Friday, 16 May 2014

Mandiri e-Cash Blogger Meet Up KEB, Uang Tunai Di Handphone

Hari Sabtu, 10 Mei 2014 adalah hari yang sibuk untuk saya, hehehe.. sok sibuk gitu ya. Alhamdulillah saya dapat kesempatan untuk ikut Mandiri e-Cash Blogger Meet Up di Pipiltin Cocoa Jalan Barito Jakarta Pusat. Malam sebelumnya saya sudah browsing tentang Mandiri e-Cash, soalnya penasaran jangan-jangan ini mirip dengan e-Money, ternyata.. :)

Acara sebetulnya dimulai jam 15.00 tapi saya dan beberapa teman blogger dari Kumpulan Emak Blogger (KEB) sudah datang dari jam 14.30, rajin euy.. Kami disambut oleh Mas Ahmad dari Mandiri e-Cash, langsung deh tanya-tanya, saya mendengarkan sambil terus celingak celinguk cari lubang stop kontak untuk HP yang lowbatnya minta ampun. Kenapa panik, ya karena malam sebelumnya kami diminta untuk mendownload aplikasi Mandiri e-Cash terlebih dulu, dan saya tidak berhasil karena di rumah sinyalnya lagi marahan dengan saya, oke fine. Untungnya, di Pipiltin Cocoa wifinya cepat sekali, jadi alhamdulillah saya bisa download aplikasi tersebut.


Praktik langsung
Setelah sebagian besar anggota KEB berkumpul, mas Ahmad langsung membuka dan memberikan penjelasan tentang Mandiri e-Cash. Kata mas Ahmad, Mandiri e-Cash itu sebetulnya seperti uang, tapi elektronik dan adanya di HP, bingung?. Ya biasanya kan kita menabung di bank dapat buku tabungan dan ATM (kalau minta ATM), transaksi kita dicatat di buku tabungan tersebut. Nah kalau Mandiri e-Cash, kita menabung, tetapi tidak perlu membuka rekening di bank Mandiri atau punya tabungan bank Mandiri, cukup dengan mendaftarkan diri dengan dua cara :
  • Bagi HP yang bukan berbasis Android seri 4.0 ke atas (Ice Cream Sandwich ke atas) atau BB 9900 ke atas, maka daftar dengan cara ketik *141*6# lalu tekan call / tombol hijau, kemudian ikuti perintah yang akan muncul.
  • Bagi HP berbasis Android seri 4.0 ke atas (Ice Cream Sandwich ke atas) atau BB 9900 ke atas bisa dengan terlebih dulu mendownload aplikasi Mandiri e-Cash di Google Play Store / Apps Store / Blackberry World, kemudian buka aplikasi tersebut dan ikuti perintah yang akan muncul. Atau jika internet sedang down, bisa dengan cara sebelumnya dengan menekan *141#.
Bukti fisik transaksi (foto pribadi)
Jadi, kita bisa mempunyai tabungan dari bank manapun, cukup dengan transfer dari ATM dari bank kita, lalu masukkan kode bank Mandiri 008 lalu masukkan nomor telepon yang kita daftarkan dengan diawali 80 (contoh : 80 081234567890). Setelah anda mendaftar, nomor HP yang didaftarkan ke Mandiri e-Cash harus diregistrasi dulu ke bank Mandirinya, cukup dengan membawa KTP. Sebenarnya kalau tidak registrasi juga tidak apa-apa sih, kita bisa langsung melakukan transaksi, tapi maksimal hanya Rp 1.000.000,- saja dan jika terjadi kehilangan nomor HP tersebut kita tidak bisa memblokirnya. Berbeda kalau sudah teregistrasi di bank Mandiri, kita bisa transaksi mencapai Rp 5.000.000,- dan bisa langsung memblokir nomor HP kita kalau terjadi kehilangan.

Setelah diberi penjelasan singkat itu kami diberi waktu untuk bertanya pada 4 orang dari mandiri e-Cash. Kemudian, yang paling saya sukai adalah kami bisa mencoba langsung mendaftarkan diri, lalu bertransaksi dengan saldo yang diberikan oleh mas Ahmad ke nomor HP rekening Mandiri e-Cash kami. Jumlah transfernya dikasih tahu nggak ya... hehe.. pokoknya setelah saya transaksi masih ada separuh lebih lah untuk transfer pulsa di nomor suami dan masih sisa belum saya pakai lagi.


Saya merasakan kemudahan dan keuntungan menggunakan Mandiri e-Cash ini,
  • Saya tidak perlu repot datang ke bank membawa seabreg berkas untuk membuka rekening, cukup mendownload aplikasi ini lalu login.
  • Saya bisa melakukan transaksi dimana saja, bahkan untuk tarik tunai di ATM pun bisa tanpa harus memasukkan kartu ATM di mesin ATM, beli & transfer pulsa, bayar belanjaan & token listrik dan lainnya.
  • Saya terhindar dari kembalian uang palsu, karena saya bisa menuliskan jumlah uang untuk transaksi persis dengan jumlah di nota.
  • Saya merasa aman karena aplikasi Mandiri e-Cash ini memakai sistem One Time Password (OTP) dimana jika sedang tidak terpakai, setiap 15 menit sekali akan otomatis log out dan meminta password lagi.
  • Setiap melalukan transaksi akan mendapat bukti transaksi yang bisa dishare ke media sosial atau sms dan bbm. Bukti digital transaksi ini merupakan bukti yang sah lho ya.
Sayangnya untuk bulan ini, untuk provider 3 dan Axis belum bisa untuk mendaftar di Mandiri e-Cash, dan belum semua ATM Mandiri di Indonesia sudah diisi dengan aplikasi Mandiri e-Cash ini, serta belum semua minimarket-minimarket terkenal itu memakai Mandiri e-Cash. Ya semoga cepat-cepat dilengkapi dan ketika launching nantinya bisa siap semua. :)

Kalau ingin versi yang lebih lengkapnya tentang Mandiri e-Cash ini silahkan membuka situsnya di http://mandiriecash.co.id/.

12 comments:

  1. jadi lebih mudah aja ya mak ^^

    ReplyDelete
    Replies
    1. iiya Mak.. jadi ga perlu bawa banyak uang tunai atau kartu2 yg tebel2

      Delete
  2. sisanya udah dipakai belum mbak? :) aku jug asudah posting mbak di blog satunya

    ReplyDelete
  3. wah mantab nih. bukankah harus punya akun rekening dulu mbak untuk mengaktifkan e-cash Mandiri?

    Bukannya lebih berisiko kalau menggunakan HP? misal jika HP hilang.

    ReplyDelete
    Replies
    1. nggak harus punya akun rekening di bank Mandiri. Nah kan sdh ada di atas.. hehehe... akunnya di registrasi dulu di bank Mandiri, kalaupun tidak diregristrasi Mandiri e-cash ini punya sistem OTP yang setiap 15 menit sekali bakalan log out otomatis... :)

      Delete
  4. Waah, diberi saldo? Woow. .
    Berapa jetii, Mba? :D

    ReplyDelete
    Replies
    1. hehehe... berapa ya kasih tau ga ya... :)

      Delete
  5. ini semacam rekening ponsel ya kayanya?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya tapi pakai aplikasi basis internet gitu

      Delete

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...