Thursday, 29 May 2014

Narkoba & HIV/AIDS : Your Choice Your Responsibility

Judul di atas mempunyai maksud yang jelas, yakni pilihanmu itu tanggung jawabmu. Memang setiap pilihan pasti ada konsekwensi yang harus ditanggung, entah itu pilihan baik atau pilihan buruk. Dan pastinya dalam hidup selalu tersedia pilihan-pilihan. 

Judul tersebut saat ini juga menjadi sebuah tagline dari salah satu LSM (Lembaga Swadaya Masyarakat) di Indonesia yakni Kapeta Foundation. Kapeta Foundation didirikan pada tahun 2004 oleh sebuah komunitas yang terdiri dari psikolog, praktisi pendidikan dan orang tua yang peduli dengan Narkoba dan HIV/AIDS. Diantara mereka bahkan ada yang mempunyai pengalaman berkaitan dengan pengguna Narkoba dan penderita HIV/AIDS.

Kapeta Foundation sendiri sudah melaksanakan berbagai macam program terkait Narkoba dan HIV/AIDS, seperti penyuluhan ke SMA dan Universitas, program terapi rehabilitasi secara medis dan program dukungan sosio-psikologis terhadap pengguna Narkoba, penderita HIV/AIDS dan keluarganya. Program-program tersebut dibagi ke dalam dua divisi utama yakni divisi Narkoba dan divisi HIV/AIDS dimana penjabaran masing-masing program berbeda di setiap divisi.

Kapeta Foundation menyadari bahwa sebagian masyarakat masih mempunyai stigma yang negatif terhadap pengguna Narkoba dan penderita HIV/AIDS, maka dari itu untuk tahun ini mereka lebih fokus memberikan penyuluhan kepada orang tua. Tujuannya adalah agar orang tua lebih tahu tentang Narkoba, AIDS, penularannya, ciri-cirinya, dan apa yang harus dilakukan jika di sekitar mereka ada yang terkena. 

Untuk program rehabilitasi sendiri, Kapeta sudah mempunyai rumah rehabilitasi di kawasan Cinere, dan rumah tersebut terbuka bagi siapa saja yang dengan kesadaran diri ingin diterapi rehabilitasi. Untuk terapi ini, Kapeta bekerjasama dengan dokter ahli, psikolog dan pakar pendidikan. Program terapi ini sudah mendapatkan sertifikat dari dinas kesehatan Republik Indonesia. Sedangkan untuk program pencegahan HIV/AIDS, selain mengadakan penyuluhan ke sekolah, universitas, dan wilayah dimana berpotensi penyebaran HIV, Kapeta juga bekerjasama dengan RS Fatmawati Jakarta dalam program cek HIV dan pengobatan HIV/AIDS.

Namun, tidak semua dari pengguna dan penderita yang direhabilitasi ini adalah orang yang mampu secara finansial, ada juga yang kurang mampu secara finansial, dan Kapeta pun fleksibel dalam biaya rehabilitasi. Untuk itu, pada tanggal 28 Mei sampai 1 Juni 2014, Kapeta ikut berpartisipasi dalam acara JakClotch di Parkir Timur Senayan, Gelora Bung Karno, Jakarta Pusat, tepatnya dekat Gate B, di Greese Premium Stage (dari halte busway POLDA, dekat lapangan Golf GBK). Keuntungan dari penjualan kaos-kaos unik tentang kampanye anti narkoba dan HIV/AIDS ini akan digunakan untuk pembiayaan program perawatan dan pemulihan pengguna Narkoba dan permasalahan HIV/AIDS. Yang saya lihat, di event ini, selain program chari-tee (penjualan kaos), kita juga bisa bertanya seputar Narkoba dan HIV/AIDS, seperti saya yang datang mewakili Blogger Reporter Indonesia (BRId) malam Kamis (28/05/2014) kemarin.

Booth Kapeta Foundation (dokumen Kapeta Foundation)
Jadi... saya datang ke JakClotch 2014 itu tidak hanya untuk menikmati musik dari panggung di belakang booth Kapeta Foundation saja, melainkan bisa mendapatkan informasi penting seputar narkoba, dan HIV/AIDS, beli kaos yang ciamik bonus pin keren dan yang penting adalah saya pribadi pun bisa ikut membantu saudara-saudara kita yang ingin sembuh dan berbakti untuk orang-orang di sekitarnya. (Kaosnya saya simpan untuk saya pakai saat ke Krakatau besok :))

Greese Stage, JakClotch 2014 (dokumen pribadi)
Rundown Acara di Greese Stage
Bagi teman-teman yang ingin tahu informasi seputar Narkoba, HIV/AIDS, dimana tempat terapi rehabilitasi yang sepenuhnya melindungi identitas pribadi, atau ingin berdonasi, berikut daftarnya:

KAPETA FOUNDATION
  1. Kantor : Jln. Warga No 5 RT 02/ RW 07 Ulujami Raya, Pesanggrahan, Jakarta Selatan (021-7359984)
  2. Website : www.kapeta.org
  3. Twitter : https://twitter.com/yayasankapeta
  4. Facebook : https://www.facebook.com/kapeta.yayasan
RS Fatmawati Jakarta & semua RSUD Pemerintah
http://www.mautau.com

6 comments:

  1. Saya jadi ingat di Wonosobo ada WYC (Wonosobo Youth Center) yang berada di bawah binaan Dinas Kesehatan, lagi gencar-gencarnya sosialisasi tentang HIV AIDS, ke komunitas motor, waria, dll
    Kaosnya keren-kereen :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. tampaknya memang sedang gencar, karena Narkoba & HIV/AIDS ini sangat berbahaya untuk generasi muda kita Mbak.. suatu bangsa akan kokoh kalau generasi mudanya itu juga kokoh jiwa raganya... :)

      Delete
  2. Udah mulai jarang nih blogger yang ngebahas soal HIV/AIDS ah senangnya akhirnya diangkat kembali. semoga makin banyak juga yang sadar akan bahayanya HIV/AIDS :D

    ReplyDelete
    Replies
    1. Ngomongin hiv aids saya malah berfikir ingin bikin postingan boot ttg teori hiv aids :)

      Delete
  3. saya salut sama kamu mau nulis tentang HIV/AIDS.

    ReplyDelete

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...