakai gelang yang sebesar tali kapal (oke ini lebay).

Belajar juga dari Nabi Muhammad tentang kesederhanaan, bahwa beliau sebetulnya sangat kaya, tapi hanya mempunyai dua buah baju, yang satu untuk keseharian, dan yang lain untuk beribadah. Lantas apakah orang-orang menjauhi beliau karena hanya punya dua baju? Tidak, bahkan buanyak sekali yang ingin mendekat dengan beliau. Karena apa? Karena ilmunya, wawasannya, dan kearifannya sebagai manusia yang dipilih Allah sebagai Nabi. Mungkin yang membaca akan berfikir, ya ampun kalau saya enggak mungkin bisa seperti itu. Hmmm... saya juga tidak bisa terus terang saja, tapi minimal di lemari baju saya yang hanya satu lemari untuk berdua, InsyaAllah tidak ada baju yang tidak pernah saya pakai. Kalau kekecilan ya saya berikan ke orang lain (eh malah curhat).

Pokoknya begini, balik lagi ke Dr. Hodgin, Dr. Hodgin ini low profil sekali dengan kekayaannya, dia mau bergaul dengan siapa saja yang bekerja disitu, bahkan dia tahu nama-nama orang dari divisi yang berlainan dengannya dan akrab. Low profil itu tidak akan menjadikan kita tampak kucel dan tidak laku kok di depan orang banyak, bahkan orang-orang akan dengan mudah bersahabat dengan kita, mengungkapkan apa yang tidak mungkin diungkapkan jika kita sombong, dan harta kita kalau memang banyak sekali, pasti akan terlihat kok entah dengan cara apa, jadi tidak usah dengan sebegitu hebohnya memperlihatkan harta yang kita punya. Yang penting itu tadi, ilmu yang kita punya ditularkan ke orang lain, kearifan kita, kebijaksanaan, dan ketidak sombongan kita. Namun, dalam berpenampilan tetap kita harus rapi dan menyesuaikan kondisi dengan tetap tidak berlebihan.

Sudahkan anda menjadi pribadi yang sederhana?

6 comments:

  1. Saya.perempuan sederhana....uhuk....hihihi.......wah jd pnasaran sm filmnya ^^

    ReplyDelete
    Replies
    1. hehehehe... ada di TV berbayar tapi yg ada channel FOXnya (kalo saya disuruh nginep di apartemen bosnya suami, baru bisa nonton) :D

      Delete
  2. Oh gak ngikuti Bones, ngikuti CSI. Kok sama ya dg bossnya CSI yg original, itu kan ahli serangga juga.

    ReplyDelete
  3. aku gak ngikuti, tapi pemainnya ganteng ya hehehe

    ReplyDelete
    Replies
    1. hehehe... iya.. saya ngikuti karena ada Biologi2nya gitu Mak.. :)

      Delete

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...