Monday, 17 June 2013

Upacara Bendera

Pertama saya tekankan, saya tidak mau membahas pro kontra mengenai upacara bendera.

Pengibaran Bendera Merah Putih
Dulu sewaktu masih sekolah SD sampai SMA, hari Senin merupakan hari yang heboh. Kenapa heboh? Ya selain merupakan hari pertama masuk sekolah setelah hari libur, sering saja ada yang tertinggal. Apa itu? Jreng.. jreng.. jreng.. Topi Sekolah.. yeeeeaaayyy....!! ^^ Dan kalau sudah tertinggal biasanya saya hanya pasrah, pasti nanti setelah upacara akan ada wejangan khusus dari guru piket. Hehehe... topi sekolah memang wajib dipakai ketika upacara bendera merah putih.

Ngomong-ngomong soal upacara bendera, banyak kejadian menarik ya yang terjadi selama proses upacara. Ada yang pingsan, sakit atau pura-pura sakit, pidato kepanjangan, atau benderanya terbalik warna merahnya jadi di bawah. Sewaktu SMA, saya dan teman-teman punya agenda khusus setiap upacara, yaitu... menghitung kata DARIPADA yang diucapkan oleh Kepala Sekolah saat amanat pembina upacara, hehehehehe.... *rekornya sampai 32 kata lho.. *happa seehh ini.

Selain peristiwa-peristiwa di atas, bagi saya  upacara adalah salah satu momen kebersamaan, dimana kita bisa melihat seluruh warga sekolah. Juga momen kita mengingat jasa pahlawan yang berjuang agar merah putih bisa berkibar terus *HIDUP PAHLAWAN!!. Dan lagi, momen kita untuk menghapalkan lagu-lagu wajib. Upacara bendera juga mengajarkan kita untuk rapi dan disiplin. Hehehehe... yang terakhir enggak boleh ketinggalan adalah momen untuk melihat gebetan dari dekat ^_^ *yang ini jangan diikuti. 

Oh iya, dulu saya sering jadi eMCe upacara lho yang suaranya ngebas-ngebas gimana gitu *tapi saya enggak bisa jadi eMCe acara bebas ya, maap aje.. Ini dia susunan upacara bendera hari Senin yang dulu sering saya baca dan masih saya ingat :

"Upacara pengibaran bendera merah putih, hari …………, tanggal ……………………. , dimulai"
  1. Pemimpin kompi menyiapkan barisannya
  2. Pemimpin upacara memasuki lapangan upacara, peserta upacara disiapkan oleh pemimpin kompi paling kanan
  3. Penghormatan peserta upacara kepada pemimpin upacara dipimpin oleh pemimpin kompi paling kanan
  4. Laporan pemimpin kompi kepada pemimpin upacara
  5. Pembina upacara memasuki lapangan upacara, peserta upacara disiapkan
  6. Penghormatan kepada Pembina upacara
  7. Laporan pemimpin upacara kepada Pembina upacara
  8. Pengibaran bendera merah putih
  9. Mengheningkan cipta dipimpin oleh Pembina upacara
  10. Pembacaan naskah Pancasila oleh Pembina upacara diikuti seluruh peserta upacara
  11. Pembacaan naskah pembukaan Undang-Undang Dasar Negara Republik Indonesia tahun 1945
  12. Pembacaan janji siswa diikuti oleh seluruh siswa
  13. Amanat Pembina upacara, peserta upacara diistirahatkan
  14. Menyanyikan lagu wajib diikuti oleh seluruh peserta upacara
  15. Pembacaan doa
  16. Laporan pemimpin upacara kepada Pembina upacara
  17. Penghormatan kepada Pembina upacara
  18. Pembina upacara dan dewan guru berkenan meninggalkan lapangan upacara
  19. Penghormatan peserta upacara kepada pemimpin upacara dipimpin oleh pemimpin kompi paling kanan
  20. Pemimpin upacara meninggalkan lapangan upacara
  21. Pemimpin kompi membubarkan barisannya
Petugas Upacara
Oke, sekian curhatan saya tentang upacara bendera. Semoga anak-anak sekarang bisa memaknai upacara bendera ini dengan baik, tidak hanya kewajiban setiap hari Senin saja. ^_^
Bagaimana dengan teman-teman? Ada momen seru tentang upacara bendera? Yuk share disini *atau di blognya sendiri ofkors.. ^_^

7 comments:

  1. hehe, kalo upacara kadang ada yang suka ogah-ogahan jadi panitia. latihannya aja cuma sekali. wekeke. jadinya ga maksimal :D

    seneng kalo sekelas bisa kompak buat acara upacara ini, mak :D

    ReplyDelete
  2. Hm..., saya paling males tuh kalo udh hari Senin. Selain upacara bendera, juga keseringan tuh, mata pelajaran di hari Senin pada berat semua, haha. :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. hahahahaha... iya Mak.. kayak apa ajja gitu hari senin, apalah itu matematika, fisika, kimia jadi satu hari... hadddeeeeehhhhh puuucccciiing..

      Delete
  3. hihihi waktu SMA aku suka memperlambat keluar kelas kalau upacara

    ReplyDelete
    Replies
    1. samaaaaaa... kecuali pas kebagian jadi petugas upacara, guru piketnya dulu galak...

      Delete
  4. Hehehe.. Momen seru? Pernah jadi petugas pengibar bendera, dan saat dibentang Benderanya meintir :))

    ReplyDelete
    Replies
    1. waaaaahhhh.. langsung deg deg cer trus ngebayangin kalo deket sm helm.. dulu sy jg pernah salah baca waktu jd MC.. hehehe...

      Delete

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...