Tuesday 10 February 2015

Buah Gandaria

Assalaamu'alaikum... ^_^

Sepertinya, saya suka menulis tentang tanaman, bunga atau buah yang jarang saya temui ya..? Ada jengkol, urang-aring, bunga krisan trus apalagi ya?? Kali ini saya ingin menulis tentang Gandaria. Bukan Gandaria City, bukan.! Melainkan buah Gandaria.

Beberapa hari yang lalu, saya melihat ada buah mirip duku atau kokosan tapi agak gede sedikit, di penjual buah potong langganan saya. Saya tanya ke abangnya, "apa ini?" Ini yang namanya, GANDARIA, Neng. Appaahh... Gandariahh?? *okey ini lebay*. Seumur hidup saya sampai beberapa hari lalu, saya belum pernah memakan buah Gandaria, apalagi memegang dan memandangnya secara langsung. Gandaria sering saya ingat sebagai nama sebuah wilayah di Jakarta Selatan dengan mallnya yang besar. Saya tahu sih kalau nama wilayah Gandaria Utara itu berasal dari nama tumbuhan.

Okey, kata kaka Wikipedia, Gandaria (Bouea macrophylla Griffth) adalah buah asli daerah tropis, yakni Indonesia dan Malaysia. Si Gandaria ini punya nama alias, yakni Jatake (sumpah yang ini bukan singkatan Jakarta-Tangerang-Kerawang.. :)). Tanaman Gandaria tumbuh subur di daerah dataran rendah, dari 5-800 mdpl (meter diatas permukaan laut).

Saya lihat si abang penjual buah juga menjual Gandaria muda yang warnanya masih hijau. Katanya yang hijau itu enak kalau dibikin sambal Gandaria, asam-asam segar gitu. Ah, saya beli yang matang saja, lha wong kata si Abang, yang mentah itu asamnya luar biasa. Kalau yang matang ini, warna kulitnya sudah mulai kekuningan, mirip mangga yang matang, kalau dipegang akan berasa empuk. Kulit buahnya dapat dengan mudah dikelupas dengan tangan karena kulitnya tergolong tipis. Daging buahnya saya rasa-rasa mirip seperti tekstur daging buah mangga. Rasanya itu yang saya suka, ada manisnya dan rasa asam yang segar. Rasa asam ini tidak membuat penyakit maag saya kambuh. Dan sebetulnya sangat cocok kalau dimakan pas siang yang panas.. hhmmm... maknyus deh. Saya sebetulnya ingin bikin es buah gandaria, kayaknya segar, tapi sudah keburu habis buahnya, hehehe.

Sayangnya, Gandaria ini sudah sangat jarang kita jumpai, padahal dia adalah salah satu vegetasi asli Indonesia. Mungkin karena rasanya yang asam itu jadi banyak yang kurang suka. Menurut saya, rasa buah itu sudah dicocokkan dengan iklim dimana dia berasal. Iklim Indonesia yang tropis, rasa buah aslinya kebanyakan sedikit manis, agak asam, segar dan banyak air. 

Di Mekarsari ada bibit Gandaria, nggak ya?? Jadi pengen nanam nih.. :) Kalau Teman ReeNgan, ada nggak buah asli Indonesia yang sudah pernah dimakan oleh Teman, tapi sekarang susah ditemukan?? Share yukkk..!!

9 comments:

  1. Waktu kecil banyak nih buah jatake ini. Tapi saya juga jarang makan soalnya asam luar bias. Nuah yg pernah dimakan tapi udah jarang apa yaa.. salah satunya sijatake ini yah. Dulu pas dikampung banyaakk sekarang gak ada lagi

    ReplyDelete
    Replies
    1. Ayo Mbak Lia, apalagi buah yang lain?? Share di blog Mbak Lia.. :)
      Memang sekarang ini si Gandaria alias Jatake ini semakin langka.. hiks..

      Delete
  2. Eh..eh....aku baca ini juga baru sadar...belum pernah makan atau pegang bahkan liat buah gandaria tuh kek gimana. Duh....jadi penasaran kayak gimana bentuknya dan rasanya.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Bentuknya kayak yang di foto itu.. :) mirip mangga tapi sebesar kokosan/duku.. :)

      Delete
  3. Di mana dapatnya ya...aku belum pernah makan ini nih, hihii... jadi penasaran rasa masamnya kayak apa ya?

    ReplyDelete
    Replies
    1. kalo di Jakarta sekarang kayaknya lagi musim. Beli di pasar tradisional, Mbak.. pasar mana ya.. tar saya tanya si abang buah potongnya... :)

      Delete
  4. denger gandaria jadi inget nama tempat di jakarta, baru tahu kalo itu nama buah :) meski sekarang tinggal di jakarta. tapi belom pernah nyoba.. hihi belum nemu juga dimana belinya :D

    ReplyDelete
  5. cuma pernah denger tapi wujud aslinya gak pernah lihat. memang banyak buah asli indonesia yg mulai jarang terlihat

    ReplyDelete
  6. Buah Gandaria sangat langka, padahal saya suka banget sambal Gandaria, nemu di pasar Cibinong tapi gak selalu ada :(
    Rasanya mirip2 Mangga muda kalo yang belum matang :D

    ReplyDelete

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...