Sunday, 18 May 2014

Review Buku, Sequence

Deskripsi Buku :
Judul        : Sequence
Penulis     : Shita Hapsari
Penerbit    : PT Bentang Pustaka
Cetakan    : Pertama, Maret 2014
Tebal        : vi + 254 halaman
ISBN        : 978-602-291-001-5

"Tapi, aku pikir... kalau ada satu hal kecil saja yang bisa jadi alasan kita untuk mempertahankan pernikahan ini, itu cukup bagiku. Dan, dalam kasus ini alasan itu - satu, tapi berarti segalanya - adalah Lana." (halaman 218)

Siapa Lana? Lana adalah seorang anak. Ya, anak selalu menjadi alasan utama dalam sebuah rumah tangga, entah alasan untuk egois atau untuk tetap saling menyayangi. Dan, anak inilah yang dikisahkan oleh Shita Hapsari dalam novel ini. Sequence, dengan tagline "hati yang bertaut penuh kisah", menceritakan tiga kehidupan dari tiga wanita yang berbeda, tapi tertaut satu sama lain, yaitu tentang anak. Ketiga wanita itu adalah Klarissa, Ine dan Yuni. Mereka mempunyai latar belakang kehidupan dan ekonomi yang juga berbeda. 

Adalah Klarissa seorang karyawan teladan dari sebuah perusahaan terkenal, seorang sarjana psikologi, dan mempunyai pacar keren, what a perfect life. Namun nyatanya dia masih bimbang menentukan tujuan hidupnya. Dia tertarik dengan anak-anak, terutama anak-anak spesial. Dia ingin menjadi pengajar bagi mereka. Namun, dia tidak mau gegabah menentukan pilihan hidupnya, sehingga memutuskan untuk menjajaki dan mempelajari anak-anak spesial itu di sekolah luar biasa tempat temannya mengajar. Di tengah proses penjajakan inilah dia bertemu dengan seorang konselor ganteng, Chocky. Apakah dia akan jadian dengan Chocky? Ataukah lebih memilih Tedy yang sudah setia dengannya selama lima tahun? Lantas bagaimana dengan proses penjajakannya dengan sekolah luar biasa itu? Kisah Klarissa ini memiliki akhir yang meleset jauh dari perkiraan saya :).

Wanita kedua adalah Ine, seorang CEO perusahaan terkenal yang karirnya sangat cemerlang, tapi kehidupan rumah tangganya suram. Ini adalah kisah klasik ibukota, orang tua sibuk bekerja dan si anak terlantar di rumah. Namun Ine selalu berusaha menyempatkan waktu untuk sekedar bersama anaknya setiap akhir pekan. Sampai akhirnya dia bertemu dengan seorang pria yang bernama Ludi. Ludi sudah melambungkan dirinya hingga ia merasa air putih yang diminumnya berasa madu. Apakah perselingkuhan itu akan terbongkar? Lantas bagaimana dengan pernikahannya dan Lana anaknya?

Wanita ketiga inilah penyambung cerita dari dua wanita sebelumnya, dia adalah Yuni. Seorang ibu dari satu anak lelaki bernama Dewa. Yuni terpaksa bekerja menjadi office girl di suatu perusahaan terkenal karena dia butuh biaya untuk perawatan dan pendidikan anaknya. Di tengah kebutuhannya yang tinggi ini, suaminya tertabrak mobil sehingga mengalami patah tulang dan gegar otak. Anaknya menderita apa sampai Yuni harus bekerja membantu suaminya? Lantas bagaimana kehidupannya setelah suaminya kecelakaan? Siapa yang menabrak suaminya itu?

Seperti judulnya yaitu Sequence, kisah hidup dari ketiga wanita ini ada yang menghubungkan yaitu tentang autisme. Suatu kelainan yang sedang marak dibahas saat ini. Selain cerita kehidupan cinta dan prahara dari ketiga wanita ini, di sini autisme juga ditonjolkan. Bagaimana belum seluruh lapisan masyarakat tahu tentang autisme dan cara penanganannya. Bagaimana rumit dan mahalnya terapi dan sekolah untuk anak penyandang autis. 

Penulis sangat pintar sekali menghubungkan kisah kehidupan ketiga wanita itu. Bahasa yang ringan dan twist yang membuat kita menganga, tapi ya itulah kehidupan, tak selamanya mulus dan bahagia ataupun berbatu dan menyedihkan. Kisah sehari-hari yang tampaknya sepele bisa diolah dengan cantik oleh penulis sehingga menarik untuk dibaca dan dihayati. Pantas saja cerita Sequence ini menjadi PEMENANG dalam Lomba Novel "Wanita Dalam Cerita".Lalu bagaimana autisme menghubungkan kisah kehidupan Klarissa, Ine dan Yuni?

"Harus ikhlas menerima kenyataan. Namun, yang terpenting, aku harus tegar melihatmu yang terus sibuk memainkan tumpukan kancing-kancing itu, Anakku Sayang..."

20 comments:

  1. Wew. Ya autis. Sudah lama sekali nama penyakit itu tersimpan di memory otakku. Sebagian besar penyandang autis yang pernah saya lihat, kok orang perkotaan terutama orang keturunan Tionghoa? Aku pengen tahu kenapa harus mereka? Bisa dijelaskan dikit nggak mbak? Hehe

    ReplyDelete
    Replies
    1. Keponakan saya Jawa juga autisme, autisme itu tidak mengenal suku atau ras. Autisme itu adalah kelainan yang menyerang saraf manusia yang mengendalikan kemampuan bersosialisasi :) Makanya penyandang autisme harus mendapatkan terapi dari ahlinya. Mereka bukan anak dengan IQ rendah, kadang kala malah sangat tinggi. Oh ya autisme beda ya dengan sindrom down :) ini sdh pernah saya jelaskan di postingan saya sebelumnya

      Delete
    2. owh gitu ya
      maaf enggak liat liat post sebelumnya
      maaf juga manggil mbak.hheheheh

      Delete
    3. hehehe.. saya juga tidak menyertakan link nya di post ini... :)

      Delete
  2. Kayaknya keren ya Mak. Mar Riska banyak mmebuat tanda tanya yang ikut membuat pembacanya bertanda tanya juga :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hehehehe terimakasih mak... Saya sedang belajar mereview buku... Tapi yang isinya bukan spoiler agak susah ya ternyata...

      Delete
    2. Hihihi iya benar .. susah ternyata.

      Mak, balik sini saya mau cari tombol Follow-nya tapi gak nemu. Soalnya saya gak bisa follow dari dasbor saya karena sudah follow 200 blog, saya juga gak bisa menghapus. Bisa kalo ada tombol Follow di blog yang mau difollow tapi di sini gak ada Mak ...

      Delete
    3. Saya pakainya G+ Mak, di bawah foto profil blog ini.. :D

      Delete
  3. bikin penasaran aja akhirnya mbak. Aku penasaran isu autis seperti apa yang di angkat

    ReplyDelete
    Replies
    1. di novel ini kita jadi tau Mba kalau belum banyak orang yang tau ttg autisme kalaupun tau mereka bingung harus bagaimana.. saya pengen deh bisa menjelaskan ke orang2 bahwa autisme itu apa, penanganannya bagaimana, bisa sembuh enggak..

      Delete
  4. Wuih.... kayaknya rame nih. Penasaran dibuatnya. Kudu bacaaaaaa...

    ReplyDelete
  5. penasaran. harus baca kayaknya :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. :) Bulan ini banyak buku baru yang bikin penasaran buat dibaca.. :)

      Delete
  6. Buku yang bikin penasaran

    ReplyDelete
  7. Aku jadi penasaran dengan ceritanya... masukin daftar list buku yang mau dibeli :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. asyik.. nambah panjang list nya... :D

      Delete
  8. Aku suka cerita ngetwis, wah, masuk wish list buku ini ^^

    ReplyDelete
    Replies
    1. ini ngetwist nya hanya di Klarissa saja Mbak.. tapi ga papa masukin list aja.. :)

      Delete

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...