Friday, 23 May 2014

Berpenghasilan Dari Media Sosial

Setiap hari minimal sekali saya selalu mengecek salah satu media sosial yang saya ikuti. Saya yakin, anda yang sudah ikut masuk ke dunia media sosial akan berlaku sama, apalagi jika sudah mempunyai banyak teman yang bisa diajak berbagi. Jika seperti ini, update status adalah hal yang biasa terjadi ya, bahkan kadang sampai dilanjut chatting agar lebih pribadi. Seringnya saya melihat banyak sekali status curhatan yang ditulis, kadang malah status yang mengundang hujatan atau pro kontra. Sayang sekali, karena media sosial selain sebagai arena untuk curhat juga bisa mendatangkan penghasilan untuk penggunanya.

***

Undangan Kopdar Oraboo (dokumen Oraboo)
Hari Minggu tanggal 18 Mei 2014, saya berkesempatan mengikuti acara kopdar BRId (Blogger Reporter Indonesia) bareng Oraboo.com di Museum Sumpah Pemuda, Kramat Raya Jakarta Pusat. Asyiklah buat saya, sudah acaranya hari Minggu (satu-satunya hari libur reguler saya), di museum pula (saya suka sekali museum). Nah, selebihnya saya penasaran dengan Oraboo Community, semacam kumpulan apa nih ya?? Sayang saya tidak sempat mengecek di internet.

Acara yang sedianya dimulai jam 10.00 WIB, mundur sampai jam 11.00 WIB, tapi tetap asyik kok, karena di acara ini dibahas tentang cara mendapatkan penghasilan dari media sosial. Sebetulnya saya sudah pernah mengikuti acara serupa, tapi saya ingin memperdalam lagi ilmu yang saya dapatkan tentang berpenghasilan dari media sosial, terutama dari segi manfaat berkomunitas.

Sebelumnya, saya jelaskan dulu tentang Oraboo Community. Oraboo Community itu adalah komunitas online anak muda yang suka berbagi informasi dan event. Di dalam website Oraboo berisi banyak sekali komunitas-komunitas hobi yang bermanfaat untuk anak muda. Jadi misalnya kamu punya hobi ngegame, kamu bisa bergabung di komunitas gamers di Oraboo Community. Selain tempat untuk menyatukan berbagai komunitas, di Oraboo.com juga tersedia fitur jual beli. Nah.. ini dia salah satu cara kita memanfaatkan media sosial untuk mencari penghasilan, yang awalnya mungkin hanya sekedar menyalurkan hobi.Cara-cara mendapatkan penghasilan dari media sosial itu juga diungkapkan oleh narasumber utama, yakni Ani Berta.
Ani Berta (dokumen pribadi)
Bahwa, sayang kalau media sosial yang kita ikuti hanya diisi oleh status-status atau twit-twit galau. Coba sekali-kali buat status atau twit yang berisi informasi, atau tips, atau quote, atau sekali-kali adakan kuis untuk menarik jumlah follower. Selalu update informasi menarik di setiap acara atau tempat yang kita datangi, walaupun awalnya tidak dibayar oleh penyelenggara atau brand. Lantas, jangan malu untuk SKSD (Sok Kenal Sok Dekat) dengan orang-orang yang juga datang ke acara tersebut, kalau memungkinkan berilah kartu nama, serta berikan kesan yang baik bagi penyelenggara.

Sebeetulnya banyak sekali yang dipaparkan oleh Ani Berta, saya pun sudah mulai melakukan beberapa, seperti membuat kartu nama dan memberikannya pada teman atau penyelenggara acara, mengikuti beberapa komunitas, berusaha mendaftar beberapa advertiser, rajin update status, twit, dan posting informasi, membuat kuis, dan lainnya. Dan betul, saya rasakan manfaatnya sekarang. Seperti kata pepatah, "Berakit-rakit ke hulu Berenang-renang ke tepian, Bersakit-sakit dahulu, Bersenang-senang kemudian."

Menikmati kopi ginseng CNI (dokumen pribadi)
Setelah sharing informasi dari teh Ani, acara dilanjutkan makan siang dan live blogging, sayang saya tidak ikut karena waktu itu saya hanya membawa HP yang belum bisa berbuat banyak untuk menulis blogpost. Tapi kekecewaan saya terobati karena disitu saya dapat membuat sendiri secangkir kopi ginseng dari CNI yang nikmat, ya.. saya ini penikmat kopi, kalau ada kopi kebetean saya bisa menghilang seketika :).

***

Yang hadir di acara ini, datang dari berbagai latar belakang, ada yang sudah mendapatkan penghasilan dari media sosial, ada yang masih sebagai pengguna biasa, dan ada yang belum mempunyai blog. Saya melihat, setelah acara Kopdar Oraboo dan BRId ini, ada beberapa peserta yang kemudian semangat sekali untuk mempraktikan ilmu yang didapat hari itu. Semoga acara seperti ini dapat terus berkelanjutan.. amiiin.


Kopdar BRId bareng Oraboo Community dan Kopi Ginseng CNI (dokumen Oraboo)

12 comments:

  1. seru ya mbk jd blogger jakarta byk event keren hehe

    ReplyDelete
    Replies
    1. alhamdulillah, sekarang di daerah saya lihat jua sudah mulai banyak event Mbak.. :)

      Delete
  2. Senang bacanya, lengkap jelas dan padat!

    ReplyDelete
  3. Sudah lama gak minum kopi ginseng *loh hilang fokus* :D

    Baru dengar komunitas ini Mak, makasih infonya :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. iya, katanya sih sudah lama tapi hilang trus muncul lagi... :)

      Delete
  4. aku pingin ikutan tuh mbak, tapi lagi diet menghadiri acara dulu deh bulan ini :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. bulan Juni smoga banyak acara, dan kita bisa ikutan, amiin...

      Delete
  5. Replies
    1. katanya ada roadshownya.. coba dilihat di website oraboo community :)

      Delete
  6. Enak ya mbak kalau bisa dapet banyak penghasilan dari sosmed :) pengeeen..

    ReplyDelete
    Replies
    1. Ayo Mbak, sosmednya diaktifkan terus, yang rajin yang rajin.. hehehe

      Delete

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...