Thursday, 15 May 2014

Menstruasi (Menstrual Period / Period)

Bulan ini saya kayaknya sedang semangat-semangatnya membahas tentang pelajaran ya... :). Soalnya di bimbel banyak sekali yang berulang kali tanya tentang beberapa materi pelajaran, entah karena susah dimengerti atau karena di sekolah, mereka belum paham betul. 

Remaja-remaja Putri
Sekarang mau bahas tentang "MENSTRUASI". Menstruasi hanya terjadi pada perempuan, kenapa? Karena hanya perempuan yang membuat sel telur (ovum) dan membangun jaringan endometrium (jaringan ikat & darah), baca dulu deh postingan saya yang ini. Ya, menstruasi enggak bisa lepas dari itu.


Apa itu menstruasi?
Kalau kita orang awam bilangnya ya keluar darah tiap sebulan sekali, yap itu betul secara umum. Kalau secara biologi, MENSTRUASI adalah keluarnya ovum (sel telur) beserta endometrium dari dalam organ reproduksi wanita.

Endometrium, melapisi permukaan rahim bagian dalam (sumber gambar)
Apa penyebab menstruasi?
  • Begini, waktu oosit sekunder mengalami ovulasi (keluar dari ovarium), dia akan menuju ke tuba falopi/oviduk. Nah, di sana oosit sekunder itu menunggu kedatangan sel sperma selama kurang lebih 3-4 hari. 
  • Kalau sel sperma tidak datang, ngambek lah itu si oosit sekunder, keluarlah dia dari tubuh. 
  • Karena oosit sekunder keluar dari tubuh, maka otak akan menyuruh HIPOTALAMUS untuk membuat FSH yang kemudian menuju ke ovarium melalui aliran darah. 
  • FSH ini selain membuat folikel pada proses oogenesis, dia juga kerjanya MENGHAMBAT produksi dari PROGESTERON. Progesteron itu kan fungsinya untuk mempertebal & menjaga endometrium. Kalau endometrium sudah tidak ada penjaganya lagi? Labil dong ya.. Gugurlah itu endometrium sedikit-sedikit.
Itulah gambaran singkat penyebab menstruasi. Selama menstruasi, endometrium (darah gitu ya) yang keluar rata-rata sebanyak 4 - 12 sendok makan. Cara mengetahuinya adalah bila pada saat hari ke 1 - 4 menstruasi, pembalut yang dipakai itu selalu penuh ketika baru dipakai 1 - 2 jam, berarti darah yang keluar sudah lebih dari 4 - 12 sendok makan, cek ke dokter ya. Usahakan juga untuk mengganti pembalut setiap 4 - 8 jam sekali sesuai dengan banyaknya darah menstruasi yang keluar. Semakin banyak darah yang keluar semakin sering ganti pembalut, semakin sedikit darah yang keluar akan semakin jarang ganti pembalut. Tapi  teuteup ya jangan lebih dari 8 jam ganti pembalutnya.

Kapan perempuan mengalami menstruasi PERTAMA KALI?
Kapan kamu pertama kali menstruasi? Saya selalu menanyakan hal ini ke murid-murid saat pelajaran sistem reproduksi, biasanya sih pakainya kelas berapa. Beragam sekali jawaban mereka, ada yang umur 9 tahun, ada yang 12, 14 dan lainnya. Sebenarnya normalnya berapa sih? Normalnya itu kalau menurut sumber yang ini, antara 8 - 15 tahun. Tapi kalau menurut sumber yang ini sekitar 10 - 16 tahun. Atau, 2 -3 tahun setelah payudara anak perempuan itu mulai tumbuh. Enggak perlu bingung, kalau menstruasinya di bawah 8 tahun atau di atas 17 tahun, atau sudah lebih dari 3 tahun setelah payudara tumbuh belum menstruasi, silahkan periksa ya ke bidan atau dokter kandungan / ginekolog. 
Kalau seorang perempuan sudah mengalami menstruasi berarti dia sudah masuk masa pubertas. Sistem reproduksinya sudah siap dibuahi oleh sperma, walaupun untuk yang pertama kali menstruasi, rahimnya belum matang untuk hamil. TAPI, sudah BISA hamil, jadi berhati-hati ya.

Berapa lama normalnya darah keluar saat menstruasi?
Karena endometrium itu gugurnya sedikit demi sedikit, jadi darah akan keluar normalnya 3 - 7 hari. Ada yang menstruasinya hanya satu hari, dan itu hanya Siti Aisyah, istri Nabi Muhammad SAW :). Dalam dunia kedokteran, kalau darah keluar terus menerus lebih dari 7 hari (keluarnya banyak ya), maka harus segera menghubungi dokter kandungan. Tapi, kalau sesuai fiqih Islam, waktu terlama menstruasi adalah 15 hari, selebihnya adalah darah penyakit. Bingung?? Don't worry be happy saja ya, misalkan selama lebih dari 7 hari darah masih keluar dan keluarnya banyak, maka cek ke dokter. Tapi kalau sampai 14 hari masih keluar darah, namun hanya bercak saja, tunggu sampai lebih dari 15 hari ya, kalau masih keluar terus, periksalah ke dokter kandungan :).

Berapa kali dalam sebulan, perempuan itu mengalami menstruasi?
Hal ini juga berbeda-beda ya pada setiap perempuan, tapi normalnya perempuan akan mengalami menstruasi 21 - 35 hari sekali pada wanita dewasa, dan 21 - 45 hari sekali pada remaja perempuan. Kalau kurang dari 21 hari sekali, misalnya kok saya menstruasi dua minggu sekali ya, silahkan cek ke dokter kandungan ya. Atau kalau belum menstruasi selama lebih dari 90 hari (3 bulan), juga silahkan cek ke dokter kandungan. Kalau tidak teratur, misalkan kadang 21 hari sudah mens, besoknya 30 hari baru mens? Pada saat remaja hal itu wajar terjadi, saat sudah dewasapun wajar saja, asalkan masih dalam batas normal di atas. Tidak teraturnya menstruasi, bisa terjadi karena banyak hal seperti stress, penggunaan KB hormonal, penurunan berat badan yang drastis, dan sakit parah.

Coba perhatikan diagram berikut (siklus 28 hari sekali, selama 7 hari menstruasi).

  • Garis KUNING, adalah masa menstruasi. Bersamaan itu di ovarium sedang terjadi pembentukan sel telur (ovum). Hormon FSH dan estrogen naik. Tapi saat menstruasi, semua hormon reproduksi sedang dalam jumlah yang sedikit. Terjadi selama 7 hari.
  • Garis PINK, adalah masa ovulasi. Dinding rahim (endometrium) mulai tumbuh (lihat baris Uterine cycle, kolom Proliferative Phase). Sel telur (dalam hal ini tahapan oosit sekunder) dikeluarkan dari ovarium. Hormon LH naik drastis, begitu juga estrogen.
  • Garis HIJAU, adalah masa menunggu. Sel telur menunggu sel sperma membuahi dirinya. Hormon Progesteron naik drastis, sedang estrogen, LH dan FSH turun. Progesteron ini tugasnya membuat endometrium di rahim semakin menebal. Endometrium ini adalah tempat untuk berkembangnya janin setelah ovum dibuahi sperma. Jika tidak ada sperma yang membuahi ovum, maka ketiga tahapan ini akan diulang.
Apa sih warna darah menstruasi itu?
Kalau menurut sumber ini, darah menstruasi itu berwarna merah, merah tua, merah kehitaman, sampai kecoklatan. Kadang kala ada semacam gumpalan darah berwarna merah kehitaman yang keluar saat darah menstruasi sedang banyak-banyaknya. Hal ini wajar, karena selama menstruasi tubuh memang mengeluarkan zat beku darah (zat koagulan) di daerah rahim. Namun, jika gumpalannya sudah sebesar seperempat kepalan tangan sekali keluar dan jumlahnya banyak, maka harus segera diperiksakan ke dokter kandungan. 
Sumber Gambar

Keluarnya darah saat menstruasi ini bisa menyebabkan anemia, jadi saat menstruasi usahakan untuk mengonsumsi banyak sayuran hijau dan minum air bening hangat 2 liter perhari, agar cukup untuk pemenuhan kebutuhan zat besi untuk pembentukan darah.

Mengapa kalau menstruasi itu sakit?
Pada penjelasan di atas, saat menstruasi terjadi perubahan jenis hormon yang meningkat dan turun, hal inilah yang menyebabkan tubuh harus sesegera mungkin menyesuaikannya, sehingga badan berasa tidak enak. Lagipula, endometrium yang gugur ini juga bisa menyebabkan pegal atau sakit. Namun, jika setiap kali menstruasi sakitnya sampai pingsan atau tidak bisa bangun dari tidur mungkin lebih baik diperiksakan ke dokter kandungan ya.

Siklus menstruasi ini penting sekali untuk perempuan, karena dari siklus ini kita bisa mengetahui keadaan dan kesehatan organ reproduksi perempuan. Jadi sebetulnya sangat penting untuk selalu mencatat hari-hari menstruasi kita. 

Ajari anak perempuan kita atau saudara perempuan kita ini tentang menstruasi. Kapan? Karena menstruasi bisa terjadi saat umur 8 tahun, ya mulailah mengenalkan menstruasi itu saat umur mereka 8 tahun atau 9 tahun. Bisa dengan cara bersama-sama membeli pembalut, atau hal lain. Selalu berkomunikasi dengan mereka tentang menstruasi, walaupun tidak setiap hari ya. Gunanya adalah agar mereka siap ketika mulai menstruasi, dan mereka mengerti kewajiban dan hal-hal yang tidak boleh dilakukan saat menstruasi. Jangan lupa juga, ajari mereka cara memasang pembalut yang benar, jangan terus menerus dipasangkan oleh anda (dulu waktu mengajar SD kelas 6, ada murid saya yang memasang pembalut terbalik, ini baru saya ketahui saat saya mengajari mereka cara memasang pembalut, tentunya dipisah ya murid perempuan dan laki-laki).

Kalau untuk orang dewasa, pencatatan siklus menstruasi ini berguna untuk menentukan masa subur. Silahkan anda bisa mendownload aplikasi menstruasi di Google Play/Play Store (Period Calendar) atau di iTunes (Menstrual Tracker). Saya sengaja tidak menerangkannya di sini karena mungkin akan ada anak SMP atau SMA yang mencari informasi ini. Padahal waktu kuliah dulu, saya diperingati oleh dosen pendidikan saya, kalau masa itu belum boleh diberikan informasi tentang masa subur, takut disalahgunakan. Informasi hanya sebatas menstruasi, cara menjaga kebersihan saat menstruasi, dan apa yang akan terjadi pada tubuh setelah menstruasi. Entah dengan pengajar yang lain. 

Terimakasih sudah membaca artikel ini, semoga bermanfaat dan kalau ada yang salah, mohon saya diberitahu.. ^_^.

20 comments:

  1. Ngomong-ngomong soal mens, bulan ini kok aku mens 2 kali yah, padahal sebelumnya mens selalu teratur. Sungguh aneh >,<

    ReplyDelete
    Replies
    1. Kalau baru sebulan ini, mungkin karena terlalu capek atau karena stress, tapi semisal lebih dari 3 bulan mens nya kurang dari 21 hari sekali, mending diperiksakan ke dokter kandungan saja... semoga tidak terjadi apa2 ya... semoga hanya terlalu capek saja... :)
      Terimakasih sudah berkunjung... :)

      Delete
  2. Waaah lengkap banget artikelnya, bisa jadi referensi adik2 yang masih bingung nih :))

    ReplyDelete
    Replies
    1. amiiin... semoga bermanfaat dan mudah dimengerti oleh mereka... :)

      Delete
  3. kalau umur 8 tahun tapi kayaknya kecepetan buat saya. Semoga Nai jgn sampe haid diusia 8 tahun hehe

    ReplyDelete
    Replies
    1. amiin... mungkin dengan ikut belanja pembalut Mak atau dikasih tau kalau dia nanya kenapa Maknya lagi enggak sholat, itu menurut saya sudah termasuk mengenalkan menstruasi ke anak perempuan.. :)

      Delete
  4. bermanfaat bgt artikelnya, mak:D
    Klo ada waktu, sila berkunjung: http://erlinafitriani.blogspot.com/2014/05/pensiun-dengan-bni-simponi.html

    ReplyDelete
  5. aku download juga ah mbak, makasih ya

    ReplyDelete
    Replies
    1. silahkan Mba.. saya sendiri belum download hehehe... masih pake kalender biasa.. alhamdulillah siklus saya lancar 29 hari sekali.

      Delete
  6. Hah niatnya tadi mau blogwalking loh mbak tapi malah nyasar disini jadi tidak apa2 kan ikut baca juga soalnya pernah baca artikel katanya kalau suami/seorang calon suami itu harus paham juga tentang siklus istrinya terutama untuk tahu kondisi psikologi istri pada saat itu, ia gak mbak? (kalau salah berarti salahkan artikel yang saya baca itu yah)

    Karena ini materinya sensitif, saya pindah ke postingan tentang HP aja deh, itu kayaknya romantis gitu :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. betul banget.. ga papa kok.. selain biar ga kaget waktu istrinya tiba2 nangis atau suka marah2, bisa juga membantu istri untuk menghitung masa subur.. :)
      Topik ini ga sensitif kok.. :D

      Delete
  7. Pertanyaan2ku soal menstruasi terjawab di postingan ini Mak. Makasih ya....
    Anakku sudah usia 10 tahun belum menstruasi, masih normal mungkin ya :D

    ReplyDelete
    Replies
    1. Masih Mak.. kalau batas normal utk orang Indonesia itu 16 tahun.. tapi dilihat dulu dia payudaranya sudah tumbuh lebih dari 3 tahun? Kalau masih kurang dari 3 tahun InsyaAllah masih normal... :)

      Delete
  8. Tolong...tolong...lagi mengalami PMS nih sekarang.

    ReplyDelete
    Replies
    1. PMS = Pra Menstruation Syndrom, itu terjadi karena hormon reproduksi kita (estrogen dan progesteron) lagi turun, jadi badan kita ga enak deh, karna badan ga enak jadi sensitif deh...
      Yg ini PraMens nya versi apa? Versi nangis sendiri atau marah sendiri atau gembira sendiri.. hehehe

      Delete
  9. Tulisan tentang menstruasinya lengkap sekali, Mak... Makasiy atas info-infonya yang sangat bermanfaat :)

    ReplyDelete
  10. Ada ya period calendar di play store? Yippie,.. Saya memang lagi cari cara gampang tau masa subur, makasih infonya ya ;)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Ada.. coba cari saja Mba.. :) Sama2 terimakasihnya... :)

      Delete

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...