Sunday, 16 June 2013

SO-GU-MI (Sosis Gulung Mie)

Fotonya baru ada, suami minta dibuatkan lagi @180613
Pagi tadi saya mencoba masak makanan ringan (snack) dari sosis. Kebetulan kemarin saya beli sosis dan ada persediaan mie instan. Okelah karena di rumah lagi banyak anak kecil (anak dan ponakannya ibu kos pada datang), tercetus ide buat bikin snack dari sosis dan mie. terinspirasi juga dari abang-abang di kantin sekolah yang jualan snack ini.

Saya namakan snack ini SOGUMI (Sosis Gulung Mie), cekidot resep dan cara bikinnya, simpel dan praktis kok.

Bahan :
  • 1 bungkus mie instan (saya pakai 2)
  • 6 potong sosis, potong jadi 2 atau 3 bagian (saya potong jadi 3 biar banyak)
  • air
  • minyak goreng
  • mayonaise / saos/ sambal untuk cocolan (kalau tidak ada tidak usah)

Cara membuat :
  1. Rebus mie dalam air mendidih sampai matang
  2. Tiriskan airnya, taruh mie di atas piring, sebarkan mie agar tidak menggumpal satu sama lain
  3. Campur bumbu mie instan dengan mie (kecuali minyaknya)
  4. Gulung mie pada potongan sosis, tekan-tekan agar mie lengket ke sosis
  5. Goreng dalam minyak panas dengan api sedang
  6. Jika sudah keemasan / terlihat kering dan sosis mengembang (lebih besar dari aslinya) angkat, lalu sajikan

Kriuknya enak ternyata... :)
Hehehe... gampang kan ya? Saya sengaja merebus mie bukannya menyiram dengan air panas agar mie menjadi lengket sehingga saya tidak membutuhkan telur lagi untuk lemnya. Saya tidak sempat memfotonya karena langsung habis ludes oleh anak-anak dan suami saya (Hmmm... yang gede juga enggak mau ngalah). Oh iya bisa juga memakai mie telor ya, cukup ditambahi merica/lada bubuk dan garam kalau mienya belum asin, bisa juga ditambahi bawang putih bubuk. Cocok buat bekal anak atau bekal perjalanan.

Oke.. ^^ Selamat mencoba ^_^

Kalau mau lihat gambarannya dengan resep-resep yang ciamik lainnya.. yuk pantengin blognya si Ibu kece yang satu ini, jago masak sama jago food fotografi, Ibu YULYAN PARWATI, Mba DIAH DIDI, dan Mba RICKE-ORDINARY KITCHEN ... (tentunya masih banyak lagi ya, tapi saya taunya baru itu yang blognya lengkap trus menarik.. :) )

10 comments:

  1. mbak saya pesen satu porsi ya. hehe
    hore saya yang pertamax. ke blog saya juga ya mbak kickymaulana.com

    ReplyDelete
    Replies
    1. oke.. totalnya jadi 500rb mas.. kirim ke blog ini yaa.... :)

      Delete
  2. iihhhh bikin ngiler
    keknya gampang yaaa

    ReplyDelete
    Replies
    1. gampang banget mak, mienya tinggal diputer2 di sosisnya *dlilit maksudnya... hehehe

      Delete
  3. aku suka tapi sosisnya gak suka.kriuk2 gitu ya rasanya

    ReplyDelete
    Replies
    1. bisa diganti kok mak sosisnya... pake olahan ikan itu lho yg dijual2 di supermarket.. yg ada kani dan kawan2...

      Delete
  4. aduhh... jadi lapeeerrr.... gampang ya mak buatnya, kapan2 coba ahh

    ReplyDelete
    Replies
    1. hehehe.. iya gampang banget, cuma mesti sabar waktu gulung2 mie nya.. :)

      Delete
  5. Gampang bangettt cara buat'nya.!!!
    Anak saya yg umur 11 tahun bisa buat'nya :D wkwkwkwkwk

    Thank's info'nya ;)

    ReplyDelete
    Replies
    1. anonymous, bagus dong.. biar hari minggu bisa ada acara murah meriah di rumah, masak bareng anak.... :D

      Delete

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...