Tuesday, 14 January 2014

Gongso Telur Suka-Suka

Haduh.. saya bingung memilih judul postingan dan nama makanan yang saya buat tadi pagi. Tadi pagi itu saya malas sekali ke pasar dekat rumah. Nah, di rumah hanya ada telur, sisa tomat masakan kemarin, daun bawang, dan sawi layu. Hehehe... suami saya suka makan mie dengan sawi dan daun bawang, jadi mungkin dua itu selalu ada di dapur.

Mikir lagi... pagi-pagi.. dingin.. dan kelaparan. Mau bikin telur ceplok... bosan, dadar telur... bosan juga, nasi goreng... sayanya yang bosan (suami mah lahap kalau nasi goreng). Akhirnya saya teringat salah satu makanan favorit saya ketika kuliah.. Gongso Telur.. wkwkwkwkwk... Soalnya itu makanan murah tapi enak, seporsi nasi putih dengan gongso telur sepertiga piring dan kerupuk seplastik kecil harganya hanya Rp 6000, murah kan?

Saya coba ingat-ingat rasanya, lalu main tebak-tebakan bumbu yang dipakai. Ahh.. akhirnya menyerah juga, saya langsung capcus ke dapur saja, bikin bumbu nasi goreng saja hehehe... yuk ah.. cak cek.. ini masakan paling sederhana menurut saya.

Gongso Telur Suka-Suka

Bahan :
2 butir telur (kalau telur ayam kampung boleh 3-4 butir)
1 ikat sawi (ikatan yang kecil, karena saya memakai sawi sisa resep mie goreng, daripada terbuang)
1/2 buah tomat besar (kalau tomat kecil boleh 1-2 buah)
1 batang daun bawang
minyak goreng

Bumbu halus:
2 siung kecil bawang putih
1 siung kecil bawang merah
5 butir lada/merica (boleh ditambah, kalau suka pedas)
5 buah cabai rawit hijau (boleh ditiadakan, kalau tidak suka pedas cabai)
1/2 sdt garam
1/2 sdt gula pasir

Cara membuat :
  1. Buang pangkal sawi, cuci bersih, lalu potong-potong, kira-kira 2 cm, tapi terserah sesuai selera
  2. Buang pangkal daun bawang, cuci bersih, lalu iris-iris, ketebalannya kira-kira 1/2 cm
  3. Iris tomat kecil-kecil atau sesuai selera
  4. Haluskan semua bumbu halus, boleh halus sekali, boleh agak kasar, tapi jangan terlalu kasar
  5. Panaskan sedikit minyak, panaskan telur, lalu diorak-arik sampai kuning telurnya berwarna kuning, bukan oranye (tidak usah terlalu matang), angkat sisihkan
  6. Panaskan lagi sedikit minyak (sedikit saja, kira-kira 1 sdt), masukkan bumbu halus, tumis sebentar sampai bau bumbunya tercium
  7. Masukkan irisan daun bawang dan tomat, aduk sebentar
  8. Masukkan irisan sawi, aduk-aduk sampai tidak ada sawi yang kelihatan masih mentah
  9. Masukkan orak-arik telur yang tadi, aduk rata, tutup masakan, sesekali dibuka dan diaduk-aduk
  10. Jika air yang dihasilkan oleh sawi sudah kelihatan tidak ada, aduk sebentar lalu matikan kompor, angkat sajikan
Bumbu halus
Daun bawang dan tomat
Daun sawi
Yuhuu.. sudah jadi itu gongso telur suka-sukanya.. Rasanya enak dan pedas, tapi tentunyah agak sedikit berbeda dengan rasa gongso telur yang dijual dekat kos di Semarang. Etapi.. penambahan sawi itu optional ya, boleh ada boleh tidak ada, boleh juga ditambah kecap bagi yang suka kecap.

Eh iya.. GONGSO itu sebetulnya apa sih? GONGSO adalah salah satu cara masak menggunakan sangat sedikit minyak, jadi lebih memanfaatkan juice/cairan yang dikeluarkan dari bahan yang dimasak. Contohnya sawi tadi, sayuran itu kalau dipanaskan maka akan keluar airnya walaupun mungkin jumlahnya sedikit, daging juga kalau dimasak akan keluar airnya, nah inilah yang dipakai untuk mematangkan masakan.

Tidak hanya telur saja yang bisa digongso, daging ayam suwir, daging sapi, bahkan daging ikan juga bisa digongso. Gongso telur suka-suka ini sangat simpel, saya hanya butuh waktu 10 menit dari mulai menyiapkan bahan sampai matang dan bisa disambil membuat nasi, serta masak air. Selain itu, komposisi bahannya sangat pas yakni ada sayuran dan protein hewaninya, jadi lebih sehat kan? Wkwkwkwk... narsis dikit boleh lah.. :)

Yuk ah.. dicoba masaknya.. :), kreasikan juga sesuai selera anda semua ya.. :)

20 comments:

  1. Segggerrrrr.....kl yg kuah2 saya suka mbk :)))

    ReplyDelete
  2. besok bisa dicoba nih..buat sarapan anak anak sebelom skul ^^

    ReplyDelete
  3. maaaakkk enak banged kayanya... resepnya cocok banged buat anak kos kaya akuuuuu :-D

    ReplyDelete
    Replies
    1. enak dong.. gurih pedes apalagi kalau dimakan pas hujan2 wiiihhh... :)

      Delete
  4. Replies
    1. *Sodorin sepiring nasi anget + gongso telurnya...

      Delete
  5. pas bener jam makan siang saya nih mbak :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. hehehe... yuk ah dicoba buat Cal_Vin nya.. :)

      Delete
  6. simple bgt nih buat sarapan :)
    saya br tau ini namanya gongso, biasanya saya nyebutnya orak-arik aja :D

    ReplyDelete
    Replies
    1. iya, gongso itu sebenernya cara masaknya :) jadi apapun kalau ditumis tapi minim bahkan tanpa minyak namanya jadi "Gongso ...." :)

      Delete
  7. Kalo di aku ini namanya orak arik sawi mak.

    ReplyDelete
    Replies
    1. wah.. Indonesia itu memang amazing ya Mak.. banyak nama untuk satu masakan.. :)
      Boleh minta resepnya yang dari daerahmu Mak.. :)

      Delete
  8. Waah aku suka bikin buat sarapan cuma telor sama kecap doang. Kita nyebutnya orak-arik telor. Anak2 suka banget :)
    Hmm..kapan2 bikin yg gongso telur ah ^_^

    ReplyDelete
    Replies
    1. hehehehe...itu saya juga suka Teh.. coba bikin deh versinya MakRiweuh kayak gimana,trusdipost ya Teh.. :)

      Delete
  9. aku suka sayurrr.... :)
    kapan2 kucoba bikin. semoga si abi suka.

    ReplyDelete
    Replies
    1. bismillah Mem... :) Kapan pindah to Mem dirimuh? Ntar kan saya bisa tanya2 gitu... :D

      Delete
  10. indonesia banget :v
    Emang bener masakan enak dan murah ya tumis jagonya :D

    ReplyDelete
    Replies
    1. iya begitulah.. kalo bukan kita yg melestarikan budaya bangsa, siapa lagi? :)

      Delete

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...