Saturday, 8 June 2013

Danau Kakaban, Eksotika Prasejarah yang Ada di Indonesia

Siapa yang belum kenal dengan Danau Kakaban? Hehehe.... saya kenalin ya *kalau yang sudah kenal ga papa kita pandang lagi.

Sebenarnya saya juga belum ke Danau Kakaban, dan danau ini merupakan tempat yang masuk dalam list kunjungan wisata saya, mengapa? Karena di dalam Danau Kakaban terdapat sekitar 4 jenis ubur-ubur yang TIDAK MENYENGAT, dan jumlahnya sangat banyak. Lalu, danau seperti ini baru ditemukan ada 2 di DUNIA, Danau Kakaban, dan danau di Pulau Palau Mikronesia. Jadi, saya ingin berenang di tengah-tengah ubur-ubur tidak menyengat yang hanya ada di dua tempat di dunia. Sungguh Indonesia adalah wilayah yang indah dan eksotis.
Pulau Kakaban, Berau - Kalimantan Timur
Menurut Wikipedia, Danau Kakaban adalah air laut yang terperangkap di Pulau Kakaban, ditambah air dari dalam tanah dan air hujan sejak 2 juta tahun lalu, membuat air danau ini, walaupun asin tetapi lebih tawar dibandingkan dengan air laut di sekitarnya. Danau Kakaban merupakan danau prasejarah yaitu zaman peralihan Holosin. Luasnya sekitar 5 km², berdinding karang terjal setinggi 50 meter, yang mengakibatkan air laut yang terperangkap tidak lagi bisa keluar, menjadi danau. Secara administratif, Danau Kakaban termasuk wilayah Kabupaten Berau, Kalimantan Timur.

Biota laut di danau ini sangat beraneka ragam, dan yang paling banyak jumlahnya adalah ubur-ubur. Ubur-ubur di danau Kakaban sangat unik, karena ubur-ubur ini sebetulnya merupakan biota laut, dan kemudian beradaptasi selama berjuta tahun dalam kondisi air danau yang lebih tawar dari air laut. Ubur-ubur yang tadinya mempunyai sengat/bisa, sekarang sudah kehilangan sengatnya dan cenderung jinak, sehingga kita bisa berenang bebas bersamanya, bahkan bisa dengan mudah memegangnya. Oh iya, satu lagi keunikan ubur-ubur di Danau Kakaban, mereka berenang terbalik, yaitu dengan tentakel (mirip kaki) di atas, dan bagian yang seperti mangkoknya di bawah. Kalau ubur-ubur biasa yang di laut, berenangnya dengan mangkuk di atas.

Ubur-ubur di Danau Kakaban ini ada sekitar 4 jenis, yaitu Aurelia aurita, Tripedalia cystophora, Mastigias papua, dan Cassiopeia ornata. Jenis Cassiopeia ornata, merupakan jenis yang paling banyak jumlahnya. Mereka semua tidak menyengat.
Aurelia aurita
Tripedalia cystophora
Mastigias papua
Cassiopeia ornata

Namun, keelokannya kini mulai sedikit terkotori. Karena apalagi, kalau bukan karena sampah yang ditinggalkan oleh wisatawan. Perlu penataan yang lebih ketat lagi untuk menjaga danau prasejarah ini, agar kebanggan Indonesia sebagai negara kepulauan dengan berjuta eksotisme alam tidak tercemar. Jangan sampai dikelola oleh bangsa lain.

Selamat Hari Kelautan Dunia (World Ocean Day), bersama kita bisa menjaga laut dan biota yang ada di dalamnya, BERSAMA KITA PASTI BISA!!




Sumber:
http://id.wikipedia.org/wiki/Danau_Kakaban
www.yourkidsed.com.au
wisata.kompasiana.com
beller-o.blogspot.com
anak-kalimantan.blogspot.com
http://www.travelesia.com
http://ebo.web.id/danau-kakaban-danau-air-asin-paling-unik-di-dunia/ 
bukucatatan-part1.blogspot.com 

10 comments:

  1. Keindahan dasar laut juga harus bisa diimbangi dengan tingkat kebersihan pantai dari kotoran sampah, agar alam juga dapat terus trlestarikan.

    Salam wisata

    ReplyDelete
    Replies
    1. Betuuuulllll.... saya selalu bawa plastik kosong buat tempat sampah, kemana saja saya pergi.. Kasihan alam, sudah bagus dan ga menuntut apa-apa sama kita, eh kita sakiti dengan mengotorinya..

      Delete
  2. aku pernah di Kaltim juga mak..., tapi nggak tau lho danau Kakaban ini....
    trims infonya

    ReplyDelete
    Replies
    1. Kapan-kapan ke Kakaban Mak.. berenang dengan ubur-ubur...
      Ya Tuhan.. berikan saya kesempatan untuk ke Danau Kakaban... amiiin..
      Sumpah saya juga mupeng mak pengin ke Kakaban...

      Delete
  3. keren ya, temanku tinggal di berau tuh

    ReplyDelete
    Replies
    1. Coba tanya deh Mak Lidya.. tentang Kakaban ini.. semoga bisa ke sana.. amiiin

      Delete
  4. Indah banget!
    Udah sering denger Kakaban, Berau, Derawan, Sangalaki.. tapi nggak pernah kesana ._.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hayuk.. nabung nabung buat senang-senang ke sana.. kita jadi SpongeBob dan Patrick seharian itu.. tapi ga nangkepin ubur-uburnya... ^^

      Delete
  5. Keren banget... Haduh nambah lagi daftar tempat yang harus dikunjungi di Indonesia. Moga2 bisa kesana suatu saat nanti...

    ReplyDelete
    Replies
    1. yyyyuuuukk marrriiii.. bisa kok kesana, nabung2 yuk...

      Delete

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...