Wednesday 14 January 2015

Mengapa Tidak Ada yang Berkomentar di Blog dan Cara Mengatasinya

Assalaamu'alaikum... ^_^


Judulnya sudah pertanyaan, berarti isi artikel ini adalah jawaban, betul begitu? *Aa Gym mode on*. Namun, nggak hanya jawaban saja kok yang bakal saya tulis di sini. Saya juga akan berbagi pengalaman saya yang belum seberapa ini, hehehe. Tutorial yang ada di postingan ini, semuanya menggunakan blogspot, karena baru itu yang saya tahu :).

Ngomong-ngomong tentang komentar di blog, saya mau cerita dulu. Sewaktu saya masih unyu-unyu di dunia ngeblog (ketika baru ada 3 postingan di blog), belum ada yang berkomentar di blog saya. Baru setelah postingan ke-lima atau ke-enam, ada yang berkomentar, itupun baru 1 orang. Tapi, kalau misalnya sampai postingan sudah puluhan, lantas belum ada yang berkomentar, itu bagaimana? Hehe.. tidak usah bingung, bukan berarti tidak ada komentar maka postingan kita tidak ada yang baca. Hmm... tapi memang lebih baik ada komentar sih, biar kita tahu kalau blog kita sudah menarik bagi orang lain. Mungkin ada salah satu dari alasan berikut.

Blog Masih Di-Hidden
Ada beberapa teman saya yang sengaja menyembunyikan blognya dari khalayak ramai, dengan berbagai alasan tentunya. Itu sah-sah saja. Hanya saja, jika kita menginginkan apa yang kita tulis ini bisa dibaca oleh masyarakat umum, ya lebih baik blognya jangan disembunyikan ^_^.

Kolom Komentarnya Belum Diaktifkan
Ya lah, bagaimana bisa berkomentar kalau kolom komentar saja belum diaktifkan. :)

Masih Menggunakan CAPTCHA yang Ribet
CAPTCHA itu adalah... apa yaa? Hehe. CAPTCHA (Completely Automated Public Turing Test to tell Computer and Human Apart) itu, itu lho yang kalau kita sudah selesai nulis komentar trus muncul angka, atau huruf atau keduanya yang harus kita tulis agar kita tidak dianggap robot. Sebetulnya itu untuk verifikasi, mengamankan komentar dari spam. Tapi, jujur apapun captchanya, saya pribadi, nggak terlalu bahagia, hehehe. Pengennya kalau selesai komentar, itu komentar saya bisa langsung terlihat, hehehe. Tapi, sangat nggak apa-apa kalau dipasang captcha, asal jangan ribet dan susah jawabnya. Atau untuk jalan tengahnya, bisa dengan memoderasi komentar, atau menggunakan Disqus, atau Commentluv. Untuk menonaktifakan CAPTCHA: Masuk ke dasbor blogger anda -> pilih setelan/setting -> pilih pos dan komentar -> pada "Tampilkan verifikasi kata" pilih Tidak/No -> klik Simpan setelan. Untuk memoderasi komentar, masih di "Pos dan komentar" pada "Moderasi Komentar" pilih "Selalu"/"Always" -> tulis alamat email yang akan dikirimi data moderasi komentar -> klik Simpan Setelan.



Belum Mengizinkan Semua Orang untuk Berkomentar
Ini nih, terkadang kita lupa bahwa ada juga pembaca kita yang tidak punya blog atau bahkan email, tapi mereka juga ingin berkomentar di postingan kita. Cara agar mereka bisa berkomentar di postingan kita yaitu Masuk ke Dasbor Blogger anda -> pilih Setelan/Setting -> pilih Pos dan Komentar -> pada "Siapa yang bisa mengomentari?" pilih Semua Orang/Anyone -> klik Simpan Setelan. Kelebihannya semua orang bisa berkomentar dan bisa menuliskan alamat URL yang diinginkannya. Kekurangannya itu nanti akan banyak komentar yang "Anonymous". Nah, maka dari itu kita pakai Moderasi Komentar, biar komentar-komentar yang muncul di blog kita itu bisa kita pilih-pilih.

Itu semua adalah masalah teknis, sekarang yang non-teknisnya, "kenapa sih nggak ada yang berkomentar di blog saya?".

Tanyalah Pada Diri Sendiri tentang Postingan yang Anda Buat.
Iya, saya selalu bertanya pada diri saya sendiri tentang semua postingan yang saya buat di blog ini. Pertanyaannya seputar...
Apakah postingan ini mengandung emosi negatif yang berlebihan?
Apakah postingan ini bermanfaat untuk orang lain?
Apakah postingan ini yang dicari banyak orang?
Apakah postingan ini bisa menjadi solusi untuk masalah orang lain?
Kalau pertanyaan pertama jawabannya "Tidak" kemudian ketiga pertanyaan di bawahnya dijawab "Iya", maka saya akan mempublish postingan tersebut.

Blogwalking dan Meninggalkan Komentar di Blog yang Dikunjungi
Blogwalking/jalan-jalan ke blog milik orang lain itu penting sekali. Lebih penting lagi ketika kita blogwaking, kita meninggalkan komentar di blog tersebut. Dengan meninggalkan komentar, otomatis alamat blog kita akan ditulis, nah itu yang bisa mengiring *maaf pemilihan katanya agak-agak* orang-orang untuk mengunjungi blog kita.

Promosikan URL Postingan Anda
Inilah saatnya, kita memanfaatkan semua sosial media yang kita punya untuk mempromosikan alamat URL postingan yang telah kita buat. Analognya begini, kita sudah membuat gorengan yang enak sekali untuk dijual, tetapi kita diam saja tidak memasang spanduk atau membuat iklan, maka orang lain nggak akan tahu kalau kita sedang berjualan gorengan yang enak sekali. Jangan malu untuk ikut komunitas yang sesuai dengan tema blog kita. Juga jangan malu untuk mempromosikan pada mereka. Sebaiknya ketika mempromosikan alamat URL postingan kita, jangan hanya menulis alamat URLnya saja, sebelumnya ditulis prolognya yang menarik.

Membalas Komentar yang Ditulis di Postingan Kita
Nah, kalau sudah ada yang berkomentar, sebaiknya sih dibalas. Komentar itu kan sebenarnya lahan komunikasi dua arah (diskusi). Sama halnya seperti diskusi di dunia nyata, akan sangat menyebalkan sekali kalau kita berbicara tetapi tidak ditanggapi oleh teman diskusi kita. Selain itu, orang-orang yang baru datang ke blog kita, kemudian melihat kalau komentar-komentar yang ada tidak dibalas, akan menjadi malas untuk berkomentar.

Hehehe... itu dia penyebab tidak ada atau sedikit yang berkomentar di blog kita. Semua itu sudah saya praktikan. Memang kalau melihat komentar di blog saya juga belum banyak karena saya belum maksimal memraktikkan semua hal di atas. Namun, ketika saya memraktikkannya (terutama yang blogwalking dan meninggalkan komentar), banyak sekali komentar yang masuk di postingan saya. Sungguh.. It's work. Kalau pembaca ReeNgan, sudah blogwalking dan meninggalkan komentar beluuummm??? ^_^

23 comments:

  1. lengkap banget mbak, aku belajar dari ini juga..oh ya..komentar di blog ku sengaja aku hidden soalnya menjauhi dari komen orang jualan togel mak..males jadinya aku..yo wes aku hidden aja :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Daripada di-hidden, saran saya mending dimoderasi saja, Mba. Biar kita bisa milih komentar mana yang boleh tayang di blog kita.. :)

      Delete
    2. Oh.. saya kira dihidden.. :)

      Delete
    3. Iya kak, setuju mending dimoderasi aja :) hehe

      Delete
  2. suka sama postingan ini. Menyadari banyak hal yg belum dilakukan maksimal. Alasannya karena keterbatasan waktu dan laptopnya yg harus diservis. Ya, semoga bisa balik aktif blogwalking lagi. terima kasih sudah berbagi ya :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Semoga laptopnya cepet normal lagi ya Mak, syukur2 dapet rizqi laptop baru, amiiin.Biar kita bisa komen-komenan di blog.. :)

      Delete
  3. INI Bener bgt :) ... Komen d tempatku pun aku ksh moderasi mba. Mnghindari spam2 nyebelin itu kyk g ada àbis2 nya. Sebagian bear kesaring sih ama akismet, tp ttp aja ada yg lolos sebagian :D

    ReplyDelete
    Replies
    1. Wah... memang bener kalau komentar spam itu nyebelin banget. Dulu pernah ada komen ttg dukun, pertamanya sok alim gitu, eh ujung2nya nama si Mbah disebut2.. Langsung aku DELETE itu komentarnya.. hehehe

      Delete
  4. hmm, kayaknya dari semuanya saya kurang banget nih blog walking dan meninggalkan komen. harus digencarkan nih blog walkingnya hehe~. o iya salam kenal mba riski :D

    Amna Home

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya Mba, bener tuh. Sayang lho, isi blognya sudah bagus (banyak DIYnya)... :) Salam kenal juga.. ^_^ oh ya Mba, kalau nggak meninggalkan URL di komentar, aku juga sudah bisa masuk ke blognya Mba Amna.. :)

      Delete
    2. wah begitu ya, wehehehe baru ngeh saya nya :D

      Delete
  5. wah,makasih banyak mak tipsnya...iya,sejak tahun lalu mulai bener2 posting setidkanya posting nggak ngawur gitu hahaha...TFS makkk :D

    ReplyDelete
    Replies
    1. Saya juga lagi mulai posting yang nggak banyak curhatnya.. hehehe.. :)

      Delete
  6. Awalnya punyaku juga dimoderasi thok, Mbak Riski
    Tapi gak nahan sama SPAMnya
    Sehari bisa menghapus 50 - 100 SPAM
    Jadilah dipasang chaptca
    Itu pun masih ada SPAM yg temangsang 5 - 10 biji sehari hihihi

    ReplyDelete
    Replies
    1. Wah.. berarti nanti aku bakalan pake ini juga kali ya... di aku belum ada spam yang masuk.. :)

      Delete
  7. Inilah saatnya, kita memanfaatkan semua sosial media yang kita punya untuk mempromosikan alamat URL postingan yang telah kita buat. Analognya begini, kita sudah membuat gorengan yang enak sekali untuk dijual, tetapi kita diam saja tidak memasang spanduk atau membuat iklan, maka orang lain nggak akan tahu kalau kita sedang berjualan gorengan yang enak sekali. Jangan malu untuk ikut komunitas yang sesuai dengan tema blog kita. Juga jangan malu untuk mempromosikan pada mereka. Sebaiknya ketika mempromosikan alamat URL postingan kita, jangan hanya menulis alamat URLnya saja, sebelumnya ditulis prolognya yang menarik.

    Membalas Komentar yang Ditulis di Postingan Kita

    Nah, kalau sudah ada yang berkomentar, sebaiknya sih dibalas. Komentar itu kan sebenarnya lahan komunikasi dua arah (diskusi). Sama halnya seperti diskusi di dunia nyata, akan sangat menyebalkan sekali kalau kita berbicara tetapi tidak ditanggapi oleh teman diskusi kita. Selain itu, orang-orang yang baru datang ke blog kita, kemudian melihat kalau komentar-komentar yang ada tidak dibalas, akan menjadi malas untuk berkomentar.

    Hehehe... itu dia penyebab tidak ada atau sedikit yang berkomentar di blog kita. Semua itu sudah saya praktikan. Memang kalau melihat komentar di blog saya juga belum banyak karena saya belum maksimal memraktikkan semua hal di atas. Namun, ketika saya memraktikkannya (terutama yang blogwalking dan meninggalkan komentar), banyak sekali komentar yang masuk di postingan saya. Sungguh.. It's work. Kalau pembaca ReeNgan, sudah blogwalking dan meninggalkan komentar beluuummm??? ^_^

    ReplyDelete
  8. wahh bermnafaat banget kak ^^

    ReplyDelete
  9. kak.. buat tutorial untuk bikin link yg kayak kk punya itu loh (keuangan, rumah tangga, tutorial, dll)
    maaf blm tau namanya, masih pemula bingitsss. makasiiii

    Comment as: Edit Sign out
    Publish Preview

    ReplyDelete
  10. ini tips yang sangat bagus mba

    aku langsung bookmarks ahhh

    ReplyDelete
  11. jleb.. makasih mak riski,, segera mirror self ah, siapa tau ada yg skip slama ini nih hehee

    ReplyDelete
  12. Tfa mba nanti saya coba ah ehehhe

    ReplyDelete

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...