Saturday, 17 May 2014

Berkunjung Ke Museum

Beberapa hari ini saya melihat banyak sekali teman blogger yang posting tentang museum :). Museum adalah salah satu tempat yang saya suka selain hutan dan pantai. Di sana kita bisa melihat hal-hal yang unik. Museum adalah penghubung kita dengan masa lalu atau dengan sesuatu yang tidak ada di lingkungan kita. Koleksi-koleksi museum tentunya adalah barang-barang yang sangat dijaga walaupun terlihat usang atau bahkan robek-robek dan tidak lengkap. Karena koleksi tersebut sebetulnya berbicara dalam diamnya, mereka punya cerita yang ingin dibagikan kepada kita.

***

Saat ini, sesuai dengan perkembangan teknoloi yang semakin canggih, kita inginnya mengabadikan setiap momen yang kita jalani saat itu. Begitu juga jika kita singgah di museum. Namun, di tengah kehebohan kita mengabadikan setiap momen itu, ada baiknya kita menjaga etika ketika berkunjung ke museum, sama halnya kalau kita bertamu di rumah orang lain.

Berpakaianlah yang rapi & sopan
Rapi & sopan kan walau pakai kaos :)
Hehehe... yang ini pastilah ya. Pakaian yang sopan bukan berarti kita memakai kemeja dengan jas atau memakai setelan kebaya, tapi lebih ke jangan memakai kolor atau bikini saja ya ke museum. Apalagi memakai daster yang bolong di ketiaknya, haduhh enggak banget deh. Dengan berpakaian yang sopan dan rapi itu secara terselubung kita terlihat menghargai kerja keras kurator di museum tersebut.
NB : Kurator adalah pengurus atau pengawas warisan budaya dan seni yang bertugas memilih dan merawat objek/koleksi dalam museum atau karya seni yang dipamerkan (http://id.wikipedia.org/wiki/Kurator).

Membayar tiket sesuai usia
Yalah masa.. usia sudah kepala empat, maunya bayar tiket seharga yang belum berkepala.. malu dong nanti disangka sedang puber kedua (ini apa sih bahas kepala dan puber segala). Harga tiket museum di Indonesia itu tergolong murah banget kok, lebih murah daripada hadiah #riskiminikuis ke dua (teuteup.. ya promosi).

Patuhi peraturan di museum tersebut
Ketika membeli tiket, jangan malu untuk menanyakan kepada petugas tentang peraturan di dalam museum itu apa saja. Karena kadang peraturan di setiap museum itu berbeda-beda, ada yang boleh duduk di lantai, ada yang tidak boleh, ada yang boleh ngupil ada yang tidak boleh :D.

Salah satu peraturan (sumber gambar)

Kendalikan keinginan diri yang menggebu-gebu
Maksudnya.. bolehlah kita heboh di museum seperti saya dulu heboh waktu di museum taksonomi di Yogyakarta. "Aaaaaaaaaaaaa.... ada harimau sama ular..." Ternyata cuma replika.. fyuuuuhhh. Tapi tetap dengan mematuhi peraturan yang berlaku di museum tersebut. 

Contoh memainkan angel kamera
Keinginan menggebu itu seperti makan, jangan makan di dalam museum, cari kafetaria atau minta izin keluar museum. Menyentuh atau membuka koleksi, please jangan katrok banget gitu ya, mentang-mentang ingin dianggap akrab sama koleksi museum lalu minta difotoin dengan duduk di atas koleksi museum. Tapi, kalau di museum lilin itu kan memang boleh menyentuh koleksi ya. Kalau boleh sih tidak apa-apa, asal jangan mencuil lilinnya, kasihan nanti Jet Li nya sakit. Bolehlah berlagak menyentuh atau mencium koleksi (ini di museum yang tidak memperbolehkan untuk menyentuh koleksi), dengan memainkan angel kameramu :).
Keinginan menggebu lainnya adalah menyebarkan informasi mendetail tentang koleksi. Maksud saya bukan informasi yang tercantum di setiap koleksi, tapi lebih ke letak koleksi, berapa inchi kaca yang dipakai untuk melindungi koleksi, atau tempat satpam menyimpan kunci kamar tempat koleksi, please jangan disebar ya.

 
Perhatikan, resapi, dan berempatilah
Ini yang paling penting, jangan hanya numpang narsis foto-foto di museum, tapi kita harus betul-betul berempati terhadap koleksi museum. Ambillah berbagai hikmah dan pengetahuan yang ada di dalam museum. Sungguh museum itu sebetulnya ada mesin waktu yang bisa membawa kita ke masa lalu ataupun ke masa depan.

***

Museum yang sekarang sudah mulai bangkit dari stereotip museum yang gloomy, remang-remang dan hanya tempat pamer koleksi saja. Museum sekarang sudah mulai asyik untuk dikunjungi, banyak sekali kegiatan diadakan di museum. Tidak percaya?? Makanya datang yuk ke museum, dijamin tidak membosankan. Semoga selain mulai memperbanyak kegiatan, museum juga semakin menyempurnakan koleksi-koleksi dan keterangan koleksi tersebut, bukan hanya keterangan nama koleksi.

Kalau etika berkunjung ke museum itu ada yang kurang, tolong saya diberitahu ya.. Terimakasih.. ^_^.

Yuk ah berkunjung ke MUSEUM. :D



No comments:

Post a Comment

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...