Monday, 6 January 2014

Beda Tulisan Beda Ucapan Beda Makna

Ya iyalah, beda tulisan kebanyakan artinya juga beda. Kalau yang tulisannya sama tapi artinya beda itu namanya homograf ^_^. Bukan... bukan homograf atau homofon yang ingin saya bahas, melainkan keprihatinan saya melihat dan mendengar dari orang-orang terdekat saya ketika mengetik atau mengucapkan beberapa kata.

Dulu, ketika jamannya mengirim satu sms dikenai biaya Rp 350,- orang-orang mencari cara menghemat penggunaan huruf agar bisa sms yang panjang lebar. Contohnya "yang" disingkat "yg", "aku" jadi "ak", "aq", atau "i", lalu terkadang ada yang menyingkat salam "Assalaamu'alaikum" menjadi "Ass", atau "Aslm". Sah? Yang pertama dan kedua tadi menurut saya sah-sah saja, tetapi yang menyingkat Assalaamu'alaikum menjadi Ass, wowww.. rasanya bagaimana ya, yang tadinya bermaksud untuk mendoakan keselamatan orang lain eh malah jadinya mengejek orang lain (Ass dalam bahasa Inggris artinya keledai atau pantat). Nah, sekarang karena sms sudah murah sekali, bahkan ada yang mengirim dua sms kemudian gratis sampai 100 sms, apakah tidak lebih baik kalau ucapan salam Assalaamu'alaikum itu tidak disingkat ya?

Lalu, saya pernah mendengar beberapa orang ada yang mengucapkan salam dengan Salamlekum, lalu ada yang mengucapkan istighfar (permohonan ampunan kepada Allah) yang seharusnya "Astaghfirullahal'adziim" menjadi "astajim", kemudian ada yang mengucapkan atau menulis "Ya Allah" menjadi "yaoloh". Haduhhhh... saya miris sekali. Ada orang yang mungkin untuk gaya-gayaan atau agar sama dengan teman mainnya berucap salah satu kata di atas, saya tegur. Mengapa saya tegur? Karena saya tahu kalau sebetulnya orang itu bermaksud untuk berucap apa. Selain itu, arti dari kata yang dia ucapkan menjadi berubah sama sekali bahkan ahh... kalau yang ini berat ya, seperti secara tidak sadar dia telah meremehkan imannya (berat kan?).

Begini, ucapan Assalaamu'alaikum itu berarti kita mendoakan kepada orang lain bahwa semoga kamu mendapatkan curahan keselamatan (bagus kan doanya),. Lantas doa yang sedemikian itu mau diganti dengan ass, salamlekum atau malah assaamu'alaikum yang artinya malah jelek sekali bahkan mendoakan yang tidak baik untuk orang lain? Sedih sekali. Yang assaamu'alaikum itu (tanpa lam di depan) artinya semoga kematian dilimpahkan padamu. Dan jangan meremehkan lho, karena doa itu semuanya didengar Allah (ini postingan saya mengenai doa itu pasti didengar).

Untuk ucapan "Astaghfirullahal'adziim" itu artinya aku memohon ampunanMu Ya Allah. Kalau diganti astajim, lantas artinya jadi apa? Bukannya berucap Astaghfirullahal'adziim itu gratis ya, kemudian memohon ampunan  kepada Allah itu kan wajib karena manusia memang tempatnya salah dan lalai, juga agar kita sebagai manusia tidak menjadi sombong, jadi mengapa harus disingkat?

Kemudian yang terakhir tentang pengucapan atau penulisan "Ya Allah" menjadi "yaoloh", emmm... kalau yang ini berat ya. Entah apa yang dipikirkan oleh orang itu sehingga menulis nama Penciptanya saja salah seperti itu. Biar terkesan cute? Hellooww... kita saja kalau nama kita salah tulis walau satu huruf saja terkadang sudah mencak-mencak tidak karuan, nah yang ini...... Ahh.. saya benar-benar tidak habis pikir.

Postingan ini bukan untuk menjelek-jelekan orang lain, atau menghakimi orang lain, tapi semoga saya dan anda bisa berkaca bahwa sebaiknya kita jangan pernah main-main dengan kata-kata. Karena kebanyakan beda tulisan atau beda pelafalan maka artinyapun akan menjadi beda. Selain itu, kata-kata itu laksana pisau, bisa tumpul tidak menggores luka, dan bisa tajam menusuk dalam ke orang lain bahkan ke diri kita sendiri. Terkadang sepertinya remeh, namun dampaknya laksana tsunami diiringi badai dan gempa, dahsyat sekali.

Jadi, sebaiknya jangan disingkat-singkat atau diganti-ganti dengan tulisan atau ucapan lain ya... yang wajar saja, toh artinya sangat baik.

6 comments:

  1. Yg plg parah itu kl dgr astajim itu mbk ;(

    ReplyDelete
    Replies
    1. semuanya parah Mbak.. sebaiknya memang tidak disingkat, sudah ada aturan menulisnya menurut EYD untuk menulis tulisan arab menjadi latin.. :(

      Delete
  2. awalnya pasti mereka ikut2an ya mbak, mengikuti yang tidak baik

    ReplyDelete
    Replies
    1. iya.. tapi belum disaring aja.. kasihan deh mereka Mak.. :(

      Delete
  3. Bener banget tuh mbak Risky...kadang suka gemes jg kalo liat pada begitu. mungkin saya tambahin satu ya, kata "amin" dengan "Aamiin" juga beda makna nya.

    ReplyDelete
    Replies
    1. eh iya.. betul itu, "amin", "amiin", "aamiin", ammin" itu artinya beda2..

      Delete

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...