Thursday, 16 January 2014

Tempe Bacem Pertama

Kemarin itu kan suami beli tempe dua potong yang @Rp 3000 an itu lho. Nah sepotong sudah saya jadikan gorengan tempe (postingannya nanti ya... :D), potongan tempe yang lain saya tidak tahu mau saya jadikan apa. Suami dalam perjalanan pulang setelah menjemput saya bilang kalau dia ingin sekali tempe bacem. Ya Allah.. padahal saya tidak suka sama sekali dengan tempe bacem, tapi ya sudahlah apa salahnya dicoba.

Sampai di rumah setelah bebersih badan, saya mulai browsing cari-cari resep tempe bacem, nemu dong... yaaaayyyy!!!. Tapi tetep ya, karena sudah malam, jadi saya modifikasi bumbunya sesuai dengan yang ada di dapur saya. Hasilnya, enak tapi menurut saya ini gagal... hiks.. Saya bagi resepnya dan bagaimana kok bisa gagal gitu ya.. :D

Tempe Bacem Versi 1 (enak tapi gagal)

Bahan :
1 potong tempe
2 buah gula jawa
1 ruas ibu jari lengkuas
3 lembar daun salam
3 gelas air putih
3 sdm kecap manis (lebih baik jangan pakai)

Bumbu halus:
5 siung bawang merah
3 siung kecil bawang putih
1 sdt ketumbar
1 sdt garam
gula pasir sedikit saja

Cara membuat :
  • Iris tempe, sekitar 1/2 cm an (sebenernya sih biar banyak dan bumbunya cepat meresap)
  • Haluskan bumbu halus, lengkuas digeprek
Bumbu Halus
Lengkuas/laos & Salam
  • Tuangkan air ke dalam panci
  • Masukkan gula jawa, bumbu halus, lengkuas, daun salam, kecap manis dan irisan tempe, aduk sebentar
  • Rebus dengan api kecil
  • Tunggu sampai airnya berkurang dan bumbu meresap, matikan kompor, sajikan

Oke, begini, seperti yang saya bilang tadi, kenapa gagal padahal warnanya bagus banget dan enak...
  1. Saya memakai kecap, harusnya sih kalau menurut selera saya, tidak usah menambahkan kecap juga sudah manis dan warnanya bagus, kalau pakai kecap, rasanya jadi agak gimana gitu. Berasa tidak otentik, hehehehe...
  2. Tidak dilihat-lihat. Jadi setelah memasukkan semua bahan ke panci, harus dilihat ya, walaupun tidak terlalu sering, karena kalau tidak, nanti bisa gosong seperti saya tadi malam... hikss.. (untungnya langsung tahu kalau gosong, alhamdulillah masih bisa diselamatkan).
  3. Kalau di resep pakai asam jawa, dan airnya diganti air kelapa... (hmmmm... nanti saya coba resep yang ini...)
Walaupun seperti itu, yang penting habis dan pantang menyerah deh... kegagalan itu sangat berarti kan biar kita tidak mengulanginya lagi. Smangaaattt!!!

ETAPI BUKAN BERARTI RESEP INI TIDAK BISA DICOBA YA :D

SELAMAT MENCOBA...

18 comments:

  1. hohoho... aku pernah bikin tempe bacem, tinggal rebus aja kan? tapi kalo aku nggak pake gosong loh. *bangga-nya saya yang nggak suka masak* hahaha

    ReplyDelete
    Replies
    1. *iri iri iri saya... T_T hiks.. keasyikan nonton BONES di laptop nih Teh... jadinya gosong deh...

      Delete
  2. kapan hari bikin tempe,tahu,dan telur puyuh bacem..enakkkk hehehehe....gpp,gosong itu biasa hahahah *penah soalnya*

    ReplyDelete
    Replies
    1. iya.. hiks.. tapi tetep enak sih, kemarin saja habis sampai suami saya minta nambah.. :)

      Delete
  3. Replies
    1. eh.. emang enak Mak.. bukannya malah ga tahan lama?

      Delete
  4. saya juga suka gagal bikin bacem suka gosong dan warnanya gak cantik. apa krn ditambain kecap ya..:D

    ReplyDelete
    Replies
    1. mungkin ya.. tapi sepertinya sih karna ga ditengok2.. nanti saya nyoba yg versi lainnya... :)

      Delete
  5. Waaah mak, anak saya dooooyaaaan banget tempe bacem *kalau dia bilangnya tempe HITAM hehehe,,, Enak bikin sekali banyak heheh...

    ReplyDelete
    Replies
    1. iya, soalnya tempe bacem ini awet ya, kemarin saya nyoba2 dulu sih.. hehehe trial and error gitu.. nanti saya bikin banyak deh.. :)

      Delete
  6. Tempe bacem enak tenang, pas banget nek dijadiin lauk plus nasi tiwul...mmm...

    ReplyDelete
    Replies
    1. belum pernah nyobain.. yg pernah itu tempe bacem dengan ketan.. beeehhh... enak bgt.. :)

      Delete
    2. hemmmmm.... pas tengok foto tempe bacemnya saya langung nelan ludah.... :D

      Delete
    3. itu coklat dan manis gurihnya meresap ke dalam... ternyata tempe bacem itu enak ya... :D

      Delete
  7. tapi ttp habis di makan semuanya ya walaupun ada yg kurang xD

    visit my blog ^_^
    www.LuchLuchCraft.com
    My online store ^_^
    www.LuchLuchCake.com
    www.TokoLuchLuchCraft.biz

    ReplyDelete
  8. saya juga sering bikin tempe bacem. Pernah disaranin teman, bumbunya ditambahin jinten. Ternyata rasanya tambah enak lho...

    ReplyDelete
    Replies
    1. wah, ada resep baru lagi nih, dicoba ah... terimakasih.. ^_^

      Delete

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...