Friday, 2 May 2014

Film Bicara Pendidikan

"SELAMAT HARI PENDIDIKAN NASIONAL"
2 MEI 2014

Judulnya aneh tidak? "Film bicara pendidikan". Ya saya selalu membuat judul dulu baru menulis isi postingan, sebetulnya menyalahi aturan penulisan cerita ketika saya diajar Bahasa Indonesia :). Maaf Bu Guru dan Pak Guru, bukan berarti saya menyepelekan ilmu yang anda sampaikan, tetapi ini sudah kebiasaan... #TukangNgelesSedariSD.

Bicara tentang pendidikan, pendidikan itu bukan pengajaran. Kalau mengajar, seorang pengajar hanya menyampaikan materi pelajarannya kepada si murid. Namun, kalau pendidikan, selain mengajar seorang pendidik juga memberikan bekal hidup seperti agama, moral, dan norma kehidupan. Itu versi saya mengenai pendidikan. 

Saat ini, apa yang saya dapatkan ketika saya kerja di bimbingan belajar? Anak murid saya banyak sekali yang mengeluhkan tentang guru Biologinya yang hanya menerangkan saja, guru Matematika yang memberi soal bab selanjutnya tanpa dibahas dulu teorinya, dan sebagainya dan sebagainya. Saya bertanya pada mereka, apakah ada guru kalian yang mengajarkan kalian tentang sopan santun? Ada sih Kak... tapii.. :) Whatever lah omongan mereka ya, yang pasti itu cambuk untuk saya, kalau helloww murid-murid kita itu sebenarnya memperhatikan kita lho, dan akan menjadikan kita idola mereka kalau kita bisa mendidik mereka dengan baik.

Kemudian pada usia berapa sih kita mulai stop belajar? Saya fikir, dari kita lahir sampai nanti pun kita masih terus belajar. Kata murid bimbel tempat saya bekerja, "sekolah itu ada banyak Kak, ada sekolah formal, sekolah kursus, sekolah bimbel, sekolah alam, bahkan sekolah kehidupan ^_^" (Ya Allah anak SD kelas 6 ngomongnya dewasa banget #Maknya mana Maknya?).

Betul juga sih ya kata murid saya itu, sekolah itu ada banyak macamnya, dan kita akan terus bersekolah sepanjang hayat kita :). Berikut beberapa film yang saya tahu tentang sekolah dan keinginan untuk belajar... (kebanyakan film ini menyindir saya :()

Laskar Pelangi
Film ini menjadi box officenya Indonesia kan? Pasti sudah tahu ceritanya... Saya kagum dengan sosokPak Harfan dan Bu Muslimah yang tegar dan sangat mau mempertahankan sekolah itu. Kagum juga dengan semua anak-anak Laskar Pelangi, mereka tidak mengeluh walaupun murid di kelasnya hanya 10 anak.

Ibu Muslimah dan Laskar Pelangi
Larry Crowne
Dia dipecat dari pekerjaanya sebagai karyawan sebuah supermarket karena dia hanya tamatan SMA. Sedangkan supermarket tempat dia bekerja membutuhkan lulusan universitas. Setelah dipecat, Larry keluar masuk toko untuk melamar pekerjaan, tapi tidak ada satupun yang menerimanya. Kemudian Larry mendengarkan kata sahabatnya untuk bersekolah lagi dengan niat awal agar bisa bekerja di perusahaan. Nah.. di tengah proses sekolahnya itu, dia mendapatkan banyak sekali pengalaman berharga. Tapi apakah pengalaman itu akan mengubah niat awal dia untuk masuk kuliah? Yuk beli DVDnya, atau tonton film ini di internet  :). Orang seperti Larry Crowne ini baru tadi pagi saya temui. Laki-laki itu berusia 1 atau 2 tahun di atas saya, dan dia ingin kuliah kembali mengambil D3 Hukum, jurusan yang berbeda dengan jurusan yang ditamatkan sebelumnya. Dia tidak masalah berada di tengah-tengah anak SMA yang baru lulus dan les SBMPTN. Dia bilang, "buat apa malu, kan keuntungan ini untuk saya".

Larry Crowne saat belajar ekonomi dasar di kampus
English Vinglish
Reviewnya sudah saya ceritakan di postingan ini, tapi saya ceritakan lagi, boleh ya.. #SediainCoklat. English Vinglish adalah film tentang perjuangan gigih dari seorang ibu warga India bernama Sashi (Sri Devi) yang ingin bisa berbicara dan mengerti bahasa Inggris. Akhirnya dia mengambil kursus bahasa Inggris singkat selama 4 minggu di sebuah lembaga bahasa. Yang jadi menarik adalah kursus bahasa Inggrisnya saat Sashi ini sedang berada di Amerika membantu persiapan pernikahan keponakannya. Kenapa Sashi berjuang sedemikian kerasnya? Karena anak tertuanya selalu melecehkan dia baik di rumah maupun di depan umum perihal ibunya tidak bisa berbahasa Inggris (anaknya bersekolah di internasional school) #SumpahSedih. Apakah Sashi ini akhirnya berhasil atau gagal? Lantas, bagaimana nasib pria Perancis teman kursusnya yang menyukainya itu?

Sashi belajar bahasa Inggris di Lembaga Bahasa
3 Idiot
Saya yakin sudah banyak yang tahu tentang film ini. Amir Khan dan 2 orang temannya berperan sebagai anak kampus teknik. Dimana di kampus tersebut, sang rektor terkesan diktaktor dan harus sempurna. Sistem pengajaran di kampus ini menurut Amir Khan adalah sistem pengajaran kompetisi bukan memahami :), dimana ini bertentangan dengan keyakinan dari Amir Khan.  Film ini menarik karena diceritakan dengan alur mundur, pencarian jati diri Amir Khan yang sebenarnya (karena ternyata dia bukanlah Ranchordas Chamaldas Chanchad, lalu siapa dia?), dan pemandangan-pemandangan super indah yang diperlihatkan.
Ini pendapat Ranchoo tentang pendidikan
Ranchoo ingin sekolah itu seperti ini, siswa mencoba sendiri
Sebetulnya masih banyak film tentang pendidikan. Maaf saya tidak mengikutkan film Indonesia seperti Sepatu Dahlan, dan film garapan Alenia Pictures. Untuk film Sepatu Dahlan saya belum menonton. Dan untuk film Alenia Pictures, terlalu banyak yang bagus, jadi bingung memilihnya :).

Teman-teman semua, ada rekomendasi film pendidikan yang bagus lagi tidak? Saya menunggu dengan senang hati :).

12 comments:

  1. yang sudah aku tonton laskar pelangi dan 3idiot.......

    yang paling aku suka yaitu 3 idiot......keren banget.....

    salam kenal ya....

    ReplyDelete
    Replies
    1. iya.. dua film itu punya beberapa kemiripan seperti semangat mencari ilmunya.. lalu penonjolan keindahan alamnya juga.. :)
      Tonton yang lainnya juga ya.. :) Selamat menonton...

      Delete
  2. Hmmm ... menarik kayaknya ya film2 itu. Sy baru nonton Laskar Pelangi .. eh gak lengkap ding nontonnya putus2, baca bukunya yang lengkap :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Menarik2 Mak.. ayoo Mak ditonton.. apalagi yg English Vinglish haduhhh.. terharu banget dan yah.. realistis lah walau ada nantinya plot di film itu yg bikin alis kita bertemu dan wajah kita cemberut, tapi menurut saya itu realistis.. :)

      Delete
  3. Dari semua film di sini, au baru nonton satu: Laskar Pelangi aja >.<
    Mau cari yang lainnya juga aaaah. Ma kasih Mak referensinyaaa

    ReplyDelete
  4. dari list di atas cuma laskar pelangi yang sudah aku tonton

    ReplyDelete
    Replies
    1. Ayo Mak.. yg lain juga ditonton.. eh betewe saya sudah nonton You've Got Mail lho Mak.. ceritanya bagus, tapi karna saya melihat The lake House terlebih dulu jadi saya hampir bisa menebak jalan ceritanya.. :D

      Delete
  5. kok, blm ada satupun yang saya tonton :D

    ReplyDelete
  6. ada sri deviiiiiii,,,,, makasih rekomen mupinya XD
    saya sdah nton laskar pelangi dan 3 idiot,, mupi yg sngat worth buat ditonton (y)

    ReplyDelete
    Replies
    1. iya.. english vinglish itu film pertama sri devi setelah vakum puluhan tahun.. masih tetep cantik dan aktingnya ciamik.. :)

      Delete

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...